Iklan Kanan

Bacaan Doa Niat Puasa Awal Bulan Rajab Hari Pertama dan Artinya

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Bacaan doa niat puasa awal bulan rajab. Bulan rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender hijriyah. Bulan ini merupakan bulan yang sangat mulia di mata Allah SWT selain bulan ramadhan karena merupakan waktu terjadinya peristiwa-peristiwa besar agama Islam.

    bacaan doa niat puasa awal bulan rajab

    Salah satu peristiwa masa lalu yang terjadi pada bulan rajab adalah diturunkannnya wahyu kepana Nabi Muhammad SAW yang isinya merupakan perintah untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu tepatnya pada tanggal 27 rajab kalender hijriiyah atau komariah.

    Selain itu, pada bulan ini Rasulullah SAW diangkat ke surga oleh Allah SWT yang peristiwa tersebut kita kenal dengan nama isra mi'raj. Baginda Nabi dibawa ke langit ke tujuh hanya dalam satu malam menggunakan buraq, sejenis tunggangan yang kecepatannya melebihi kecepatan cahaya.

    Oleh karena itulah bulan ini merupakan bulan yang penuh rahmat dan sangat dimuliakan. Maka dari itu, tidak ada salahnya sebagai umat Islam kita memperbanyak amalan dan ibadah pada bulan rajab ini. Salah satunya dengan cara berpuasa.

    Dalil Puasa Rajab

    Sebagaimana dalil atau hadits yang diriwayatkan oleh At-Thabrani mengenai keutamaan puasa bulan rajab berikut ini.

    "Barang siapa berpuasa pada bulan rajab sehari maka ia laksana berpuasa selama sebulan, bila puasa 7 hari ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahannam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka Allah SWT mengabulkan semua permintaannya."

    Dari kutipan hadits di atas kita dapat mengetahui bahwa berpuasa pada bulan rajab memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan. Maka tidak ada salahnya jika kita menyempatkan berpuasa pada bulan rajab dengan niat untuk beribadah kepada Allah SWT.

    Berpuasa pada bulan rajab dapat dilaksanakan mulai tanggal 1 rajab, kemudian hari kedua, ketiga dan seterusnya, sebagaimana hadits berpuasa bulan rajab maka kita dapat melaksanakan puasa selama sampai tanggal 10 rajab secara berturut-turut.

    Untuk puasa bulan rajab tata caranya sama seperti melaksanakan puasa sunnah pada umumnya, yakni berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Ketika sedang berpuasa di siang hari maka kita harus menahan diri dari lapar, haus dan hal-hal yang membatalkan puasa.

    Niat Puasa Rajab

    niat puasa rajab

    Niat puasa bulan rajab dapat dibaca kapan saja mulai setelah selesai sholat isya sampai sebelum fajar terbit atau masuk waktu imsak. Tidak ada waktu terbaik atau buruk untuk mengucapkan lafadz niat puasa rajab karena semua waktu adalah baik.

    Jadi, kita bisa mengucapkan doa niat berpuasa rajab pada setelah selesai sholat isya, sebelum tidur atau ketika bangun sahur namun sebaiknya mengucapkannya setelah sholat isya atau sebelum tidur karena ditakutkan kita tidak bangun saat sahur.

    Teks niat puasa bulan rajab harus diucapkan dengan sungguh-sungguh dan niat dari dalam hati karena merupakan penentu apakah puasa rajab yang kita kerjakan sah atau tidak. Berikut adalah bacaan niat puasa bulan rajab bahasa arab, latin dan terjemahannya.

    نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

    Nawaitu shauma haadzal yaumi 'an adaa'i sunnati Rajaba lillaahi ta'aalaa.

    Artinya: 
    "Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT."

    Kesimpulan

    Bacaan doa niat puasa rajab adalah yang menentukan apakah kita bisa menerima pahala melalui ibadah ini atau tidak. Karena jika tidak diucapkan dengan sungguh-sungguh, bisa saja puasa bulan rajab kita menjadi tidak sah.

    Oleh karena itu, maka sebaiknya mantapkan hati dulu untuk berpuasa pada bulan rajab, untuk niat puasa bulan rajab hari ke 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan niat puasa rajab hari ke 10 atau terkahir yang mempunyai keutamaan sangat luar biasa.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "Bacaan Doa Niat Puasa Awal Bulan Rajab Hari Pertama dan Artinya"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel