Cara Setting DVR CCTV Agar Online via DDNS

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Cara setting dvr cctv agar online via DDNS. DVR (Digital Video Recorder) perangkat elektronik yang berfungsi untuk merekam video dan mengirimkannya ke DVD, flashdisk USB, kartu memori atau SSD untuk memutar rekaman gambar bergerak dengan format mp4 atau mkv.

    cara setting dvr cctv agar online via ddns

    DVR digunakan oleh CCTV sebagai pusat pengelola video rekamannya, baik untuk menyimpan, mengedit dan menghapus video CCTV dari DVR. Saat ini CCTV tidak hanya dapat digunakan pada perangkat komputer atau laptop saja, melainkan sudah bisa dijalankan pada Hp Android dan iOs. Silahkan baca tutorial Membuat CCTV di HP.

    Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa kita bisa menggunakan jaringan internet (publik) maupun Wi-Fi (lokal) seperti IndiHome tanpa memerlukan koneksi internet. Agar bisa melihat live streaming CCTV, maka kita perlu melakukan pengaturan DVR agar perangkat CCTV bisa online.

    Syarat Agar CCTV Bisa Online

    Sebelumnya kita perlu mengetahui syarat khusus agar sebuah CCTV bisa kita pantau melalui komputer atau smartphone. Di sini ada dua hal yang perlu diperhatikan.
    • Pertama, semua CCTV bisa online. Artinya bahwa IP (Internet Protocol) yang dimiliki oleh DVR bisa diakses secara publik maupun lokal. Untuk sekarang, seluruh model DVR telah didukung dengan port ethernet/LAN sehingga otomatis sudah bisa terkoneksi dengan jaringan internet.
    • Kedua, IP kamera CCTV bisa dipantau melalui internet. Artinya bahwa kamera yang digunakan oleh perangkat CCTV menggunakan TCP/IP dapat langsung diakses melalui jaringan internet tanpa bantuan DVR. Namun IP bisa juga dimasukkan ke DVR kemudian disetting agar bisa konek dengan jaringan internet.

    Selanjutnya ada dua metode membuat DVR bisa online, yakni menggunakan cloud access P2P (Peer to Peer) dan melalui DDNS (Dynamic Domain Name Server). Namun di sini kita hanya fokus membahas cara menggunakan metode DDNS saja karena lebih bebas dalam pengaturannya. Untuk tutorial selengkapnya silahkan baca di bawah ini.

    Setting DVR CCTV Online Melalui DDNS

    DDNS merupakan cara tradisional untuk mengatur DVR sebuah CCTV agar bisa online dan terpantau dari jarak jauh. Caranya sedikit lebih susah dibanding metode cloud access, namun karena hal inilah Anda bisa mengonfigurasi DVR sesuka hati sesuai kebutuhan.

    Kebanyakan IP dari provider internet adalah IP dynamic (IP yang bisa gonta-ganti secara otomatis), jika Anda ingin mengakses sebuah CCTV maka memerluka alamat IP. DDNS bekerja untuk mengingat IP public pada jaringan CCTV sehingga apabila host memerbaharui IP, Anda tidak perlu repot-repot mengatur ulang.

    Berikut adalah langkah-langkah untuk men-setting Digital Video Recorder menggunakan metode DDNS.

    1. Membuat Akun DDNS dan Mendaftar Host

    Pertama adalah registrasi akun DDNS, Anda boleh memilih yang premium atau gratis. Untuk akun DDNS gratis, kalian bisa mendaftarkannya melalui beberapa situs di bawah ini. Di sini kita hanya fokus untuk DDNS no-IP, bukan setting untuk router.

    Jika sudah mendaftar dan melakukan verifikasi email, langkah selanjutnya adalah membuat hostname dengan domain yang sudah disediakan oleh pihak penyedia free DDNS. Domain ini yang nantinya akan dijadikan alamat url dari DVR CCTV kita. Contohnya seperti gambar di bawah ini (menggunakan server dyn.com).

    hostname domain ddns

    silahkan isi hostname dengan nama cctv misal cctvyukampus. Kemudian isi domain contohnya ddns.net sehingga nanti alamatnya menjadi cctvyukampus.ddns.net.

    2. Setting DDNS Updater Pada DVR

    Settingan sebelumnya hanya berfungsi untuk memberitahu alamat IP public dynamic kepada server DDNS sehingga domain tidak 'nyasar' ke IP lain. Setelah itu, Anda perlu mengatur DVR agar bisa mengakses DDNS yang telah dibuat sebelumnya. Untuk DDNS no-IP silahkan ikuti langkah sesuai gambar.

    ddns updater no ip

    Isi server address dengan url tempat di mana Anda membuat hostname dan domain, contohnya bisa dilihat di gambar. Kemudian isi domain dengan cctvyukampus.ddns.net atau sesuai dengan domain yang telah dibuat pada server ddns. Lalu isi dns server secara default seperti gambar di bawah ini.

    dns server ddns

    Setelah itu refresh dan jika status od DDNS is normal, maka berhasil namun jika tidak (connect to sercer failed), coba ganti DNS pada Network -> Basic Setting -> TCP/IP menjadi 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.

    3. Setting Port Forwarding

    Selanjutnya mengatur pengaturan port pada DVR CCTV dengan pertama-tama mengetahui IP port DVR. Caranya adalah masuk ke Network -> Basic Setting -> Port. Silahkan lihat pada gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

    port dvr

    Lalu bagaimana jika punya lebih dari satu DVR? Anda cukup mengatur DST port karena sifatnya bebas asal port tersebut belum digunakan oleh IP public.

    4. Akses CCTV Online

    Terakhir adalah mengakses rekaman CCTV secara real time melalui perangkat Hp atau PC. Caranya adalah mendownload CMS yang disediakan oleh masing-masing vendor CCTV dan jika sudah terinstall, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
    • Masuk ke menu Device -> Manual Adding -> Register Mode pilih IP/Domain.
    • Masukkan Host Domain yang telah dibuat.
    • Masukkan Port yang telah dibuat pada DST Port/External Port.
    • Masukkan username dan password port DDNS.
    • Selesai.

    Kesimpulan

    Itulah langkah untuk setting dvr cctv via ddns. Semoga membantu bagi yang tengah mencari tutorial, panduan, pengaturan DVR CCTV supaya online dan terhubung dengan jaringan agar bisa dilihat rekamannya melalui hp atau PC via DDNS.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "Cara Setting DVR CCTV Agar Online via DDNS"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel