7 Cara Menghemat Kuota Internet Axis Hp Android

Yukampus.com – Cara menghemat kuota Axis. Sebagai pelanggan kartu prabayar Axis, saya merasa sangat boros dalam menggunakan kuota internet Axis. Terlebih, saya sering browsing dan chatting pada media sosial. Apalagi ditambah dengan streaming dan nonton video di YouTube. Kuota internet 10 GB per bulan saya rasa sangat kurang.

Saya pun mencari ke sana ke mari bagaimana sih tips menghemat kuota Axis agar irit dan tidak boros. Setelah berselancar di internet melalui Google dan berdasar pengalaman pribadi yang saya tulis pada blog ini, akhirnya saya menemukan beberapa solusi agar kuota internet Axis hemat.

Cara Menghemat Kuota Internet Axis

Tutorial ini saya khususkan untuk pengguna ponsel Android saja, karena pada untuk iPhone atau iOs saya tidak terlalu paham sehingga takut untuk memberikan tips. Dan berikut adalah tips menghemat kuota internet Axis dari saya.

1. Gunakan Aplikasi Media Sosial Versi Lite

bermain twitter

Kalian tahu tidak, bahwa beberapa aplikasi media sosial telah menyediakan versi lite atau ukuran kecilnya, lho. Aplikasi-aplikasi seperti Facebook Lite, Line Lite, Twitter Lite dan sebagainya dapat banyak menghemat kuota internet di Hp kita.

Fitur yang terbatas akan memakan lebih sedikit kuota internet daripada aplikasi media sosial biasa. Saya pun mencoba cara ini dan estimasi penggunaan data internet Axis saya menjadi lebih hemat sampai 75%. Ulasan tentang media sosial versi lite telah saya bahas pada tautan berikut.

Baca: 7 Aplikasi Media Sosial Versi Lite

2. Aktifkan Fitur Hemat Data di Google Chrome

hemat data google chrome

Bagi pengguna Google Chrome Android, kamu dapat mengaktifkan fitur hemat data atau data saver. Fitur ini dapat menghemat data hingga 35% ketika kita berselancar di internet. Bagi yang belum tahu caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Masuk ke Setting/Pengaturan
  • Pilih Lite Mode/Mote Terbatas
  • Aktifkan menu On yang terdapat di dalamnya

Bahkan, pada suatu hari saya pernah mencapai rekor hemat data hingga di atas 50%. Fitur ini sungguh membantu bagi kita yang ingin agar kuota internet Axis irit.

3. Aktifkan Fitur Kompres Video Streaming di Opera

video compression opera

Kita tahu bahwa browser Opera merupakan browser paling hemat data untuk smartphone. Bahkan, kita bisa lebih memaksimalkannya dengan mengaktifkan video compression pada aplikasi Opera Android. Begini caranya.

  • Masuk ke menu Setting/Pengaturan
  • Pilih Data Saver/Hemat Data
  • Centang pada menu Video Compression/Kompresi Video
  • Selesai

Fitur ini akan membuat video yang kita putar di YouTube, Dailymail atau situs streaming lainnya akan menampilkan video dengan kualitas yang standar namun tetap enak untuk dilihat.

4. Uninstall Aplikasi Yang Boros Kuota

penggunaan data xiaomi

Secara tidak kita sadari, banyak aplikasi yang menggunakan internet, padahal aplikasi-aplikasi tersebut tidak terpakai. Bagaimana cara mengetahui suatu aplikasi menggunakan banyak kuota internet? Karena saya menggunakan Hp Xiaomi, begini cara mengetahui penggunaan data internet pada sebuah aplikasi.

  • Masuk menu Security/Keamanan
  • Pilih Data Usage
  • Pilih Data Usage Stats
  • Selesai

Di sana, akan terlihat aplikasi-aplikasi apa saja yang memakan banyak kuota internet Axis. kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai. Jika ingin menghapus aplikasi bawaan, silahkan baca artikel berikut.

Baca: Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android

5. Gunakan Aplikasi dan Game Offline

Perbanyak gunakan aplikasi dan game offline untuk menghemat kuota internet. Saya pikir, ini tidak perlu dijelaskan lagi bahwasannya langkah ini merupakan cara paling tepat untuk menghemat penggunaan internet Axis.

6. Atur Limit Penggunaan Data

limit kuora internet xiaomi

Merasa ingin terus menggunakan internet tanpa dibatasi? Jangan! Kamu perlu mengatur penggunaan data internet harian maksimal. Misal kamu memiliki kuota internet 30 GB / bulan, aturlah agar maksimal penggunaan kuota internet hanya 1 GB / hari. Caranya adalah sebagai berikut (pada ponsel Xiaomi).

  • Masuk ke menu Security
  • Pilih Data Usage
  • Klik ikon Pengaturan yang ada di pojok kanan atas
  • Pilih menu Data Plan
  • Pilih Peak Data Limit
  • Tulis batasan kuota harian maksimal yang ingin digunakan

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka apabila penggunaan internet harian telah mencapai batas limit, ponsel Xiaomi akan secara otomatis menonaktifkan fitur data seluler meskipun pada menu navigasi, ikon data seluler tetap diaktifkan.

7. Perbanyak Gunakan WiFi Daripada Data Seluler

Saya rasa ini juga tidak perlu dijelaskan lebih lanjut. Menggunakan WiFi bukan hanya dapat menghemat kuota internet kartu Axis, melainkan juga menghemat kuota internet kartu-kartu lainnya. Namun apabila di daerah kita tidak tersedia WiFi, 6 langkah di atas sudah cukup ampuh untuk menghemat kuota internet.

Kesimpulan

Itulah Cara Menghemat Kuota Axis. Moga bisa bantu bagi yang mencari cara hemat kuota Axis, cara menghemat kuota Axis di Xiaomi, Asus, Samsung, Lenovo, Oppo, Vivo, Realme, Redmi, Huawei, Honor, OnePlus, kartu Axis boros kuota, penyebab kuota Axis cepat habis dan sebagianya.

Baca :


Tinggalkan komentar