Perbedaan Aplikasi Messenger Lite vs Messenger Biasa Android

Yukampus.com – Perbedaan aplikasi messenger lite dan reguler. Sebelumnya kita sudah membahas beberapa Aplikasi Versi Lite Pada Android.

Aplikasi lite menjadi populer karena bisa memenuhi kebutuhan pengguna media sosial yang memiliki spesifikasi smartphone rendah atau biasa saja. Salah satu yang dibahas kemarin selain Facebook adalah Messenger.

Aplikasi chatting bawaan dari Facebook ini tentu sudah kita kenal masing-masing. Mengapa aplikasi ini menjadi populer? Karena kita tidak bisa mengirim pesan pada Facebook jika tanpa aplikasi messenger ini.

Fitur Aplikasi Messenger

Aplikasi Messenger Android punya banyak manfaat, diantaranya adalah video call, chatting, voice call, dan saling kirim stiker pada teman melalui inbox.

Aplikasi messenger juga merupakan salah satu aplikasi media sosial paling cepat tanggap. Tidak seperti ketika kita membuka Facebook melalui browser di ponsel ataupun di komputer, ketika kita mengirim pesan maka harus menunggu loading selesai lebih dulu. Tapi pada aplikasi ini, pesan yang kita tulis akan lebih cepat terkirim.

Sebenarnya fitur utama yang kita butuhkan pada kedua aplikasi ini adalah untuk berkomunikasi dan saling mengirim pesan. Namun tetap saja terdapat beberapa perbedaan pada kedua aplikasi ini.

Perbedaan Messenger Seluler dan Messenger Lite

1. Ukuran

Karena banyak fitur yang dikurangi pada aplikasi ini, maka ukuran Messenger lite jauh lebih kecil dibanding Messenger versi reguler. Bahkan aplikasi Messenger yang banyak dibilang berat untuk dijalankan di smarpthone yang mempunyai spesifikasi rendah, akan bisa dijalankan jika kita menginstall Messenger Lite. RAM 1 GB pun bisa menjalankan aplikasi ini dan kita teap bisa nyaman untuk mengirim pesan melalui aplikasi Messenger lite android.

2. Kecepatan Akses Internet

Hal utama yang dicari kebanyakan orang ketika menggunakan internet adalah data seluler yang dibutuhkan. Messenger lite menjadi solusi bagi mereka pengguna Facebook yang tetap ingin berkirim pesan dengan aplikasi namun hanya mempunyai kuota internet yang terbatas. Meski data yang dibutuhkan kecil, namun kecepatan akses internet pada aplikasi ini tergolong cepat sehingga kita tidak perlu lama-lama menunggu loading selesai.

3. Tampilan

Keduanya mempunyai fitur yang sama, yaitu untuk berkirim pesan dengan pengguna Facebook lainnya. Tujuan utamanya adalah untuk menjalin hubungan silaturahmi supaya tetap terjaga. Aplikasi Messenger lite memiliki tampilan yang lebih sederhana dibanding versi regulernya. Juga terdapat beberapa menu fitur yang dihilangkan. Hal ini dimaksudkan agar smartphone yang kita gunakan tidak memakan banyak memori dan aplikasi bisa tetap berjalan pada spesifikasi ponsel yang rendah.

4. Fitur

Aplikasi Messenger biasa memiliki fitur Video Call yang memungkinkan kita untuk menyapa orang lain dari jarak jauh secara live atau langsung dengan melihat wajah mereka. Messenger reguler juga memiliki fitur untuk panggilan suara gratis dimana ketika kita tahu nomor telepon seseorang, kita bisa meneleponnya melalui aplikasi messenger. Sementara untuk versi lite, messenger tidak memiliki dua fitur tersebut.

Jadi, jika anda membutuhkan aplikasi Messenger yang bisa digunakan sekaligus untuk Video Call atau telepon gratis, Messenger reguler adalah pilihan yang tepat. Namun, jika anda hanya membutuhkan aplikasi untuk saling berkirim pesan melalui Facebook dan tidak ditujukan untuk panggilan suara, telepon, atau mempunyai spesifikasi perangkat yang biasa-biasa saja, maka Messenger Lite harus dipilh.

Kesimpulan

Itulah beberapa Perbedaan Messenger Lite dan Messenger Biasa. Jika ada pertanyaan, saran, kesalahan, atau permintaan untuk menulis artikel lain yang berhubungan dengan Android, silahkan ajukan melalui tulisan pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah ini.

Baca :


Tinggalkan komentar