Cara Root dan Install TWRP Xiaomi Redmi Note 4G Lengkap


Yukampus.com - Cara Pasang TWRP Recovery Redmi Note 4G untuk Root Redmi Note 4G. Artikel ini membahas proses root Xiaomi Redmii Note 4G lengkap dengan gambar mulai dari cara pasang TWRP Xiaomi Redmi Note 4G, cara pasang SuperSu / Magisk Redmi Note 4G, dan memperbaiki Xiaomi yang rusak ketika Root.



Xiaomi Redmi Note 4G sendiri adalah varian Xiaomi yang mendukung jaringan 4G di seluruh penjuru dunia. Makanya dinamakan 4G. sebenarnya, tanpa Hp ini kita juga bisa mendapat sinyal 4G dengan trik yang sudah saya bagikan pada artikel Cara Lock Sinyal 4G Xiaomi.

Xiaomi Redmi Note 4G banyak diburu oleh pecinta Hp Xiaomi dan pecinta Root Android. Xiaomi Redmi Note 4G menjadi bahan untuk ujicoba root di kalangan pecinta Xiaomi.

Namun perlu kamu tahu bahwa jika kita ngeroot Xiaomi, maka Hp Xiaomi kita akan kehilangan garansi resminya. Karena tidak ada perusahaan asuransi di Indonesia yang menjamin keselamatan Hp ketika di root (he he), maka kita tidak bisa klaim garansi dengan Hp yang dalam keadaan Root.

Cara Install TWRP dan Root Xiaomi Redmi Note 4G


Melakukan root Xiaomi sebenarnya sangat mudah, asalkan Hp kita memenuhi persyaratan dibawah ini. Berikut adalah persyaratan Hp yang bisa di Root.

#Persyaratan


  1. Risiko ditanggung sendiri
  2. Pastikan Hp Xiaomi Redmi Note 4G kamu sudah UBL (Unlock Bootloader). Silahkan baca Cara UBL Xiaomi Redmi Note 4G pada artikel ini
  3. Aktifkan USB Debugging & OEM Unlocking Xiaomi Redmi Note 4G. silahkan baca Cara Aktifkan USB Debugging Xiaomi Redmi Note 4G pada artikel ini
  4. Menginstall TWRP Recovery Xiaomi Redmi Note 4G. silahkan baca langkah pasang TWRP Recovery Xiaomi Redmi Note 4G pada artikel ini


Setelah Hp memenuhi persyaratan, langkah berikutnya adalah mendownload file-file yang dibutuhkan untuk proses Root dan install TWRP Xiaomi Redmi 4G. berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan.

#Alat dan Bahan


  1. Minimal ADB Fastboot, Download
  2. TWRP Xiaomi Redmi Note 4G, Download
  3.  SuperSu.zip atau Magisk.zip (pilih salah satu saja karena fungsinya sama)


#Langkah-langkah


Pada bagian #Persyaratan telah disinggung agar kita menginstall TWRP Recovery terlebih dahulu sebelum melakukan root Xiaomi Redmi note 4g. berikut adalah rangkuman dari cara pasang TWRP Xiaomi Redmi Note 4G.

  1. Setelah download Minimal ADB Fastboot.zip, salin filetersebut ke PC kamu dan extract di folder mana saja
  2. Setelah download TWRP Xiaomi Redmi Note 4G.zip, extract dan ganti nama file berekstensi .img menjadi recovery.img, salin file itu ke folder ADB Fastboot yang ada di PC kamu
  3. Salin file SuperSu.zip atau Magisk.zip yang sudah di download ke memori internal Hp kamu (jangan di SD card karena tidak akan terbaca)
  4. Masuk ke Xiaomi Redmi Note 4G Fastboot Mode. Jika belum tahu caranya, silahkan baca Cara Masuk Mode Fastboot Xaiomi Redmi Note 4G
  5. Sambungkan Hp kamu ke PC dengna menggunakan kabel data bawaan Xiaomi
  6. Masuk folder ADB Fastboot, setelah itu tekan tombol Klik kanan + Shift
  7. Kemudian pilih Open command window here untuk masuk cmd (command prompt) 

  8. Ketikkan “fastboot devices” pada cmd untuk mengetahui apakah Hp kamu terhubung ke PC atau tidak 
  9. Ketik lagi “flash recovery recovery.img” untuk mulai install TWRP Xiaomi dengan command prompt 
  10. Ketik ”fastboot reboot recovery” untuk me-restart Hp kamu setelah proses install TWRP berhasil dan selesai


Setelah pasang TWRP Xiaomi Redmi Note 4G, langkah selanjutnya adalah pasang Masigk / SuperSu pada Hp Xiaomi kamu. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai pengelola file-file sistem di Hp Xiaomi Redmi Note 4g. ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Matikan Hp kamu terlebih dahulu dengan cara menekan tombol Power
  2. Masuk ke TWRP Recovery menu dengan cara menekan kombinasi tombol Power + Volume Atas
  3. Pilih menu Install pada menu TWRP Recovery 
  4. Temukan SuperSu.zip atau Magisk.zip yang terdapat di memori internal Hp Xiaomi milik kamu
  5. Swipe to confirm install untuk Install Magisk.zip atau SuperSu.zip tersebut 
  6. Tunggu hingga proses selesai, proses ini memakan waktu 5-10 menit
  7. Kemudian Hp kamu akan restart secara otomatis
  8. Selesai



Itu dia langkah-langkah menginstall TWRP dan Root Redmi Note 4G. jika Hp kamu mengalami kerusakan seperti stuck di logo atau mati total, mungkin hal tersebut diakibatkan karena ada langkah yang terlewat atau salah download file TWRP Recovery. Untuk mengatasinya, kamu bisa membaca dua artikel ini.


Jangan lupa untuk membaca cara Root Xiaomi Semua Tipe untuk mengtahui cara root Redmi Note 4, Redmi 4X, Redmi Note 3, Redmi Note 5 Plus, Redmi Note 6 Pro, dan yang lainnya. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini.

Show comments
Hide comments

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel