Contoh Doa Pengakuan Dosa Kristen Katolik Protestan

Yukampus.com – Doa pengakuan dosa. Setiap manusia tentu pernah melakukan kesalahan. Tidak pernah tidak. Karena manusia tidak ada yang sempurna. Pertobatan atau pengakuan dosa adalah cara memohon ampun kepada Tuhan atas segala kesalahan yang kita perbuat. Yakinlah bahwa Tuhan akan mengampuni kita yang meminta maaf dengan sungguh-sungguh.

Namun dengan catatan, setelah melakukan pengampunan dan mengakui dosa yang kita perbuat, kita jangan pernah lagi mengulangi hal yang sama. Jadikan kesalahan yang kita perbuat sebagai pelajaran dan cukup diambil hikmahnya saja.

Doa pengakuan dosa ini dapat kita ucapkan dengan kalimat yang kita susun sendiri. Tidak terikat pada kalimat mutlak yang telah ditentukan seperti halnya Doa Bapa Kami. Tentu kalimat yang kita ucapkan haruslah dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

Baca : Kumpulan Lagu Rohani Tentang Pengakuan Dosa

Pada artikel ini saya akan memberi contoh teks doa pengampunan atau pertobatan dalam agama Kristen untuk meminta maaf kepada Tuhan atas dosa yang telah kita perbuat. Langsung saja, berikut adalah contoh teks doanya.

Doa Pengakuan Dosa Singkat

Bapa yang ada di Sorga. Pertama-tama kami mengucap syukur atas segala limpahan berkat yang Engkau berikan sehingga kami dapat berkumpul bersama untuk memuji dan memuliakan namaMu. Pada kesempatan ini kami juga mengucap syukur atas kesempatan hidup yang Engkau berikan.

Namun kadang dalam menjalani kehidupan, seringkali kami lalai dan memberontak dengan menyimpang dari jalanMu yang benar. Seringkali kami berbuat dosa dengan melakukan kesalahan yang menyakiti diri sendiri dan orang lain.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami dengan segala kerendahan hati mohon agar diampuni seluruh dosa yang pernah kami perbuat. Biarlah kami menjalani kehidupan selanjutnya dengan tanpa beban setelah diampuni dosanya olehMu, Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan memohon. Amin.

Doa Pengakuan Dosa Panjang

Tuhan yang penuh rahmat dan maha mengasihi. Pertama-tama kami mengucap syukur atas segala berkat dan penyertaan yang telah Engkau berikan kepada kami sehingga kami dapat berkumpul pada hari ini dengan keadaan sehat. Terima kasih karena telah melayakkan kami agar tetap layak di mataMu meski kami penuh dosa.

Bapa, kami sadar bahwa banyak perbuatan buruk yang telah kami perbuat. Baik yang disengaja atau tanpa sengaja. Baik kepada diri sendiri, orang lain ataupun kepadaMu. Baik dosa kecil ataupun dosa besar. Semua tidak lepas karena manusia adalah tempatnya salah dan dosa.

Bapa, kami sangat bersyukur Engkau selalu mau mendampingi serta menyertai kami dalam hidup meski kami banyak kesalahan. Engkau masih mau membimbing kami ke jalan yang lurus dengan menyadarkan kami untuk segera melakukan pertobatan. Engkau tidak pernah lupa terhadap kami yang telah menyimpang jauh dari jalan kebenaranMu.

Inilah kesempatan kami untuk mengakui dosa. Dengan segala kerendahan hati, kami mohon ampun atas segala dosa dan kesalahan yang pernah kami perbuat. Berkatilah kami agar tetap berada di jalanMu yang benar, agar tidak pernah kembali melakukan perbuatan dosa yang merugikan.

Kami yakin Engkau adalah Tuhan yang maha mengampuni. Tuhan, tolong kasihi kami yang telah berlumur dosa. Sekali lagi, dengan segala kerendahan hati, kami mohon agar diampuni segala kesalahan dan dosa yang pernah diperbuat. Dalam nama Tuhan Yesus kami memohon. Amin.

Kesimpulan

Itulah contoh Doa Pengakuan Dosa. Doa yang diucapkan ketika melakukan ibadah di gereja. Doa pertobatan, permohonan ampun, pengampunan atau doa pengakuan dosa singkat dan jelas, panjang, ibadah kolom, doa pengakuan dosa dan pemberitaan Firman Tuhan dan sebagainya.

Baca :


Tinggalkan komentar