Cara Mengecek Hp Xiaomi Rusak atau Tidak Tanpa Terlewat

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Cara mengecek kerusakan hardware Hp Xiaomi. Ketika membeli Hp Xiaomi bekas, hal terpenting yang harus kita perhatikan selain Cek Hp Xiaomi Asli atau KW adalah tentang kerusakan komponen di dalamnya.

    cara mengecek hp xiaomi


    Kita harus memastikan bahwa Hp Xiaomi yang kita beli masih dalam kondisi normal dan tidak cacat. Sehingga kita tidak akan kecewa ketika membawanya sampai ke rumah. Untuk mengecek kerusakan Hp Xiaomi pun dapat kita lakukan dengan sangat mudah.

    Di Hp Xiaomi sudah tersedia fitur untuk mengecek apakah sensor, GPS, Wifi, baterai, layar LCD, LED, Headset, SIM Card dan lainnya masih berfungsi secara normal seperti biasanya atau tidak.

    Cara Cek Kerusakan Hp Xiaomi

    Terdapat dua cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui kerusakan Hp Xiaomi, yakni dengan menggunakan Kode Rahasia Xiaomi dan alat multitester bernama AVOMeter. Kalian tidak harus menggunakan keduanya, cukup pilih salah satu saja.

    1. Cek Hardware Xiaomi Dengan Kode Rahasia

    Kode rahasia yang dimaksud di sini adalah sebuah Kode MMI yang dapat kita panggil melalui menu dial phone. Untuk mengetesnya, caranya adalah sebagai berikut:
    1. Pertama, masuk ke menu Dial Phone
    2. Panggil *#*#64663#*#*
    3. Lalu kita akan masuk ke menu Hardware Test
    4. Kemudian silahkan uji satu per satu untuk memastikan bahwa seluruh hardware yang ada di Hp Xiaomi masih bekerja dengan baik

    Keterangan :
    Key adalah menu untuk menguji tombol fisik yang ada di Hp Xiaomi seperti Tombol Power, volume, options, back, dan yang lainnya. Cara mengeceknya adalah dengan menekan satu per satu tombol fisik dan apabila muncul warna di layar, maka tombol tersebut masih bekerja.

    Back Light adalah menu untuk menguji kecerahan lampu latar (brightness). Cara mengeceknya adalah klik menu tersebut dan atur kecerahan sesuai dengan mata kalian masing-masing.

    Touch Pal adalah menu untuk menguji tingkat kesensitivitasan layar LCD. Cara mengeceknya adalah tekan semua kotak yang ada di menu ini dan apabila berhasil, maka akan ada keterangan bahwa Touch Pal di Hp kamu masih berfungsi dengan baik.

    Bluetooth adalah menu untuk menguji apakah koneksi Bluetooth di Hp kamu masih bekerja dengan baik atau tidak. Caranya adalah dengan klik menu tersebut maka menu tersebut akan mencoba mengirim dokumen secara otomatis.

    Sim Card adalah menu untuk mengetes apakah slot SIM Card di Hp kamu masih berfungsi dua-duanya atau tidak (apabila kamu menggunakan Hp Xiaomi dual SIM).

    Vibration adalah menu untuk menguji getaran yang dihasilkan oleh Hp kalian. Tinggal klik menu tersebut dan secara otomatis Hp kalian akan bergetar.

    Speaker adalah menu untuk mengetes apakah lubang suara di Hp kalian masih bekerja atau tidak. Klik menu tersebut dan apabila tidak muncul suara, maka Speaker Hp Xiaomi Rusak dan perlu diperbaiki.

    Receiver adalah menu untuk menguji suara atau bunyi yang masuk apabila ada notifikasi pemberitahuan semacam SMS, Pesan WhatsApp, telepon atau semacamnya.

    Headset merupakan menu untuk menguji suara yang dihasilkan oleh headset masih bagus atau tidak. Caranya adalah hubungkan Hp kalian dengan headset dan dengarkan suara yang keluar darinya.

    LED adalah menu untuk menguji lampu kedip di Hp Xiaomi (biasanya terletak di atas) di sebelah Sensor Kamera Xiaomi. Lampu ini akan menyala apabila ada pesan masuk seperti SMS, notifikasi, telepon atau semacamnya.

    FM adalah menu untuk menguji pemancar gelombang radio di Hp kamu. Untuk mengujinya kamu juga harus menghubungkan headset karena FM bekerja menggunakan headset sebagai antena.

    Camera adalah menu untuk menguji status kamera utama apakah masih berfungsi secara normal atau tidak. Dan menu ini akan memberi tahu apabila ada kerusakan di dalamnya.

