Cara Shutdown Restart Xiaomi Redmi Tanpa Tombol Power

Yukampus.com – Mematikan Hp Xiaomi tanpa tombol power. Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman yang baru saja Yukampus alami. Baru-baru ini Hp Xiaomi yang dipakai Yukampus tombol powernya rusak sehingga susah menghidupkan dan mematikan (restart).

Kita harus terus memastikan bahwa Baterai Hp Xiaomi ini tidak habis atau dalam arti lain Hp Xiaomi ini jangan sampai mati total. Bahaya kalau mati total, nanti tidak bisa dihidupkan lagi mengingat tombol powernya kan rusak. Nah lho, repot kan.

Baca : Cara Menghidupkan Hp Android Tanpa Tombol Power

Karena selalu memastikan Hp Xiaomi baterainya dalam keadaan tidak pernah habis, maka tombol power tersebut sering terbengkalai dan tidak terpakai. Namun ada satu kasus dimana kita harus menghidupkan ulang Hp Xiaomi kita (restart) untuk kebutuhan khusus.

Contoh yang Yukampus alami adalah Hp Xiaomi ini sering hilang sinyal. Ada
keterangan “No Service” di bar notifikasi yang letaknya ada di atas layar Hp Xiaomi. Kadang juga karena Speaker Hp Xiaomi yang Rusak sehingga harus me-restart-nya.

Tapi kan, tombol power Xiaomi Hp ini sedang rusak, tidak bisa ditekan atau dipencet. Bagaimana dong? Kalau dibawa ke Service Center kelamaan. Belum lagi kalau ternyata Hp Xiaomi kita bukan Hp Xiaomi garansi resmi, melainkan garansi distributor sehingga tidak bisa dibawa ke Service Center Resmi Xiaomi.

Nah tuh, tambah bingung kan.. hmm..

Tapi tenang saja, Yukampus selalu punya cara unik dan tepat untuk mengatasi itu semua. Kita tidak perlu memperbaiki Hp Xiaomi yang rusak tombol powernya, tidak perlu dibawa ke tukang servis segala macam karena ada cara lain untuk restart / mematikan Hp Xiaomi.

Wah, bagiamana caranya tuh?

Kita bisa membuat menu bola jalan pintas seperti yang populer di iOS/iPhone. Bisakah? Semua ada di menu pengaturan. Ingat, ini hanya berlaku bagi pengguna MIUI ya, untuk ROM lain belum mendukung.

Cara Restart (Shutdown) Hp Xiaomi Tanpa Tombol Power

Berikut ini adalah cara untuk menghidupkan ulang dan mematikan Hp Xiaomi tanpa menggunakan tombol power, melainkan menggunakan menu jalan pintas.

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu Settings / Setelan
  2. Kedua, scroll kebawah dan temukan menu Additional Settings / Menu Tambahan 
    cara restart xiaomi tanpa tombol power
  3. Di dalamnya terdapat menu Quick Ball / Bola Pintas 
    cara shutdown xiaomi tanpa tombol power
  4. Aktifkan menu Quick Ball atau Bola Pintas tersebut dengan menekan toggle Turn on Quick Ball atau Aktifkan Quick Ball 
    cara menghidupkan ulang xiaomi tanpa tombol power
  5. Setelah aktif, maka kita bisa masuk ke menu Select shortcuts atau Pilih pintasan 
    cara mematikan xiaomi tanpa tombol power
  6. Di situ terdapat lima menu yang bisa kita atur sesuai kebutuhan. Kita bisa mengganti salah satunya dengan tombol power, caranya adalah Pilih Salah Satu Menu yang Ingin Diganti 
    tombol power xiaomi rusak
  7. Kemudian Pilih Menu yang Ingin Diaktifkan, di sini kita memilih Long press the Power Button atau Tekan lama Tombol Power 
    tombol power xiaomi tidak berfungsi
  8. Kemudian perhatikan di samping kanan / kiri layar, maka terdapat simbol seperempat lingkaran yang agak sama-samar, klik tombol tersebut satu kali maka bentuknya akan berubah menjadi lingkaran
  9. Klik pada lingkaran tersebut maka akan muncul kelima menu yang kita pilih, termasuk Tombol Power
  10. Nah di sinilah kita dapat menggantikan fungsi tombol power yang rusak dengan menu tombol power melalui Quick Ball
  11. Selesai

Kesimpulan

Itu dia cara untuk Mengatasi Tombol Power Xiaomi Redmi Rusak. Cara ini saya terapkan di Hp Xiaomi Redmi Note 4 dan bekerja dengan baik. Kamu juga bisa mencoba trik ampuh ini pada Hp Xiaomi Redmi 5 Plus, Redmi Note 6 Pro, Pocophone, Mi A2, Redmi S2, Redmi 4X, Redmi 5A dan semua tipe Hp Xiaomi lainnya yang menggunakan sistem operasi MIUI.

Jangan lupa untuk baca artikel-artikel tentang Xiaomi lainnya ini.

Baca :


Tinggalkan komentar