Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Tidak Merespon

Yukampus.com – Cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon. Saat ini hampir semua Hp Android telah menggunakan layar sentuh atau touchpad sebagai sarana interaksi antara pengguna dan sistem. Namu belakangan banyak yang bertanya kenapa layar hp tidak merespon.

Banyak alasan yang menyebabkan layar Hp Android tidak merespon, hang, ngelag atau bahkan tidak bergerak sama sekali atau bergerak secara terus menerus. Dalam pengertian ‘tidak merespon’ pada artikel ini, kita dapat menafsirkannya ke dalam banyak pengertian berbeda seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca: Cara Mengatasi Touchscreen Error Android

Untuk itu, kali ini kita akan mencari tahu bagiamana cara memperbaiki touch screen hp yang rusak atau tidak merespon. Dalam tutorial ini, banyak cara yang perlu kita coba satu per satu agar berhasil.

Cara Memperbaiki Touch Screen Hp Tidak Merespon

Untuk mengasi touch pad atau layar sentuh yang error atau rusak. Silahkan coba salah satu cara di bawah ini agar layar sentuh atau touch pad hp kamu dapat berfungsi seperti sedia kala.

1. Periksa RAM

Jika saa disentuh hp kamu mengalami Lag, maka kemungkinan penyebabnya adalah karena RAM yang terlalu penuh. Ketika membuka terlalu banyak aplikasi, maka Hp akan bekerja ekstra keras sehingga salah satu dampaknya adalah layar sentuh Hp kamu menjadi lag.

2. Periksa Kalibrasi

Kalibrasi adalah fitur yang memungkinkan hp untuk mendeteksi adanya sentuhan di layar sentuh untuk melakukan sebuah perintah. Periksa apakah kalibrasi Hp kamu masih bekerja dengan baik atau tidak dengan menggunakan aplikasi Touchscreen Calibration.

3. Aktifkan GPU 2D Rendering

GPU 2D Rendering berfungsi untuk membaca instruksi yang masuk dari aksi ketika kita menyentuh layar hp Android. Jika GPU ini bermasalah, maka secara otomatis layar sentuh hp tidak akan merespon. Cara mengaktifkannya adalah:

  1. Sebelumnya kamu harus mengaktifkan Developers Option dengan cara masuk menu Settings / PengaturanAbout Phone -> Ketuk 7 kali
  2. Masuk ke menu Settings / Pengaturan
  3. Pilih Developers Option -> Force GPU Rendering

4. Masuk ke Safe Mode

Cara ini dilakukan hanya untuk mengetes saja apakah layar sentuh akan normal kembali atau tidak setelah masuk ke mode aman atau safe mode. Caranya adalah:

  1. Tekan Tombol Power di Hp kamu
  2. Sebelum dimatikan, biasanya ada opsi menu, silahkan pilih Reboot to Safe Mode
  3. Selanjutnya klik OK

Jika keempat cara di atas tidak bekerja, maka kerusakannya bukan pada sistem. Melainkan ada pada hardware, artinya kamu harus mebmbawanya ke tempat service sesuai merk Hp kamu.

Kesimpulan

Itu dia langkah-langkah untuk Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon. Semoga artikel ini bisa membawa manfaat yang baik. Jangan ketinggalan untuk baca artikel-artikel ini ya.

Baca :


Tinggalkan komentar