5 Aplikasi Backup Data Android Terbaik dan Aman

Yukampus.com – Aplikasi backup data ponsel Android paling aman. Banyak sekali pencarian di Google dengan kata kunci cara backup aplikasi Android.

Jika kita ingin melakukan flashing, downgrade, atau hal-hal lain yang menurut kita rentan dilakukan pada smartphone Android, alangkah baiknya kita terlebih dahulu melakukan backup data yang tersimpan pada perangkat Android kita.

Apa itu Backup?

Backup sendiri artinya dalam bahasa Indonesia adalah membuat cadangan aplikasi Android (installer) dalam bentuk .apk yang memang sangat menguntungkan.

Bukan hanya membuat data aplikasi Android kita aman, namun kita juga bisa mengirim aplikasi tersebut tanpa harus mendownload dari Google Playstore terlebih dahulu. Banyak sekali aplikasi Backup data Android yang tersebar di Playstore.

Ada yang ukurannya besar dengan fitur yang sangat lengkap cenderung tidak penting, ada juga yang ukurannya kecil dan bisa dijalankan pada smartphone Android yang masih menggunakan OS versi lama seperti Gingerbread dan Icecream.

Setelah dirangkum dari berbagai sumber, berikut akan saya sajikan pilihan 5 aplikasi untuk backup data pada smartphone Android terbaik.

Aplikasi Backup Data Terbaik Android

1. App Backup & Restore

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang paling populer untuk urusan backup data. Selain karena tampilannya yang sangat sederhana, aplikasi ini juga bisa dengan cepat dan secara otomatis melakukan backup. Aplikasi ini bisa membackup banyak data seperti aplikasi .apk dan kontak.

2. Easy Backup & Restore

Aplikasi ini memerlukan akses root untuk bisa menggunakan beberapa fitur yang terdapat pada Easy Backup & Restore. Aplikasi ini memang dikembangkan oleh perusahaan yang sama dengan Root Explorer &File Manager. Jika smartphone kalian sudah dalam keadaan root, maka akan banyak sekali manfaat yang bisa digunakan pada aplikasi ini yang tidak ditemukan pada aplikasi lainnya.

3. Backup Your Mobile

Aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa mencadangkan / backup banyak data yang terdapat pada smartphone kita seperti SMS, MMS, log panggilan, aplikasi, pengaturan sistem dan masih banyak lagi. Tampilannya pun sangat sederhana dan mudah digunakan sehingga tidak membingungkan pengguna yang ingin memakainya.

4. Super Backup & Restore

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi backup yang memiliki tampilan sangat sederhana dan mudah digunakan. Pengguna bisa menentukan lokasi backup sesuai keinginan mereka agar mudah ditemukan. Pengguna juga bisa membuat jadwal backup secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan.

5. MyBackup

Aplikasi ini memiliki kelebihan selain bisa membackup aplikasi, SMS, log panggilan, pengaturan sistem, dan MMS, MyBackup bisa melakukan backup pada foto, musik, dan video yang tersimpan pada galeri smartphone kita dan menyimpannya pada kartu memori eksternal. Aplikasi ini sangat sederhana, namun sangat memudahkan.

Nah, bagaimana? Banyak sekali bukan?

Intinya bukan aplikasi apa yang kamu gunakan, namun bagaimana kamu menggunakan aplikasi tersebut. Ingat, semua aplikasi diatas mempunyai fitur utama yaitu untuk membackup data ponsel.

Ingat, jika kita ingin melakukan modifikasi seperti root, upgrade atau downgrade Android, dan hal-hal yang menurut kita memiliki risiko tinggi, alangkah baiknya kita terlebih dahulu melakukan backup pada data yang tersimpan.

Kesimpulan

Sekian artikel tentang Aplikasi Backup Aplikasi Android. Semoga bermanfaat dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Baca :


Tinggalkan komentar