Iklan Kanan

Bacaan Doa Ziarah Kubur yang Singkat Lengkap Sesuai Sunnah

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Bacaan doa ziarah kubur yang singkat. Menjelang bulan ramadhan atau sehabis sholat idul fitri, umat muslim rutin melaksankan ziarah kubur ke makam kerabat, saudara, keluarga, kakek, nenek atau orangtua yang terlebih dahulu meninggalkan kita.

    doa ziarah kubur yang singkat

    Tujuan dari berziarah adalah mendoakan mereka yang sedang berada di alam kubur agar diampuni dosanya oleh Allah SWT dan diringankan dari siksa kubur yang pedih. Berbeda dengan doa melayat atau takziyah yang dibaca ketika jenazah masih berada di rumah duka dan belum dimakamkan.

    Hadits Berdoa Ketika Ziarah Kubur

    Dalam sebuah hadits diriwayatkan sebagai berikut:

    ويُستحب للزائر الإِكثار من قراءة القرآن والذكر، والدعاء لأهل تلك المقبرة وسائر الموتى والمسلمين أجمعين

    "Kepada para peziarah disunnahkan memperbanyak membaca Al-Qur'an, dzikir, dan doa untuk para ahli kubur, seluruh orang yang telah meninggal dunia, dan umat Islam secara keseluruhan."

    Dalam keterangan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa doa yang dapat dibaca ketika berziarah adalah seluruh ayat al-Quran, hal ini juga telah dibahas pada situs NU. Namun biasanya umat muslim membaca rangkaian surat berikut ketika berziarah.
    • Surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali
    • Surat Al-Falaq sebanyak 1 kali
    • Surat An-Naas sebanyak 1 kali
    • Surat Al-Fatihah sebanyak 1 kali
    • Awal surat Al-Baqarah sebanyak 1 kali
    • Ayat kursi
    • Bacaan dzikir seperti ketika membaca doa tahlil
    • Dan juga bisa ditambahkan dengan surat yasin

    Bacaan Doa Ziarah Kubur yang Singkat

    doa ziarah kubur

    Selain itu, ada bacaan doa yang dapat dibaca untuk ahli kubur, doa yang sama dengan ketika melaksanakan sholat jenazah. Berikut adalah bacaan doanya.

    اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

    Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa 'Aafihi Wa'fu 'ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi' Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa'i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A'idhu Min 'Adzaabil Qabri.

    Artinya:
    "Ya Allah, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

    Kesimpulan

    Itulah bacaan doa ziarah kubur pendek, singkat, lengkap untuk orangtua, nenek, kakek atau kerabat dan keluarga. Doa ketika berziarah ke makam dalam bahasa arab, latin beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "Bacaan Doa Ziarah Kubur yang Singkat Lengkap Sesuai Sunnah"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel