Cara Kunci (Password) Aplikasi di HP Xiaomi Redmi

Yukampus.com – Setelah beberapa minggu libur Natal dan Tahun Baru, kali ini Yukampus hadir lagi membawakan tutorial yang sangat membantu. Setelah terakhir blog ini membahas tentang Cara Mengetahui Jenis Sensor Kamera Xiaomi, kali ini kita akan membahas tentang cara kunci semua aplikasi di ponsel Android, khususnya Xiaomi. Untuk apa sih kita mengunci aplikasi?

Kadang ada hal-hal penting yang menjadi rahasia kita yang kita simpan di ponsel Xiaomi kita dan orang lain tidak boleh mengetahuinya dengan alasan privasi.

Baik itu file-file penting untuk urusan pendidikan, pekerjaan, atau urusan lain seperti surat cinta untuk sang pujaan hati atau file yang tidak-tidak. Jika orang lain mengetahuinya maka hancurlah kita, untuk itu diperlukan cara untuk kunci aplikasi di HP Xiaomi.

Apa Perlu Download Aplikasi Untuk Kunci Aplikasi di HP Xiaomi?

Bagi pengguna Xiaomi, kita dimanjakan dengan fitur MIUI yang ada karena kita tidak perlu lagi mendownload aplikasi pihak ketiga untuk mengunci aplikasi Xiaomi satu per satu.

MIUI sudah membuatkan sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk mengunci aplikasi di Xiaomi baik untuk satu aplikasi maupun beberapa aplikasi dan bahkan kita bisa mengunci seluruh aplikasi yang terdapat pada ponsel Xiaomi kita.

Cara kunci ponsel Xiaomi ini berlaku untuk seluruh ponsel Xiaomi yang menggunakan ROM atau OS (Operating System) MIUI 7, MIUI 8, atau juga MIUI 9 seperti Xiaomi Redmi Note 4, 4X, Note 3, Redmi 2, dan juga ponsel Xiaomi yang terbaru yaitu Redmi Note 5A dan A1.

Yang terpenting adalah ponsel tersebut menggunakan ROM MIUI Global Stable atau Developer dan China Stable atau Developer.

Bagaimana Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi?

Baik, sepertinya intronya sudah terlalu panjang, hehe. Jadi kita langsung saja masuk ke bagian inti yaitu tutorial bagaimana cara kunci aplikasi Xiaomi.

Ikuti tutorial berikut ini dan jangan sampai ada yang terlewat (padahal caranya sangat singkat dan sangat mudah, hehe). baik langsung saja ini dia.

1. Masuk ke menu security

Di menu home, kita masuk ke security (aplikasi yang bergambar perisai). setelah masuk kita akan dihadapkan dengan beberapa menu, untuk MIUI 9 kita akan dihadapkan dengan menu Cleaner, Boost Speed, Security Scan, dan juga Batery Usage. Tapi kita tidak akan memilih salah satu diantaranya.

2. Masuk ke menu App Lock

Kita scroll sedikit ke bawah dan kita akan menemukan menu App Lock. Disinilah kita akan menggunakannya untuk mengunci beberapa atau semua aplikasi yang ada di ponsel Xiaomi atau Android kita. Tinggal klik saja dan kita akan dihadapkan dengan daftar-daftar aplikasi yang ada pada ponsel kita.

3. Geser toggle Gallery

Tinggal geser tombol yang ada pada sebelah kanan setiap aplikasi hinga berubah warna dari abu-abu menjadi warna biru. Bila sudah berubah menjadi warna biru, artinya aplikasi tersebut sudah terkunci.

Aplikasi-aplikasi tersebut akan terkunci sesuai dengan kunci layar ponsel Xiaomi kita. Kita juga bisa menggunakan sidik jari untuk membuka aplikasi yang terkunci dengan lebih cepat.

Bila kita ingin mengunci aplikasi Xiaomi yang lain, maka tinggal geser tombol warnaabu-abu itu hingga menjadi warna biru.

Bila kita ingin menghilangkan kunci yang ada pada ponsel Xiaomi kita, kita tinggal menggeser lagi tombol berwarna biru tersebut hingga menjadi abu-abu lagi.

Bagaimana? Cara mengunci ponsel Xiaomi ini sangat mudah bukan? Kita tidak perlu aplikasi lain untuk membuat aplikasi-aplikasi kita terkunci dan aman dari serangan teman yang kepo.

Kesimpulan

Cukup sekian mengenai cara kunci aplikasi Xiaomi semoga bermanfaat dan bila ada pertanyaan silahkan langsung tulis di kolom komentar.

Cara ini bisa diterapkan di semua ponsel Xiaomi baik smartphone Xiaomi Redmi, Xiaomi Redmi Note, atau Xiaomi Mi semua tipe. Bahkan juga bisa diterapkan pada ponsel lain yang menggunakan MIUI sebagai ROM mereka.

Baca :


Tinggalkan komentar