Cara Mengatasi Lag Game Berat Xiaomi Redmi

Yukampus.com – cara mempercepat games berat di smartphone Xiaomi. Apa sih yang pertama kita perhatikan ketika membeli ponsel? Kalau untuk perempuan, yang pertama diperhatikan pasti kameranya, apakah bagus atau tidak untuk selfie. Kalau laki-laki? Pasti spesifikasinya dong!

Spesifikasi yang diperhatikan adalah apakah smartphone yang ingin kita beli bisa menunjang kebutuhan gaming kita atau tidak. Apakah ponsel yang ingin kita beli bisa digunakan untuk bermain game-game berat seperti Mobile Legends, PUBG, AOV, dll atau tidak.

Terdapat beberapa cara mengukur spesifikasi Xiaomi, dan cara yang paling ampuh yang dapat kita coba adalah dengan melihat skor antutu.

Baca : Cara Cek Skor Antutu Android Semua Tipe

Untuk ponsel-ponsel baru biasanya tidak perlu khawatir ketika ingin membuka games-games yang ukurannya raksasa (mencapai Gigabyte), seperti ponsel yang saya gunakan sekarang, Xiaomi Redmi Note 4 juga tidak ada masalah untuk memainkan game seperti Pro Evolution Soccer Android yang ukurannya mencapai 1,2 GB. Tidak ada lag sama sekali dan alhamdulillah lancar.

Ponsel android lain seperti Oppo F7, Vivo V9, Xiaomi Redmi 5 Plus, dll juga mungkin tidak akan mengalami masalah untuk memainkan game-game dengan ukuran yang sangat besar. Namun bagaimana nasib smartphone lama yang hanya memiliki memori RAM 1 GB atau 2 GB saja?

Tentu hal tersebut menjadi masalah ketika kita mencoba memainkan game-game ukuran besar seperti Need For Speed, Arena Of Valor, Garena, Clash of Clans, FIFA 18, dll.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, apakah ada cara yang dapat kita lakukan untuk mempercepat game tersebut dan membuat game tidak lag ketika dimainkan di ponsel yang memiliki processor rendah dan RAM yang sedikit?

Jawabannya, tentu bisa!

Kita mengenal yang namanya Game Booster, yaitu aplikasi yang bisa digunakan untuk mempercepat game dengan cara mengurangi penggunaan aplikasi di latar belakang yang tidak diperlukan sehingga memori yang tersisa atau tidak terpakai akan lebih banyak.

Untuk aplikasi pihak ketiga yang sudah terdapat game booster, kita mengenal yang namanya 360 Security Life, Clean Master, dll. Tapi, untuk Xiaomi yang menggunakan MIUI 9 terupdate, kita tidak perlu menginstall aplikasi lain lagi karena MIUI secara otomatis telah menyediakan fitur game booster pada perangkatnya.

Bagaimana Cara Menjalankan Game Booster Pada MIUI 9?

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjalankan game booster agar kita bisa bermain game dengan lebih cepat dan tanpa lag atau patah-patah.

  1. Masuk Menu Security.
  2. Scrool Kebawah dan temukan menu Game Booster.   
  3. Saat pertama kali, kita diminta untuk geser (swipe) kanan tiga kali, kemudian klik Start.   
  4. Setelah itu, seluruh permainan yang ada pada ponsel kita otomatis akan masuk ke daftar game booster. 
  5. Klik salah satu game yang ingin dimainkan dan game booster otomatis berjalan.

Sangat mudah bukan? Tentu saja cara ini bisa dilakukan di seluruh ponsel Xiaomi yang telah diupdate ke MIUI 9 (versi terbaru). Tapi game booster tidak bisa sepenuhnya menjamin game-game berat bisa dijalankan pada smartphone yang memiliki RAM kecil.

Karena kunci utama dari game tidak lag atau patah-patah adalah processor yang cepat. Intinya, game booster hanya mengurangi lag atau mempercepat sedikit game yang kita mainkan.

Kesimpulan

Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Lag Main Game Xiaomi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jika ada pertanyaan, silahkan langsung ajukan pada kolom komentar yang tertera dibawah ini.

Baca :


Tinggalkan komentar