Cara Mengatasi Sinyal Xiaomi Lemah dan Lemot

Yukampus.com – Sinyal Xiaomi lemah. Masalah utama pengguna smartphone di Indonesia adalah sinyal yang lemah, termasuk bagi yang menggunakan ponsel Xiaomi. Tidak jarang pengguna Xiaomi mengeluh karena sinyal yang mereka dapati sedikit, naik turun sehingga tidak lancar untuk berinternetan.

Apa sih masalah utama dari lemahnya sinyal ponsel Xiaomi? Sebenarnya masalah utama ada pada lokasi tempat kamu di mana berada. Karena di Indonesia, belum semua daerah telah menjangkau jaringan 4G, terutama daerah-daerah yang dipenuhi pepohonan tinggi atau pegunungan.

Penyebab lain kenapa sinyal Xiaomi naik turun adalah disebabkan oleh provider apa yang kamu gunakan. Untuk saat ini, jangan harap sinyal Smartfren, Axis atau Three dapat lebih bagus dari Telkomsel atau XL di daerah-daerah tertentu. Selain itu, terdapat beberapa penyebab sinyal Xiaomi sedikit.

Penyebab Sinyal Xiaomi Lemah

Berikut adalah beberapa sebab yang menimbulkan sinyal Xiaomi lemah dan tidak stabil, diantaranya adalah:

  • Lokasi yang jauh dari pemancar, terhalang pegunungan atau di tengah hutan.
  • Masalah cuaca, besar kemungkinan kualitas sinyal menurun ketika langit mendung atau hujan turun.
  • Masalah komponen, apabila terdapat hardware yang rusak, bukan hanya sinyal menjadi lemah, melainkan dapat hilang total.
  • Masalah sistem, kerusakan pada sistem (terutama disebabkan aplikasi pihak ketiga yang tidak jelas sumbernya/bukan dari Google Play Store) dapat menyebabkan gangguan pada sinyal Hp Xiaomi.
  • Gangguan pada provider, ini sangat jarang, namun apabila terjadi gangguan pada provider maka cara apapun yang kita lakukan tidak akan mengubah sinyal Hp Xiaomi menjadi lebih kuat.

Cara Mengatasi Sinyal Xiaomi yang Lemah

Dari beberapa penyebab hilangnya atau lemahnya sinyal ponsel Xiaomi, berikut beberapa tips untuk mengatasi sinyal yang lemah atau memperkuat sinyal Hp Xiaomi.

1. Ganti Lokasi

Langkah pertama yang dapat kamu coba untuk memperkuat sinyal Xiaomi adalah dengan mengganti lokasi. Cobalah datang ke tempat di mana biasanya kamu mendapat sinyal penuh. Biasanya bila tidak ada kerusakan lain, sinyal Xiaomi akan kembali penuh apabila kita pindah lokasi.

2. Restart Hp Xiaomi

Saya juga kurang mengerti soal ini, namun berdasar pengalaman, saya pernah kehilangan sinyal (sampai tanda silang) selama beberapa jam, saya pun panik dan berniat untuk service Hp. Namun teman saya menyarankan untuk direstart terlebih dahulu dan berhasil, sinyal kembali datang dengan penuh.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Apabila sinyal tidak muncul meski telah menonaktifkan dan mengaktifkan kembali data seluler, cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat di Xiaomi. Tunggu beberapa saat (20-30 detik) kemudian nyalakan kembali, cara ini berhasil pada beberapa ponsel Xiaomi.

4. Ganti Prioritas Jaringan Menjadi 4G

Jika sinyal Hp kalian naik turun (tidak stabil), cobalah untuk mengatur jaringan menjadi 4G saja. Cara ini berlaku apabila di daerah kalian sudah menjangkau jaringan 4G yang stabil. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke menu panggilan dan tekan *#*#4636#*#*
  • Pilih SIM 1 atau SIM 2 yang kamu gunakan untuk internetan
  • Pilih LTE Only

Untuk lebih jelasnya, dilengkapi gambar, kamu bisa mengunjungi tautan berikut. Baca : Cara Atur Sinyal Xiaomi Redmi Hanya 4G Only

5. Ganti Prioritas Jaringan Menjadi 3G

Apabila jaringan sudah di atur ke prioritas 4G namun sinyal justru hilang, itu berarti di daerah kamu belum menjangkau jaringan 4G yang stabil. Cara untuk membuat sinyal Xiaomi kuat dan stabil serta tidak mudah hilang adalah mengatur prioritas jaringan menjadi hanya 3G atau H+. Berikut caranya.

  • Masuk ke menu panggilan dan tekan *#*#4636#*#*
  • Pilih SIM 1 atau SIM 2 yang kamu gunakan untuk internetan
  • Pilih WCDMA Only

Bacalah artikel berikut untuk melihat tutorial agar sinyal Xiomi lock 3G/H+ saja. Baca: Cara Agar Sinyal Xiaomi Redmi Hanya 3G/H+ Only.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatasi Sinyal Xiaomi Lemah. Artikel ini bisa diterapkan pada ponsel Xiaomi Redmi 4A, 4X, Redmi Note 4, Redmi Note 2, Redmi Note 3, Hm Note 1W, Pocophone. Mi A2, Mi 8 Lite, Redmi 5 Plus, Redmi 7, Redmi Note 6 Pro, Redmi S2 dan seluruh tipe Xiaomi lainnya.

Baca :


Tinggalkan komentar