Cara Melihat Rekaman CCTV Lewat PC Online

Yukampus.com – Cara melihat rekaman CCTV. Saat ini, CCTV memiliki banyak sekali fungsi untuk mempermudah memantau area dari jarak yang tidak terjangkau oleh mata manusia. CCTV atau Closed Camera Television mempermudah pekerjaan untuk melihat dan mengamankan lokasi tertentu.

Tidak hanya di kantor, mall, fasilitas publik, rumah sakit atau kampus dan sekolah, sekarang CCTV pun telah banyak dipasang di rumah karena banyak yang telah sadar arti pentingnya CCTV. Rekaman CCTV secara otomatis tersimpan pada memori card melalui DVR (Digital Video Recorder). Rekaman CCTV baru dapat kita lihat apabila mmembuka memori card tersebut melalui HP atau PC.

Nah bagi yang keluar rumah, bagaimana kita bisa terus memantau rekaman CCTV secara online dan real time? Tidak perlu khawatir, jika CCTV kamu terhubung dengan internet, maka kita dapat menggunakan Hp atau laptop untuk melihat rekaman CCTV dari mana pun. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas cara memutar rekaman CCTV melalui Hp Android.

Baca: Cara Melihat Rekaman CCTV Lewat HP Android

Dan sekarang, saya akan menuliskan cara untuk melihat rekaman CCTV online melalui komputer atau PC. Terdapat banyak aplikasi untuk melihat rekaman CCTV PC, namun pada tutorial ini saya akan mencontohkan dengan menggunakan aplikasi CMS.

Apa Itu CMS?

CMS (Central Management System) adalah aplikasi untuk memonitoring CCTV dari berbagai tempat secara online yang terhubung dengan internet. aplikasi ini memungkinkan pengguna mengonfigurasikan settingan pada DVR agar dapat dipantau melalui PC.

Apliksi CMS dapat bekerja dengan baik pada Windows 7, 8 dan 10. Sebelum lanjut ke tutorial menggunakan CMS untuk melihat rekaman CCTV online, kita perlu memiliki aplikasi tersebut. Software ini dapat didownload secara gratis melalui tautan di bawah ini.

Download

Cara Menghubungkan CCTV ke Komputer

Setelah mendownload dan menginstall aplikasi tersebut, langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Berikut adalah cara menjalankan aplikasi CMS untuk memantau CCTV secara online.

  • Hubungkan komputer dengan jaringan internet, kemudian buka aplikasi CMS
  • Pada halaman login, ketik username: super dan kosongkan password
  • Pada jendela prompt, klik OK
  • Masuk ke menu System, kemudian pilih Device Manager 
    device manager cms cctv
  • Klik Add Area, beri nama Zone terserah dan kemudian klik OK 
    add area cms cctv
  • Klik pada nama Zone yang kamu buat, pilih Add Devices
  • Masukkan Device Name terserah
  • Isi IP Address, Username dan Password yang sama dengan yang ada pada settingan DVR
    add devices cms cctv
  • Double klik pada Device Name yang kamu buat sampai seluruh kamera CCTV muncul
  • Klik kanan pada Device Name yang kamu buat, pilih Connect All Videos (Main Stream) 
    connect all video cms cctv
  • Selesai

Setelah itu, kita dapat melihat rekaman CCTV melalui komputer menggunakan CMS. Kita pun bisa bepergian ke luar rumah dengan tenang karena sekarang, CCTV telah terhubung ke komputer.

Kesimpulan

Itulah cara untuk Melihat Rekaman CCTV di PC. Semoga dapat membantu bagi yang sedang mencari aplikasi cctv pc, menghubungkan cctv ke komputer, cctv viewer pc, cctv for pc, cara pemasangan cctv ke komputer dan sebagainya.

Tutorial ini dapat digunakan pada merk CCTV panasonic, sony, samsung, hikvision, dahua, d-link, escam, avtech, anram, infinity dan sebagainya.

Baca :


Tinggalkan komentar