Cara Autentikasi Akun Google Play Store HP Android

Yukampus.com – Autentikasi akun Google. Biasanya, masalah autentikasi muncul ketika kita hendak mendownload game atau aplikasi dari Play Store, namun smartphone membutuhkan verifikasi alamat email dan password yang digunakan untuk loin pada Play Store tersebut.

Hal tersebut dilakukan karena Google ingin mengamankan data pengguna kita agar tidak dicuri atau disalahgunakan oleh orang lain. Google akan mendeteksi aktifitas mencurigakan yang terjadi sebelum memberlakukan autentikasi verifikasi tersebut.

Pada layar monitor Hp, biasanya akan muncul keterangan sebagai berikut:

Autenthication is required. You need to sign into Your Google Account Try Again.

Atau dalam bahasa Indonesia, keterangannya menjadi berbunyi seperti berikut:

Diperlukan Autentikasi, Anda perlu masuk ke Akun Google dan coba lagi.

Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store

Lalu, bagiamana cara menghilangkan masalah autentikasi google yang terus muncul? Yang kita perlukan hanya menghapus data atau cache yang tersimpan di aplikasi Google Play Store. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan. Silahkan simak pada sub bab dibawah ini.

1. Mengatasi Autentikasi Dengan Hapus Cache Google Play Store

Langkah paling aman pertama adalah dengan menghapus data cache aplikasi Google Play Store. Caranya adalah dengan menghapusnya melalui menu pengaturan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, masuk ke Setting/Pengaturan
  • Cari menu Installed Apps/Manage Apps
  • Cari aplikasi Google Play Store
  • Pilih Hapus Cache

Sekarang, coba kembali ke Play Store dan download kembali aplikasi atau permainan yang kamu inginkan. Jika masalah autentikasi masih muncul, coba cara kedua berikut ini.

2. Mengatasi Autentikasi Dengan Hapus Cache Gogole Play Service

Berbeda dengan Google Play Store, aplikasi Google Play Service berguna untuk melakukan sinkronisasi akun Google di Hp kita. Menghapus cache Google Play Service juga bisa membantu mengatasi masalah autentikasi Android. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Settings/Pengaturan
  • Pilih Manage Apps/Installed Apps
  • Pilih Google Play Service/Layanan Google Play
  • Pilih Hapus Cache

Kembali coba masuk ke play store dan download apa yang kamu mau. Harusnya sampai di sini sudah bisa, namun jika masalah masih muncul, kamu bisa mengikuti langkah ketiga berikut ini.

3. Mengatasi Autentikasi Dengan Hapus Akun Google

Hapus akun google lama dan masuk menggunakan akun Google baru. Caranya untuk setiap Hp hampir sama, letak menunya tidak berjauhan. Seperti Hp Samsung, Advan, Asus, Vivo, Oppo, Huawei, Honor dan sebagainya. Khusus untuk Xiaomi, kamu bisa mengikuti tutorial berikut:

Baca: Cara Hapus Akun Google Xiaomi Redmi

Jika sudah menghapusnya, jangan lupa login lagi dengan akun google yang berbeda, jangan login dengan akun yang barusan dihapus. Semoga membantu.

Kesimpulan

Begitulah Cara Autentikasi Google Play Store, semoga membantu untuk yang sedang mencari diperlukan autentikasi akun google xiaomi, diperlukan autentikasi anda perlu masuk ke akun google maksudnya apa, cara autentikasi google play di xiaomi, cara diperlukan autentikasi anda perlu masuk ke akun google.

Baca :


Tinggalkan komentar