Cara Menghapus Rekaman CCTV Melalui DVR

Yukampus.com – Cara menghapus rekaman CCTV. Setiap video CCTV yang direkam pasti akan tersimpan ke HDD atau memori secara otomatis. Memori tersebut tersimpan pada DVR, yakni Digital Video Recorder, sebuah aplikasi berbasis PC untuk menyimpan hasil rekaman CCTV yang tertangkap pada suatu ruangan.

Setiap memori DVR memiliki batas penggunaan. Ada yang mampu menampung video hingga 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB hingga ukuran yang lebih besar dari itu. Ketika banyak video yang tersimpan, maka memori akan penuh dan CCTV tidak bisa lagi menyimpan video yang diambil.

Baca : Cara Melihat Rekaman CCTV Lewat HP

Maka dari itu, selayaknya kita perlu rutin menghapus video rekaman CCTV yang tersimpan. Hal ini bertujuan agar CCTV dapat menyimpan video terbaru dan membuang video rekaman yang sudah tidak diperlukan. Bagaimana caranya? Yuk simak pada pembahasan berikut ini.

Apa itu DVR?

DVR adalah singkatan dari Digital Video Recorder. Yakni sebuah perangkat yang mengonversi video rekaman CCTV ke dalam format digital media DVD dan menyimpannya ke memori seperti MicroSD, HDD, SSD atau perangkat penyimpanan lainnya.

Beberapa perangkat CCTV dapat terhubung ke DVR sehingga video yang diambil akan secara otomatis dikonversi ke format digital dan disimpan ke sebuah media penyimpanan memori oleh DVR secara otomatis dalam jangka waktu dan tiap durasi rekaman tertentu.

Cara Menghapus Rekaman CCTV

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menghapus rekaman CCTV yang tersimpan pada micro SD atau memori. Silahkan ikuti langkah berikut untuk hapus rekaman CCTV secara manual.

  1. Pertama pada halaman utama DVR, masuk pada Main Menu
  2. Pilih bagian System
  3. Pilih HDD Management
  4. Pilih Delete All Items untuk menghapus video yang tidak diperlukan
  5. Jika sudah, klik Restart

Keterangan:

Cara ini dapat diterapkan pada CCTV Hikvision dan Avtech, untuk tipe CCTV lain seperti Panasonic, Samsung, Sony, Dahua, D-Link, Escam, Anram, Infinit, dll, mungkin penempatan menunya agak berbeda.

Kesimpulan

Sekian artikel tentang Cara Menghapus Rekaman CCTV. Semoga dapat membantu bagi yang ingin hapus video CCTV, menghapus file rekaman CCTV di DVR, delete video CCTV, cara menghapus video di DVR dan sebagainya.

Baca :


Tinggalkan komentar