    Battery adalah menu yang dipakai untuk mengecek kesehatan baterai Hp Xiaomi. Menu ini akan memberi tahu apakah baterai smartphone kamu sudah harus diganti atau belum.

    WIFI adalah menu untuk menguji penerima sinyal jaringan wireless di Hp kita. Menu ini akan melakukan uji secara otomatis dengan membiarkan WIFI menyala.

    Torch adalah menu untuk menguji senter di Hp Xiaomi kita masih bekerja dengan baik atau tidak. Jika masuk emnu ini, maka senter akan menyala secara otomatis dan apabila tidak, maka ada kendala di dalamnya.

    LCD adalah menu untuk cek kerusakan pada LCD, khususnya di bagian kontras warna. Menu ini akan menginformasikan apabila ada yang tidak beres pada layar LCD Hp kamu.

    GPS adalah menu untuk memancarkan sinyal GPS apakah GPS Xiaomi Akurat atau Tidak. GPS biasa dipakai untuk keperluan peta jalan atau maps.

    G_Sensor adalah menu untuk mendeteksi perubahan orientasi. Maksudnya adalah jika Hp dimiringkan, maka layar akan berubah menjadi mode landscape secara otomatis. Kecuali jika tidak terjadi perubahan apapun, artinya Layar Hp Xiaomi Tidak Bisa Rotasi.

    Gyro adalah menu untuk mendeteksi peruahan orientasi. Bedanya adalah menu ini bekerja dari landscape ke potrait atau ketika awalnya Hp dimiringkan kemudian berubah menjadi potrait ketika ditegakkan.

    Proximity adalah menu untuk mendeteksi jarak. Sensor ini bekerja ketika menempelkan Hp saat telepon, maka layar akan mati atau redup secara otomatis. Cara mengeceknya adalah klik menu ini dan tempelkan Hp ke telinga.

    Optical adalah sensor untuk mendeteksi perubahan cahaya. Menu ini sangat berguna untuk mengatur Kecerahan Layar Xiaomi Secara Otomatis.

    Magnetic adalah sensor untuk mendeteksi medan magnet yang ada di sekitar Hp Xiaomi. Sensor ini sangat berguna untuk aplikasi kompas yang terdapat di dalamnya.

    Infrared adalah menu untuk mengetes sinyal infra merah. Sensor ini digunakan pada aplikasi remote untuk menghubungkan Hp Xiaomi ke TV, AC, dan lain-lain.

    2. Cara Cek Kerusakan Xiaomi Dengan Multitester (AVOMeter)

    AVOMeter merupakan singkatan dari Amphere Volt Ohm Meter yang berfungsi untuk mengukur arus listrik, tegangan dan hambatan yang ada di Hp Xiaomi.

    Alat ini sangat berguna untuk mengecek baterai dan konektor baterai (lubang charger). Cara mengeceknya adalah sebagai berikut:

    Cara Cek Baterai Xiaomi dengan AVOMeter

    Untuk mengetahui apakah baterai Hp Xiaomi masih bekerja dengan baik, maka kita perlu melakukan tes arus listrik menggunakan AVOMeter dengan cara:
    1. Setting AVOMeter ke 10 volt
    2. Hubungkan Kutub Positif AVOMeter ke Kutub Positif Baterai, begitu juga dengan Kutub Negatif
    3. Lihat pada AVOMeter, apabila voltage kurang dari 3.7 volt, maka kamu harus menggunakan Power Supply untuk mengejutkan aliran listrik pada baterai.

    Cek Konektor Baterai Xiaomi dengan AVOMeter

    Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah arus listrik pada lubang charger Hp Xiaomi masih normal atau tidak. Caranya adalah:
    1. Setting Multitester pada Ohm-Meter X1
    2. Hubungkan Kabel Merah (+) AVOmeter ke Kutub Positif Baterai, begitu juga sebaliknya
    3. Selanjutnya, Balik masing-masing kutub
    4. Sekarang perhatikan pada AVOMeter dan pastikan Jarum Tidak Bergerak
    5. Jika bergerak, artinya ada yang korslet dan harus dicek menggunakan Power Supply

    Semua rangkaian tes telah selesai. Ingat, pastikan kamu melakukan tes pada Hp Xiaomi terlebih dahulu agar tidak menyesal ketika membeli Hp bekas.

    Kesimpulan

    Itu dia langkah-langkah untuk Cek Hp Xiaomi Rusak atau Tidak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan apabila ada pertanyaan, silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah ini.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "Cara Mengecek Hp Xiaomi Rusak atau Tidak Tanpa Terlewat"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel