Bacaan Doa Niat Puasa Syawal (Arab, Latin, Terjemahan)

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Bacaan doa niat puasa syawal. Pada hari raya idul fitri, kita dilarang untuk mengerjakan ibadah puasa, namun setelah itu, pada tanggal 2 idul fitri selama 6 hari terdapat ibadah puasa yang sangat istimewa, yakni puasa sunnah bulan syawal.

    lafadz bacaan doa niat puasa syawal

    Puasa sunnah ini dikerjakan sehari setelah melaksanakan sholat idul fitri. Bagi siapa saja yang mengerjakannya, maka pahalanya sama dengan pahala orang yang berpuasa selama setahun penuh. Allah SWT akan melimpahkan banyak sekali pahala untuk kita.

    Maka banyak yang berbondong-bondong untuk mengamalkan dan menjalankan ibadah puasa sunnah yang satu ini. Kemudian pertanyaan yang sering muncul adalah apakah kita harus mengerjakan puasa qadha ramadhan terlebih dahulu atau boleh mengabaikannya?

    Karena untuk wanita, ada hari-hari di mana mereka dilarang untuk berpuasa, yakni saat sedang haid dan nifas. Oleh karena itu pertanyaan soal mana yang harus didahulukan antara puasa pengganti ramadhan yang wajib atau puasa syawal yang sunnah?

    Dalam hal ini ada dua perbedaan pendapat. Ada ulama yang menyebut boleh mengerjakan puasa syawal dan mengutamakannya karena waktu pelaksanaannya yang terbatas, sedangkan ada juga pendapat yang menyebut tidak boleh mengerjakan puasa syawal karena harus mengutamakan yang wajib dulu.

    Semoga ini tidak menjadi perdebatan di antara kita. Kerjakanlah sesuai keyakinan masing-masing karena Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang senantiasa mengerjakan ibadah dan menginginkan pahala serta ridho-Nya.

    Waktu Membaca Niat Puasa Syawal

    Waktu pembacaan niat puasa syawal dimulai setelah sholat isya hingga sebelum imsak. Tidak ada ketentuan mana waktu terbaik untuk membaca niat karena semua waktu adalah yang terbaik. Berikut adalah beberapa waktu untuk membaca niat berpuasa di bulan Syawal.
    • Setelah sholat isya.
    • Sebelum tidur.
    • Ketika bangun sahur.
    • Sesaat sebelum masuk waktu imsak.

    Jangan sampai terlewat membaca doa niat sampai masuk waktu sholat subuh. Karena jika membacanya pada waktu tersebut, maka sama saja kita tidak melafadzkan niat puasa dan ibadah yang kita kerjakan tidak bernilai pahala.

    Bacaan Doa Niat Puasa Syawal

    niat puasa syawal

    Berikut adalah lafadz dan bacaan doa untuk niat puasa syawal dalam bahasa arab, latin dan terjemahann indonesia.

    نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ سِتَّةٍ مِنْ شَوَّالٍ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

    Nawaitu shouma ghodin ‘an sittatin min syawwaalinn sunnatan lillaahi ta’aalaa.

    Artinya:
    Aku berniat puasa besok dari enam hari Syawal, sunnah karena Allah Ta'ala.

    Karena ibadah puasa ini bukan merupakan puasa wajib, maka pembacaannya dilakukan sendiri-sendiri tidak seperti ketika membaca niat puasa ramadhan bersama-sama setelah sholat tarawih dan witir di masjid atau mushola.

    Tata Cara Mengerjakan Puasa Syawal

    Puasa syawal dikerjakan sama seperti puasa-puasa pada umumya. Berikut adalah tata cara mengerjakan puasa syawal pada tanggal 2 sampai 8 Syawal setelah hari raya idul fitri.

    1. Membaca Niat

    Pertama-tama, membaca niat puasa syawal terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan yang telah disebutkan sebelumnya, yakni setelah sholat isya, sebelum tidur atau sebelum imsak ketika sahur.

    2. Sahur

    Bangunlah pada dinihari untuk mengerjakan sahur. Karena salah satu syarat berpuasa adalah melaksanakan makan sahur maka jika tidak mengerjakannya dengan sengaja, ibadah puasa kita tidak sah kecuali kalau benar-benar lupa atau ketiduran.

    3. Menahan Diri Dari Hal yang Membatalkan Puasa

    Setelah itu, kita berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari dengan cara menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum, menggunjig orang lain, berkata kasar, berbuat tidak baik, melihat-lihat yang tidak semestinya dan sebagainya.

    4. Berbuka Puasa

    Pada saat masuk waktu sholat maghrib, saatnya membatalkan puasa dengan membaca doa buka puasa syawal. Berbukalah dengan yang manis-manis seperti teh manis hangat dan kurma. Jangan berlebihan karena Allah SWT tidak suka orang yang tamak dan rakus.

    Kesimpulan

    Itulah niat puasa syawal, tata cara, waktu, manfaat dan keutamaannya. Ibadah puasa sunnah yang dikerjakan pada bulan syawal setelah lebaran sebagai amalan yang luar biasa karena jika mengerjakannya secara penuh, sama saja dengan kita berpuasa selama setahun.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "Bacaan Doa Niat Puasa Syawal (Arab, Latin, Terjemahan)"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel