Cara Mengatasi SD Card (Kartu Memori) Xiaomi Tidak Terbaca

Yukampus.com - Cara memperbaiki SD Card tidak terbaca di Xiaomi. Hp Xiaomi jaman sekarang mempunyai total memori yang tinggi, ada yang 16, 32, 64, 128, dan 256 GB. Tapi manusia Indonesia masih saja kurang puas dan menambahkan kartu memori di dalamnya. Tapi kadang kartu memori yang baru kita tambahkan Tidak Terbaca di Hp Xiaomi. Ada error dengan keterangan khusus.



Pada beberapa kasus (seperti yang pernah saya alami), kadang kartu memori tidak terbaca berapa ukurannya. Kita juga tidak bisa menyimpan foto / video ke kartu memori, memindahkan file dari internal memori ke SD Card padahal kartu memori jelas-jelas terpasang di Hp Xiaomi kita.

Tentu masalah kartu memori tidak terbaca di Hp Xiaom sangat mengganggu, apalagi jika kita adalah pemain game (gamers) yang banyak membutuhkan memori internal untuk menginstall game sehingga kita harus memindahkan file-file lain seperti dokumen, foto, musik, dll ke kartu memori eksternal.

Contohnya saat kita mau memindahkan (copy) file dari memori internal ke kartu memori, ada keterangan seperti ini, ada keterangan "Permissions Required, To manage files on your SD Card, give Mi File Manager the required permissions."



Atau dalam bahasa Indonesia seperti ini, ada keterangan "Butuh Perizinan, Untuk mengelola berkas di kartu SD, berikan perizinan yang dibutuhkan ke apl Mi File Manager."



Masalah utamanya ada pada perizinan SD Card Xiaomi. Lalu bagaimana kita memberikan izin ke kartu memori agar bisa mengelola file-file yang ada di Hp Xiaomi kita?

Kenapa SD Card Xiaomi Tidak Terbaca?


Kenapa kartu memori yang baru dipasang tidak terbaca di Hp Xiaomi? ya tidak tahu, masalah ini juga terus jadi perbincangan di forum-forum Xiaomi. Mungkin karena ada bug atau error pada sistem MIUI nya.

Terus update saja MIUI ke versi yang paling baru sehingga setiap error / bug bisa segera teratasi.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Xiaomi yang Tidak Terbaca


Saya mengalami masalah ini di MIUI 9.5, teman saya mengalami masalah ini di MIUI 10. Saya mencoba mengikuti instruksi yang ada di gambar, namun tetap gagal dan file tidak bisa tersalin ke memori internal.

Setelah mencari kesana-kemari, saya mendapat tutorial untuk mengatasinya. Ternyata ada cara lain yang lebih mudah dibanding mengikuti instruksi yang jelas-jelas gagal. Caranya adalah Unmount SD Card. Begini caranya:

  1. Masuk ke menu Setting / Pengaturan
  2. Scroll sedikit kebawah dan pilh menu Storage / Penyimpanan
  3. Dibawah keterangan berapa banyak memori yang digunakan di Hp Xiaomi kita, ada menu untuk Unmount SD Card / Lepaskan Kartu Memori
  4. Cara tersebut kita gunakan untuk meng-eject kartu memori yang terpasang di Hp Xiaomi milik kita
  5. Tunggu sesaat, sampai memori external benar-benar lepas dari Hp Xiaomi kita
  6. Setelah itu, pilih Mount SD Card / Sambungkan Kartu Memori lagi
  7. Agar Kartu memori kembali Terhubung dengan Hp Xiaomi milik kita
  8. Kemudian cobalah untuk meng-copy file dari memori internal ke SD Card lagi, pasti berhasil!


Bagaimana? sangat mudah bukan? cara untuk mengatasi kartu memori yang tidak terbaca di Hp Xiaomi Redmi 5A, Redmi 4X, Redmi Note 4, Redmi Note 3, dan Redmi 4A, dll.

Itu dia cara untuk Memperbaiki Kartu Memori Xiaomi yang tidak terbaca. Jadi tidak perlu dibawa ke tukang servis ya! he he. Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan di kolom komentar dibawah ya.
Show comments
Hide comments

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel