Cara Mengatasi Gagal Flashing Xiaomi Via TWRP





Yukampus.com - Solusi mengatasi Flashing MIUI yang gagal. Mungkin bagi kita pengguna smartphone Xiaomi yang expert (widiih), yang sering gonta-ganti ROM seperti CM, PE, AOSPA, dan lain-lain, pernah mengalami yang namanya gagal Flashing MIUI.

Misalnya seperti ini. Kita pasang custom ROM di ponsel Xiaomi kita, tapi kemudian kita merasa tidak nyaman, lalu ingin kembali ke ROM MIUI. Tapi pas mau flashing lewat TWRP, terjadi error. Misalnya Error seperti ada keterangan :

“E:Error executing updater binary in zip ‘/sd card/Flash/MIUI7-MI3WMI4W-5.11.13-FR-signed-e340129b34.zip”

Jangan langsung khawatir, cemas, apalagi sampai bunuh diri, he he. Tenang saja, semua ada solusinya, apalagi di dunia digital, termasuk masalah flashing untuk update, downgrade, atau pindah ROM pada ponsel Xiaomi. Semua masalah masih bisa diatasi.

Lebih Baik MIUI atau Custom ROM?


Mungkin topik tersebut akan saya bahas di lain waktu secara lebih detail. Sekarang saya ingin menjelaskan sedikit soal mana yang lebih baik antara ROM MIUI atau ROM custom?

Sebenarnya ini tergantung dari penggunanya sendiri. Mana yang lebih nyaman digunakan, itulah yang terbaik. Bisa jadi ada orang yang lebih nyaman menggunakan MIUI, ada juga yang lebih nyaman menggunakan Custom ROM.

Yang terpenting adalah saat install ROM apapun, pastikan tidak ada file yang corrupt. Karena jika ada file yang corrupt, maka dipastikan ROM tersebut tidak dapat terinstall dengan sempurna.

Jika bisa dipaksa install pun, mungkin akan terjadi error (walau sangat kecil pengaruhnya) di smartphone kita. Nah, kembali ke topik utama.

Bagaimana Cara Mengatasi Gagal Flashing MIUI Via TWRP?


Pertama, kita harus melakukan Wipe terlebih dahulu, caranya mudah. Cukup ikuti tutorial dibawah ini :


  1. Buka TeamWin, lalu klik Wipe
  2. Kemudian klik Advanced Wipe
  3. Centang pada bagian Dalvik Cache, Cache, Data dan System
  4. Jika sudah, tinggal geser Swipe to Wipe
  5. Kembali ke menu utama

Kedua, untuk menghindari terjadinya error atau kesalahan, pastikan untuk unmount system partition, caranya adalah :


  1. Pilih menu Mount
  2. Centang pada bagian Cache dan Data (jangan centang bagian System)
  3. Kembali ke menu utama

Ketiga, saatnya proses Install. Ikuti langkah-langkah dibawah ini :


  1. Masuk menu Install
  2. Pilih ROM yang akan kita download tadi
  3. Geser pada Swipe to Install
  4. Tinggal tunggu sampai proses instalasi selesai
  5. Selesai

Yang terpenting adalah, biasakan untuk membackup terlebih dahulu System yang ada pada ponsel Xiaomi kalian agar jika terjadi error, kesalahan, atau ingin ganti ROM, kita tidak perlu Install lewat TWRP yang lebih susah (sebenarnya mudah, asal mengikuti langkah-langkah diatas secara benar dan terurut.

Demikian tutorial singkat mengenai cara untuk mengatasi gagal flashing pada ponsel Xiaomi. Tutorial ini bisa diterapkan pada semua ponsel Xiaomi, termasuk Xiaomi Mi, Redmi, dan Xiaomi Redmi Note semua tipe.

Tutorial ini juga bisa diterapkan pada ponsel Android. Bagi anda yang ingin menggunakan ROM MIUI, bisa download secara langsung pada situs Resmi MIUI. Pilih ROM sesuai tipe smartphone kalian dan pastikan tidak terjadi corrupt saat diextract.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Mengatasi Gagal Flashing Xiaomi Via TWRP"

  1. Nah kalo gagal flash rom tapi parah nya sampe gk bisa masuk twrp doang gimana gan? Cuma stuck di logo xiaomi, terus off lagi

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel