Cara Mengatasi Google Play Berhenti Terus (Not Responding)

Yukampus.com – Mengatasi layanan Google Play yang sering terhenti. Google Play merupakan salah satu produk dari Google yang berguna agar kita dapat mendownload atau mengunduh aplikasi, permainan, buku, musik dan lagu secara gratis maupun berbayar.

Tentu kita pernah mengalami saat di mana kita tidak bisa membuka sebuah aplikasi dan muncul notifikasi yang bunyinya “sayangnya, glayanan oogle play telah berhenti” atau “unfortunately, google play services has stopped.

Hal tersebut jelas sangat mengganggu aktivitas kita. Jangan sampai notifikasi semacam itu muncul lagi pada Hp Android kita. Oleh karena itu, di sini ada beberapa tips dan tutorial yang ampuh untuk mengatasi permasalahan Google Play terhenti agar pesan error tersebut tidak muncul lagi di masa mendatang.

Cara Mengatasi Google Play Terhenti

Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki layanan Google Play yang sering error. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Hapus Cache

Penyebab utama layanan Google Play terhenti adalah karena kelebihan cache yang menumpuk sehingga memori kita menjadi penuh dan tidak dapat digunakan untuk membuka aplikasi. Oleh karena itu, kita harus rajin menghapus cache dengan cara:

  1. Masuk menu Settings
  2. Pilih Apps, Application atau Manage Apps (disesuaikan, karena tiap Hp Android nama menunya akan berbeda)
  3. Cari Google Play Services
  4. Disitu akan ditampilkan jumlah cache yang telah terkumpul di Layanan Google Playstore
  5. Klik menu Storage tersebut dan pilih Clear Cache untuk membersihkannya

2. Hapus Pembaharuan

Penyebab lain mengapa Google Play Store terus terhenti adalah karena update otomatis ke versi terbaru sehingga ukurannya menjadi lebih besar dan memakan banyak ruang memori. Silahkan uninsall update google play dengan cara:

  1. Masuk menu Settings
  2. Pilih Apps, Application atau Manage Apps (disesuaikan, karena tiap Hp Android nama menunya akan berbeda)
  3. Cari Google Play Services
  4. Pilih Uninstall Updates

3. Restart Hp

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan, seharusnya Layanan Google Play kamu sudah dapat dibuka dan tidak akan lagi pesan error. Namun jika belum, silahkan coba Hidupkan Ulang Hp kamu satu kali saja.

Kesimpulan

Itu dia ketiga langkah untuk Mengatasi Layanan Google Play Terhenti. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan apabila ada pertanyaan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang telah tersedia di bawah ini.

Baca :


Tinggalkan komentar