Bacaan Doa Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha (Arab, Latin, Terjemahan)

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Niat mandi idul fitri dan idul adha. Salah satu amalan yang dapat dikerjakan pada hari raya idul fitri dan idul adha adalah melaksanakan mandi sebelum sholat ied. Mandi untuk membersihkan diri pada hari raya dikerjakan sebelum berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat ied.

    bacaan doa niat mandi hari raya idul fitri dan idul adha

    Seperti yang kita ketahui bahwa mandi pada hari raya lebaran dan hari raya kurban merupakan salah satu mandi yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW selain mandi wajib. Tujuannya adalah untuk membersihkan seluruh anggota tubuh dari hadats kecil dan hadats besar.

    Hal ini bertujuan agar ketika melaksanakan sholat idul fitri dan idul adha, tubuh menjadi segar bugar dan ibadah pun dapat dikerjakan dengan khusyu'. Kesunahan mandi ini berlaku untuk semua kaum muslimin baik laki-laki maupun perempuan.

    Selain mandi pada hari raya, umat muslim yang akan mengerjakan sholat ied juga disunnahkan untuk memakai wangi-wangian, memotong rambut dan kuku, serta menghilangkan bau tidak sedap yang juga merupakan keutamaan orang sholat berjamaah di masjid.

    Bacaan Doa Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri

    niat mandi idul fitri

    Berikut adalah teks lafadz bacaan doa niat mandi pada hari raya idul fitri atau hari raya lebaran pada tanggal 1 Syawal sebelum pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat ied dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesia.

    نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

    Nawaitul ghusla liyaumi 'iidil fithri sunnatan lillaati ta'aala

    Artinya:
    "Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri sunnah karena Allah Taala."

    Bacaan Doa Niat Mandi Hari Raya Idul Adha

    niat mandi idul adha

    Berikut adalah bacaan doa niat mandi sunnah pada hari raya kurban atau idul adha sebagai salah satu sunnah yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW untuk menyucikan diri dalam bahasa arab, latin beserta artinya.

    نَوَي'تُ الغُسلَ لِيَومِ عِي'دِ الاَض'حَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

    Nawaitul ghusla liyaumi 'iidil adhaa sunnatan lillaati ta'aala

    Artinya:
    "Aku berniat mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta'ala."

    Ada riwayat tentang sunnah untuk menyucikan diri pada hari raya idul fitri seperti melakukan mandi sunnah, memakai wangi-wangian dan membersihkan seluruh anggota tubuh. Dalam kitab Al-Majmu' Syarhul Muhaddzab, terdapat petikan kalimat berikut:

    "Disunnahkan pada hari raya Id membersihkan anggota badan dengan memotong rambut, memotong kuku, menghilangkan bau badan yang tidak enak, karena amalan tersebut sebagaimana dilaksanakan pada hari Jum’at, dan disunnahkan juga memakai wangi-wangian."

    Kesimpulan

    Itulah teks bacaan lafadz niat mandi hari raya sebelum berangkat sholat idul fitri atau idul adha untuk menyucikan diri sebagai salah satu mandi yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW untuk dikerjakan dan bernilai pahala yang melimpah.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "Bacaan Doa Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha (Arab, Latin, Terjemahan)"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel