Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi Redmi

Yukampus.com – Cara Masuk Fastboot Mode di HP Xiaomi. Menjadi seorang penggemar smartphone tak lengkap rasanya bila tidak mencoba ROM-ROM dari pihak ketiga.

Hal ini bisa menjadi kesenangan tersendiri bagi kita. Tak hanya soal kesenangan, selain itu kita juga bisa menilai seberapa kemampuan smartphone kita untuk bisa menjalankan ROM tersebut.

Apa Itu Fastboot?

Fastboot merupakan salah satu mode “rahasia” yang terdapat di seluruh HP Android, termasuk Xiaomi yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan pergantian ROM, flashing, update, dan downgrade pada smartphone Xiaomi.

Apakah Fastboot Aman?

Tentu saja aman, karena Fastboot adalah mode yang memang disediakan oleh Android agar para developernya bisa melakukan pergantian ROM ke MIUI atau ROM pihak ketiga lainnya.

Bila ingin melakukan flashing, updating, atau downgrading ROM menggunakan mode Fastboot di ponsel Xiaomi, terlebih dulu kita harus melakukan Unlock Bootloader agar pada proses pergantian ROM tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Tapi alangkah baiknya kita mengecek apakah smartphone Xiaomi kita sudah di UBL atau belum.

Apa itu UBL (Unlock Bootloader)?

Unlock Bootloader dalam bahasa Indonesia artinya membuka kunci bootloader. Maksudnya kita akan membuka kunci Bootloader pada smartphone kita agar bisa melakukan flash, update, atau downgrade.

Karena pada smartphone Xiaomi, Bootloader masih terkunci dan kita tidak akan bisa melakukan flash atau update bila tidak melakukan UBL sampai kapanpun.

Setelah memastikan smartphone kita sudah di UBL atau Unlock Bootloader, tibalah saatnya untuk kita masuk ke mode Fastboot Xiaomi. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk masuk mode Fastboot di ponsel Xiaomi.

Masuk Mode Fastboot dengan Tombol Kombinasi Power dan Volume Up (+)

  1. pertama, matikan Smartphone Xiaomi kita dengan menekan tombol Power.
  2. setelah benar-benar mati, maka kita tekan kombinasi tombol Power dan Volume Up (+) secara bersamaan dalam waktu yang agak lama sampai ada getaran.
  3. setelah itu kita akan dihadapkan pada beberapa pilihan, di bagian bawah ada pilihan Fastboot, klik Fastboot.
  4. jika sudah, maka akan muncul gambar animasi robot sedang memperbaiki Android. Itu artinya kita sukses masuk ke Mode Fastboot Xiaomi.

Cara yang kedua lebih singkat, meski sama-sama harus mematikan smartphone kita terlebih dahulu.

Masuk Mode Fastboor dengan Tombol Kombinasi Power dan Volume Down (-)

  1. matikan smartphone Xiaomi kita dan pastikan benar-benar mati sepenuhnya dengan menekan tombol Power.
  2. setelah itu, tekan kombinasi tombolPower dan Volume Down (-) beberapa saat sampai terasa getaran pada smartphone kita.
  3. langsung muncul gambar animasi robot sedang memperbaiki Android yang artinya kita sudah sukses masuk ke Fastboot mode smartphone Xiaomi.

Itulah dua cara yang dapat dilakukan agar bisa masuk ke mode Fastboot. Jika sudah masuk ke Mode Fastboot, kita bisa melakukan flashing, update, dan downgrade MIUI atau ROM pihak ketiga lain dengan cara menghubungkannya ke PC.

Tapi kadang ada saja orang yang lupa melakukan UBL pada smartphone sehingga proses update, flash, atau downgrade menjadi gagal. Dan ketika itu kadang orang bingung bagiamana cara untuk keluar dari mode Fastboot.

Untuk itu, harap baca Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi Redmi agar kita tidak cemas bila terjadi kegagalan pada proses pergantian ROM smartphone kita dan tidak kebingungan ketika ingin kembali atau keluar dari mode Fastboot.

Kesimpulan

Sekian artikel tentang Cara Masuk Fastboot Mode Xiaomi. Cara ini bisa dilakukan di seluruh smartphone Xiaomi semua tipe baik Xiaomi Redmi, Xiaomi Mi, atau juga Xiaomi Redmi Note semua tipe.

Bahkan juga bisa dilakukan di Smartphone Android lain karena fitur ini memang disediakan oleh Android.


Tinggalkan komentar