Cara Mengatasi Gagal Flashing Xiaomi Via Fastboot Dengan Command Prompt


Yukampus.com - Cara mudah mengatasi flashing yang gagal pada ponsel Xiaomi. Untuk para mastah pada dunia flashing Xiaomi, tentu pernah mengalami masa-masa susah saat disebut newbie. Kadang, ada momen yang membuat kita bingung dan mengira kalau smartphone kita rusak dan harus cepat-cepat dibawa ke konter untuk diperbaiki. Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah saat flashing.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika kita gagal melakukan flashing (update) ponsel Xiaomi kita. Sebelumnya sudah dibahas Cara mengatasi flashing gagal via Fastboot dengan Testpoin. Kali ini, kita akan bahas cara yang lebih mudah, yaitu dengan PC (command prompt).

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa smartphone Xiaomi kita sudah UBL. Cek dan pastikan bahwa smartphone kita memang betul-betul sudah Unlock Bootloader.

Pastikan juga kalau file ROM yang akan kita gunakan bersih dari virus, tidak corrupt, dan bisa diekstrak dengan sempurna. Jangan sampai kita kira flashing yang kita lakukan gagal karena kesalahan sistem, ternyata cuma karena file yang corrupt.

Ciri-ciri Flashing Gagal


Biasanya, saat kita melakukan update ROM menggunakan MiFlash Tool, ketika perangkat Xiaomi kita sudah terdeteksi dan saat klik Flash, ada peringatan seperti berikut ini :

Unexpected error(0x80004005: Missmatching and Device Error)

Itu tandanya ada kegagalan pada proses flashing Xiaomi kita. Artinya, terjadi kesalahan alokasi ROM pada file yang mau kita gunakan untuk update dengan perangkat Xiaomi kita. Alias, ROM yang mau kita gunakan tidak singkron dengan smartphone Xiaomi kita.

Kita bisa mengatasi masalah ini dengan cukup mudah, yaitu menggunakan fitur CMD atau Command Prompt yang ada pada sistem operasi Windows 7, 8 dan 10.

Cara Mengatasi Gagal Flashing Xiaomi dengan CMD


Lalu bagaimana cara mengatasi error yang seperti demikian?
Ikuti langkah-langkah berikut, pastikan semua langkah diikuti dengan baik dan tidak ada yang terlewati.


  1. Masuk Mode Fastboot, artikel lengkapnya bisa dilihat disini.
  2. Hubungkan handphone Xiaomi dengan PC menggunakan kabel USB.
  3. Extract file Fastboot anda (file extensi .tgz)
  4. Copy file Fastboot anda ke C:/Program Files/Xiaomi/MiPhone/Google/Android
  5. Lalu, tekan tombol Shift dan Klik Kanan bersamaan
  6. Pilih Open Command Window Here
  7. Lalu, tulis kode-kode berikut ini

fastboot flash tz tz.mbn
fastboot flash dbi sdi.mbn
fastboot flash sbl1 sbl1.mbn
fastboot flash rpm rpm.mbn
fastboot flash aboot emms_appsboot.mbn
fastboot erase boot
fastboot flash misc misc.img
fastboot flash modem NON-HLOS.bin
fastboot flash system system.img
fastboot flash cache cache.img
fastboot flash userdata userdata.img
fastboot flash recovery recovery.img
fastboot flash boot boot.img
fastboot reboot

setelah itu handphone akan restart sendiri.

Tapi ingat, cara ini rawan untuk handphone keluaran terbaru seperti Mi A1, Redmi 5 Plus, Mi 6, Redmi Note 4, Redmi 4X, dll. Bahkan kemungkinan akan terjadi mati total pada smartphone anda. Alangkah lebih baiknya atau lebih amannya, kita pakai TestPoin untuk mengatasi gagal Flashing via fastboot.

Atau jika ingin lebih aman, maka lakukan flashing dengan menggunakan Recovery Mode saja. Ingat, apa yang anda lakukan adalah tanggung jawab sendiri, jadi berhati-hatilah dalam melakukan cara ini.

Sekian bahasan tentang cara mengatasi gagal flashing dengan PC. Cara ini bisa digunakan di seluruh smartphone Xiaomi lama seperti Redmi Note 3, Redmi 1s, dan lain-lain. Masih belum terbukti di perangkat Xiaomi keluaran terbaru.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Gagal Flashing Xiaomi Via Fastboot Dengan Command Prompt"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel