Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi Redmi Via Fastboot Mode


Yukampus.com - bagaimana mengatasi bootloop pada ponsel Xiaomi. Setelah sekian lama tidak update artikel di blog tercinta kita ini, admin akan membagikan sebuah pengalaman berharga yang mungkin bisa dijadikan sebagai pengalaman kalian-kalian yang mengalami masalah pada saat melakukan flashing Xiaomi.

Masalah yang muncul adalah gagalnya proses booting / restart ponsel Xiaomi yang ditandai dengan berhenti / stuck di logo Mi. Biasanya, kalau sedang restart, maka kita akan melihat logo Mi dan tiga titik di layar bagian bawah dan ada tulisan Android. Tapi saat bootloop, perangkat kita hanya memnampilkan logo Mi saja.

Apa itu Bootloop?


Bootloop sendiri adalah gagalnya proses booting atau mengambil data di ROM sehingga menyebabkan smartphone Xiaomi kita gagal masuk ke menu utama atau homescreen. Biasanya, bootloop ditandai dengan handphone tetap dalam kondisi layar hitam dengan logo brand smartphone (dalam kasus ini, bootloop pada ponsel Xiaomi hanya menampilkan logo Mi saja).

Apakah Bootloop bahaya?


Tentu saja bahaya, karena jika tidak diatasi, maka kita tidak bisa menggunakan smartphone kita seperti biasanya.

Apakah Bootloop Bisa Diatasi?


Beruntung jika smartphone Xiaomi anda hanya mengalami bootloop dan tidak mengalami hardbrick atu softbrick, karena jika smartphone Xiaomi kita mengalami kedua masalah tersebut, cara mengatasinya akan lebih sulit. Baca : Perbedaan Hardbrick dan Softbrick dan Cara Mengatasinya.

Sebelum masuk ke bahasan bagaimana cara mengatasi bootloop pada ponsel Xiaomi, terlebih dulu saya mau menjelaskan kenapa ponsel saya bisa mengalami hal tersebut.

Jadi, awalnya saya punya tugas mata kuliah Komputer Forensik (Computer Forensic). Pada satu pertemuan saya disuruh membaca pesan Whatsapp yang telah dihapus. Setelah saya googling sana sini, akhirnya ketemu juga cara membaca pesan Whatsapp yang telah dihapus. Baca : Cara Membaca Pesan Whatsapp yang Telah Dihapus.

Ada dua bahan yang diperlukan untuk membaca pesan Whatsapp, yaitu database dan key untuk mendekripsi data pesan. Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mendapat key, yaitu dengan cara tanpa root dan cara root. Untuk cara pertama saya gagal melakukannya dan saya sadar bahwa harus melakukan pilihan kedua.

Tapi, saat mencoba pasang TWRP, saya mengalami kegagalan. Dimana setelah pasang TWRP di ponsel Xiaomi Redmi Note 4 saya, ketika di restart perangkat Xiaomi saya mengalami bootloop. Kemudian saya menemukan ide untuk mengatasi masalah ini.

Jangan lupa untuk membaca :
  1. Cara Mengatasi Xiaomi Cepat Panas
  2. Cara Mengatasi Xiaomi Stuck di Logo
  3. Cara Mengatasi Xiaomi Mati Total
  4. Cara Mengatasi Xiaomi Lemot
  5. Cara Mengatasi Xiaomi Hang / Ngeblank

Bagaimana Cara Mengatasi Bootloop Pada Ponsel Xiaomi?

Dalam kasus ini, ponsel Xiaomi saya dalam keadaan Unlock Bootloader. Saya sarankan, jika ingin melakukan modifikasi pada ponsel Xiaomi anda, lebih baik jika sudah melakukan UBL. Karena jika terjadi masalah, akan dengan mudah mengatasinya.

Berikut cara yang bisa digunakan untuk mengatasi UBL pada ponsel Xiaomi.


  1. Download ROM Official MIUI di situs en.miui.com/download.html
  2. Install MiFlashTools di PC/Laptop.
  3. Lalu, perangkat Xiaomi harus masuk mode Fastboot. Baca : Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi.
  4. Kemudian flash Xiaomi dengan MiFlashTools. Baca : Cara Flash Xiaomi Via Fastboot Update.
  5. Tunggu proses flashing selesai dan handphone akan restart sendiri.

Pada intinya, cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bootloop pada ponsel Xiaomi adalah dengan melakukan flash ulang atau install ROM ulang. Hal ini karena bootloop terjadi gara-gara terdapat error pada ROM sebelumnya sehingga kita butuh ROM yang fresh (baru diinstall) agar bisa menyalakan smartphone kita lagi.

Peringatan!


Saya hanya memberi salah satu cara alternatif untuk mengatasi bootloop pada ponsel Xiaomi. Jika ternyata perangkat anda masih mengalami bootloop, mungkin ada kesalahan lain yang belum diketahui. Anda bisa coba cara lain yang saya tulis di Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi Redmi. Namun jika tetap gagal, service ke tempat garansi adalah hal terbaik yang dapat dilakukan.

Sekian bahasan mengenai Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi Redmi Via Fastboot. Cara ini dapat dilakukan di seluruh ponsel Xiaomi baik Xiaomi Redmi Note 4, Redmi 4X, Redmi 5 Plus, Mi Max 2, dan lain-lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi Redmi Via Fastboot Mode"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel