Cara UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi Tanpa Root


Yukampus.com - Unlock Bootloader Xiaomi Dengan Mudah. Bila kita ingin mengganti ROM dari MIUI 9 ke MIUI versi 8 atau versi 7, atau pun mengubahnya menjadi ROM pihak ketiga, atau mengubah ROM China atau Developer atau bahkan abal-abal menjadi ROM Global, maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah melakukan Unlock Bootloader pada smartphone Xiaomi kita. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan?


Mengapa Kita Perlu UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi?



Sebelumnya Xiaomi memproduksi smartphone yang telah di unlock bootloader-nya, namun produk-produk terbaru Xiaomi seperti Xiaomi Redmi Note 4, Redmi 4 Prime, Redmi 4X, Redmi 4A, Mi A1, Mi Max 2, Redmi Note 5A, Mi 6, dan juga yang terbaru Redmi 5 Plus bootloadernya sudah di unlock. Hal tersebut bertujuan agar pengguna Xiaomi lebih mencintai ROM buatan Xiaomi sendiri, yaitu MIUI.

Pengguna smartphone Xiaomi lawas bisa dengan mudah gonta-ganti ROM sesuai keinginan mereka. Tapi pengguna smartphone Xiaomi keluaran baru tidak bisa seenaknya melakukan pergantian ROM di smartphone mereka. Tapi tenang saja, Xiaomi masih memberi kesempatan kepada para pengguna Xiaomi yang ingin mengganti ROM mereka, tujuannya adalah bila terjadi error pada MIUI setelah diupdate atau diperbaharui, kita bisa melakukan downgrade ke MIUI versi sebelumnya.


Bagaimana Cara Kita Melakukan UBL Xiaomi Tanpa Root?


1. Memiliki akun MIUI

Yang pertama harus dilakukan adalah memiliki akun MIUI. Untuk cara daftar akun MIUI bisa dilihat di link tersebut. Mengapa kita harus memiliki akun MIUI? Karena kita akan meminta izin kepada pihak Xiaomi agar smartphone Xiaomi kita boleh di UBL.

2. Login di Situs Xiaomi

Setelah kita memiliki akun MIUI yang telah terverifikasi dengan email atau nomer handphone kita, yang selanjutnya kita lakukan adalah melakukan login di situs MIUI menggunakan email dan password akun MIUI kita.

3. Klik Unlock Bootloader

Jika smartphone Xiaomi pada akun kita belum di UBL, maka pada situs tersebut akan tertera link untuk Unlock Bootloader.

4. Verifikasi Nomor Telepon dan Alasan Ingin UBL

Pada halaman selanjutnya kita akan diminta untuk verifikasi nomor telepon dan alasan mengapa kita ingin melakukan UBL / Unlock Bootloader. Sesuai pengalaman saya, pada kolom alasan mengapa ingin UBL, tuliskan saja seperti ini
“I have an error with my previous MIUI so I want to downgrade to other version.”

5. tunggu SMS dari Xiaomi

Setelah itu, tunggu beberapa jam untuk menerima SMS dari Xiaomi. Sesuai pengalaman saya kembali, saya membutuhkan waktu setidaknya 2-3 jam menunggu untuk mendapat SMS yang berisi persetujuan bahwa smartphone saya boleh di UBL. Pada SMS tersebut kita juga akan menerima link download tool MiUnlocker.

6. UBL menggunakan PC atau Laptop

Setelah download MiUnlocker, install di laptop atau PC, kemudian hubungkan smartphone Xiaomi kita menggunakan kabel USB. Oh ya jangan lupa smartphone Xiaomi harus sudah masuk mode Fastboot. (baca : Cara Mudah Masuk Mode Fastboot Xiaomi). setelah itu kita tinggal login menggunakan akun MIUI kita dan klik Unlock.

Selesai, smartphone Xiaomi kita berhasil di UBL atau Unlock Bootloader. Kita bisa cek apakah Xiaomi sudah UBL atau belum untuk memastikan apakah smartphone Xiaomi kita siap untuk diflash dan diganti ROM atau tidak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi Tanpa Root "

  1. Gimana caranya menghapus mi cloud yang lupa sandi secara permanen...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel