Iklan Kanan

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Bacaan doa buka puasa ramadhan. Setelah menahan lapar, haus, dan hal-hal yang membatalkan puasa selama sehari penuh dimulai sejak imsak hingga masuk waktu sholat maghrib, tiba saatnya untuk berbuka.

    lafadz bacaan doa berbuka puasa

    Sebagai umat Islam, kita disunnahkan untuk segera berbuka apabila adzan maghrib sudah berkumandang. Berbuka puasa dilakukan dengan makan atau minum yang manis-manis, jika ada kurma makanlah kurma sebanyak tiga biji. Jangan makan berlebihan, secukupnya saja.

    Namun sebelum berbuka kita harus membaca doa terlebih dahulu. Jika lupa membaca doa puasa, sama halnya dengan kita membatalkan puasa yang artinya puasa pada hari itu tidak sah dan kita harus menggantinya di hari lain dengan puasa qadha ramadhan.

    Bagi yang berbuka puasa sendiri, bacalah doa berbuka di dalam hati dengan menadahkan tangan ke depan dada untuk mengucap syukur atas berkat dan rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT serta kekuatan sehingga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

    Sebelum membaca doa berbuka puasa ada baiknya membaca basmallah terlebih dahulu karena itu merupakan awal dari segala doa. Meski hukumnya sunnah, namun apabila kita mengucapkannya, maka Allah SWT akan melimpahkan pahala yang sangat berlimpah.

    Disunnahkan untuk tidak makan berat terlebih dahulu setelah membatalkan puasa, cukup minum air putih atau teh hangat dan makan beberapa cemilan untuk mengganjal perut. Selanjutnya kita boleh meneruskan makan setelah menjalankan sholat maghrib.

    Baca : Doa Niat Puasa Ramadhan

    Setelah memakan beberapa cemilan, disunnahkan untuk mengucapkan lafadz doa setelah berbuka. Mungkin tidak banyak yang tahu soal doa setelah berbuka ini, namun doa berikut menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas berkat yang diberikan.

    doa buka puasa

    Doa Basmallah

    Pertama-tama, bacalah bismallah terlebih dahulu. Pasti kita sudah tahu bacaannya, namun meski begitu, berikut adalah bacaan doa basmallah dalam bahasa arab, latin beserta artinya.

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

    Bismillahirrahmaanirrahiim.

    Artinya:
    "Segala puji hanya bagi Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

    Doa Buka Puasa

    Setelah membaca doa bismillah, diteruskan dengan membaca lafadz doa berbuka untuk membatalkan puasa berikut ini. Doa buka puasa bahasa arab, latin beserta artinya.

    للّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

    Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

    Artinya:
    "Ya Allah karena-Mu, dengan-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, atas segala rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih."

    Doa Setelah Buka Puasa

    Lalu setelah membatalkan puasa dengan minum dan makan beberapa makanan ringan, bacalah doa berikut sebelum sholat maghrib untuk mengucap syukur kepada Allah SWT.

    ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

    Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

    Artinya:
    "Telah hilang dahaga (rasa haus), dan urat-urat telah basah serta pahala telah ditetapkan, insya Allah."

    Kesimpulan

    Itulah bacaan doa buka puasa yang baik dan benar sesuai sunnah. Semoga bagi yang sedang menjalankan puasa, dapat diberi kekuatan hingga hari raya idul fitri serta dapat memperoleh pahala sebanyak-banyaknya. Amin.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel