Cara Update Google Play Services Android Secara Manual

Yukampus.com - Cara install atau memperbaharui Layanan Google Play Services. Layanan Google Play Services berfungsi agar kita dapat menggunakan seluruh produk Google secara tersinkronisasi. Seperti Gmail, Google Play Store, Google Film, Photos, YouTube dan lainnya.

cara update google play services


Pernahkan saat kita mendaftarkan atau login akun gmail baru di Hp Android, secara otomatis akun tersebut juga akan login di aplikasi Google lainnya? Itulah fungsi utama dari Google Play Store, yakni sebagai alat sinkronisasi antar produk Google.

Pada beberapa Hp seperti Samsung, Xiaomi, Asus, Vivo, Opppo atau Advan, ada beberapa merk Hp yang tidak mengizinkan Google Play terupdate secara otomatis sehingga Layanan Google Play Terhenti.

Kita harus melakukannya sendiri secara manual. Atau jika kita menginstall sebuah ROM baru dan setelah kita cek di dalamnya tidak ada aplikasi Google Play Services sehingga kita harus menginstallnya sendiri.

Cara Install Google Play Services Secara Manual


1. Untuk Yang Belum Install


Jika di Hp kamu belum memiliki layanan Google Play, maka kamu harus mendownload secara manual aplikasi .apk nya terlebih dahulu. Silahkan Download kemudian Install seperti biasa di Hp android kamu melalui link berikut:

Download Google Play Services di PlayStore

2. Untuk Yang Sudah Install dan Hendak Update


Cara ini dilakukan untuk Hp Android yang tidak bisa mengupdate layanan Google Play secara otomatis dan harus melakukannya secara manual.


  1. Pertama, masuk ke menu Settings / Pengaturan
  2. Masuk ke Apps, Manage Apps atau Installed Apps (setiap Hp Android memiliki nama menu yang berbeda
  3. Cari Google Play Services / Layanan Google Play
  4. Lihat 3 angka terakhir di belakang nomor seri atau versi, kemudian cari di google dengan format apkmirror.com google play service nomor seri
  5. Contohnya jika 3 angka terakhir di belakang adalah 045, maka cari dengan format apkmirror.com google play service 045
  6. Kemudian download Google Play sesuai nomor seri tersebut dan install di Hp kamu


3. Mengatasi Error "Insuefficience storage available"


Jika kamu mencoba menginstall update Google Play dan menemui pesan error seperti berikut, maka kamu harus melakukan langkah-langkah ini.


  1. Pertama, masuk ke menu Settings / Pengaturan
  2. Masuk ke AppsManage Apps atau Installed Apps (setiap Hp Android memiliki nama menu yang berbeda
  3. Cari Google Play Services / Layanan Google Play
  4. Kemudian pilih Clear Cache / Hapus Cache


Tujuannya adalah untuk menghapus seluruh data yang tersimpan oleh Google Play sebelumnya. Sehingga Google Play versi baru dapat terinstall dengan baik.

Kesimpulan


Itu dia ketiga langkah untuk Memperbaharui Google Play Service. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kamu yang ingin mengatasi permasalahan error pada layanan google play.

Baca : Cara Buka Situs yang Diblokir Android Tanpa Aplikasi
Baca : 6 Aplikasi Kencan Online Terbaik Indonesia Tahun Ini
Baca : 6 Aplikasi Penghasil Uang Rupiah Terbukti Membayar
Show comments
Hide comments

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel