Iklan Kanan

Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Niat dan tata cara sholat tahajud. Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang paling istimewa dan memiliki banyak kebaikan. Bagi umat muslim yang mengerjakan sholat ini dan berdoa, maka insya Allah doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

    niat dan tata cara sholat tahajud

    Sholat tahajud juga disebut sebagai sholat malam karena dikerjakan pada waktu malam hari. Waktu terbaik untuk mengerjakan sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir yakni mulai pukul 01.00 dinihari hingga masuk waktu sholat subuh.

    Bagi yang tidak bisa mengerjakannya pada waktu tersebut, kalian juga boleh mengerjakan sholat tahajud pada sepertiga malam pertama dimulai setelah sholat isya hingga pukul 10 malam dan pada sepertiga malam kedua yang dimulai dari jam 10 sampai jam 1 dinihari.

    Bacaan atau lafadz niat sholat tahajud hampir sama dengan mengerjakan sholat sunnah pada umumnya hanya bedanya pada penamaan sholat yang diucapkan pada saat membaca niat. Selain itu, tidak ada perbedaan pembacaan doa termasuk doa iftitah dan seterusnya.

    Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud atau Sholat Malam

    niat sholat tahajud

    Berikut adalah teks atau lafadz bacaan doa niat sholat tahajud atau sholat malam dalam bahasa arab, latin beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

    اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

    "Ushallii sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla."

    Artinya:
    "Aku niat sholat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

    Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud

    Shola tahajud sebaiknya dikerjakan pada waktu sepertiga malam terakhir karena pada saat itu, sebagian besar orang telah tidur dan kita dapat menjalankan ibadah dengan khusyu, termasuk ketika berdoa untuk memohon sesuatu kepada Allah SWT.

    Sholat tahajud dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan jumlah tak terbatas. Namun bila ingin mengikuti cara Rasulullah SAW, kerjakanlah sholat tahajud sebanyak 4 rakaat dengan rincian masing-masing 2 rakaat dan diakhiri dengan sholat witir sebanyak 3 rakaat.

    Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rincian tata cara mengerjakan sholat tahajud sesuai sunnah seperti mengerjakan sholat sunnah pada umumnya.
    • Pertama, membaca niat sholat tahajud.
    • Kedua, membaca doa iftitah.
    • Selanjutnya membaca surat al-fatihah dan satu surat dalam al-quran.
    • Ruku'.
    • 'Itidal.
    • Sujud dua kali.
    • Bangun untuk mengerjakan rakaat kedua.
    • Salam.

    Kesimpulan

    Itulah bacaan doa niat sholat tahajud beserta tata caranya. Barang siapa yang mengerjakan sholat tahajud, insya Allah doanya akan dijabahkan oleh Allah SWT. Maka dari itu, perbanyaklah melaksanakan sholat tahajud, terutama pada sepertiga malam terakhir.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel