Iklan Kanan

7 Tips Jualan Online di Instagram Dari Orang Sukses

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Tips jualan online di instagram agar sukses. Berbeda dengan facebook, Instagram merupakan media sosial yang lebih menonjolkan foto dan video kualitas tinggi. Maka dari itu, bila ingin berjualan di Instagram maka perlu memotret gambar produk yang menarik.

    tips jualan online di instagram

    Anda sudah memasang iklan produk yang menarik dengan foto gambar resolusi tinggi serta keterangan yang lengkap namun jualan di Instagram masih sepi? Bisa jadi Anda melupakan beberapa hal berikut ini.

    Memang sih, foto dan keterangan merupakan senjata paling jitu agar bisa banjir orderan di Instagram, namun Anda juga tidak boleh melupakan tips-tips pendukung yang membuat iklan yang kita tawarkan dibanjiri orderan.

    Baca : Cara Jualan Online di Facebook Dengan Sukses

    Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan? Berikut adalah 7 tips untuk berjualan di Instagram agar cepat laku bagi pemula yang diambil dari berbagai sumber. Silahkan disimak.

    1. Buat dan Lengkapi Akun Olshop Instagram

    Pertama-tama adalah kita perlu membuat akun khusus online shop untuk Instagram serta melengkapi identitas. Perlu diketahui bahwa teks yang dapat kita masukkan ke bio Instagram jumlahnya sangat terbatas jadi harus hati-hati menuliskannya.

    Cukup tuliskan nama toko, produk apa yang dijual, barang baru/bekas, alamat toko serta nomor hp yang bisa dihubungi, kalau bisa nomor WhatsApp. Selain bio kita juga dapat melengkapi alamat email, website, foto profil instagram dan yang lainnya.

    Usahakan ganti akun instagram menjadi akun bisnis agar kita dapat memantau siapa saja yang sering melihat akun instagram kita, apakah target pasar kita sudah sesuai dengan followers atau belum. Jika belum maka kita perlu melakukan promosi kepada target pembeli.

    2. Cari Followers yang Banyak

    Menambah followers Instagram gampang-gampang susah. Bila brand produk Anda belum memiliki nama yang familiar di telinga masyarakat, maka akan susah mencapai setidaknya 1000 followers. Untuk itu, lakukanlah promosi rutin dengan cara berkomentar ke akun Instagram yang memiliki jumlah followers lebih banyak.

    Atau jika ingin Instan maka bisa membeli akun Instagram yang followersnya sudah puluhan bahkan ratusan ribu. Memang kebanyakan followers akun-akun yang dijual adalah pasif namun itu cukup membantu agar nama brand kita dinilai baik di mata pengguna Instagram.

    3. Buat Konten Iklan yang Menarik

    Setelah membuat akun khusus olshop Instagram dan memiliki cukup followers tertarget (misalnya jualan kerudung maka harus lebih banyak followers perempuan, atau jika jualan produk gaming maka perbanyak followers pemain game online), selanjutnya tinggal buat konten iklan yang menarik.

    Baca : 5 Contoh Iklan Facebook Ads yang Menarik

    Pada pembahasan tersebut kami menjelaskan beberapa poin terkait jenis iklan dan contoh iklan untuk Facebook ads yang menarik di mata pengguna. Contoh tersebut dapat digunakan sebagai referensi untuk membuat iklan Instagram yang digemari pengguna.

    Karena pada dasarnya baik beriklan di Instagram maupun Facebook adalah menawarkan konten iklan yang menarik, bagus dan tidak membosankan. Jadi, silahkan baca-baca artikel di atas sebagai acuan membuat desain iklan promosi barang jualan di Instagram.

    4. Gunakan Hastag Sebagai Solusi SEO

    Salah satu yang sering dilupakan penjual barang di Instagram yang menyebabkan sepi orderan adalah penggunaan hastag contohnya #jualbajumurah, #jualbajujakarta, #jualmousegaming dan sebagainya. Mengapa kita perlu menggunakan hastag?

    Karena Instagram memiliki fitur pencarian berdasarkan kalimat terkait. Jika orang mengeklik sebuah hastag, maka Instagram akan menampilkan seluruh konten atau postingan yang di dalam keterangannya tercantum hastag tersebut.

    Semakin banyak hastag maka semakin baik untuk SEO (Search Engine Optimization) di Instagram. Namun perlu diketahui bahwa untuk saat ini Instagram membatasi 5 hastag pertama sebagai referensi keterkaitan postingan yang bisa ditemui di kolom pencarian Instagram.

    5. Pajang Foto Testimoni dan Paket Pengiriman

    Ketika sudah banyak orang yang mengunjungi akun Instagram kita tapi kok masih sedikit yang menghubungi atau memesan produk? Salah satu penyebabnya adalah karena kepercayaan pelanggan. Sekarang banyak orang tidak mau ambil risiko karena takut ditipu oleh penjual.

    Bagaimana cara mengatasi solusinya? Yang pertama adalah dengan memajang foto testimoni dari pelanggan ketika transaksi pembelian. Boleh foto screenshoot dari WhatsApp ketika pelanggan menerima barang yang dikirim.

    Selain itu, kita juga dapat memotret foto barang sebelum dikirim oleh kurir. Hal itu juga dapat membuat calon pembeli yakin bahwa kita benar-benar akun trusted seller. Namun jangan terlalu sering memposting hal beginian karena yang penting adalah kualitas konten iklan dan keterangan.

    6. Respon Pertanyaan Dari Pelanggan

    Saat orang hendak membeli barang dari Instagram biasanya mereka akan bertanya-tanya terlebih dulu terkait detail dari barang yang kita jual. Untuk itu, lebih seringlah aktif di akun toko online shop untuk menjawab setiap pertanyaan pelanggan.

    Jangan sampai membuat pelanggan kesal karena chatnya tidak kunjung dibalas sehingga dia beralih ke pembeli lain yang lebih responsif. Selain itu, jawablah juga pertanyaan dari setiap orang dengan jawaban yang sopan, jangan membuat pelanggan tersinggung.

    7. Beriklan Melalui Instagram Ads

    Terakhir bagi yang memiliki modal lebih bisa mencoba instagram ads, fiturnya sama seperti Facebook Ads yakni mengiklankan produk kita kepada seluruh pengguna Instagram di satu lokasi (misal mengiklankan di Indonesia maka iklan kita akan muncul pada beranda Instagram pengguna yang berasal dari Indonesia).

    Ada dua posisi yang ditawarkan oleh Instagram ads, yakni pada Instastory dan juga pada halaman postingan di beranda. Biasanya, jika beriklan dengan teknik ini maka akan muncul tulisan sponsored di pojok kanan atas foto Instagram.

    Kesimpulan

    Itulah dia beberapa tips jualan online di instagram, aplikasi untuk jualan di instagram, kisah sukses, cara banjir orderan, cara membuat akun olshop instagram, akun bisnis, baju, hastag, pengalaman jualan di ig, tools aplikasi optimasi instagram, cara meningkatkan penjualan di instagram, cara mengiklankan produk di instagram.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "7 Tips Jualan Online di Instagram Dari Orang Sukses"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel