5 Contoh Iklan Bahasa Jawa Lengkap Dengan Gambar

Yukampus.com – Contoh iklan bahasa jawa lengkap dengan gambar. Jawa merupakan salah satu dari lima pulau terbesar di Indonesia. Jawa juga menjadi tempat sentris di mana di pulau ini terdapat ibukota negara, yakni DKI Jakarta.

Meskipun ibukota akan berpindah ke Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur, namun perkembangan ekonomi di pulau Jawa tidak akan berhenti. Justru akan semakin berkembang tidak hanya di Jakarta, melainkan juga di kota-kota lain seperti Surabaya, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

Hal inilah yang membuat bahasa Jawa menjadi sangat terkenal. Bahkan banyak orang luar Jawa yang fasih mengucapkannya. Sebagian karena mereka mengenyam pendidikan di pulau Jawa, sebagian lagi merupakan perantau yang berasal dari Jawa.

Iklan dengan menggunakan bahasa Jawa tidak hanya dipahami oleh orang-orang Jawa saja, melainkan seluruh lapisan masyarakat pun telah banyak yang bsia mengartikan gaya bicara orang Jawa.

Selain itu, banyak perusahaan komersil membuat iklan berlogat Jawa supaya mereka lebih dekat dengan orang-orang yang merupakan mayoritas di Indonesia. Sebagai salah satu upaya meningkatkan omset penjualan perusahaan.

Di internet telah banyak tersebar materi iklan bahasa Jawa baik yang tertulis maupun tersirat melalui ucapan dengan logat ngapak. Contoh iklan bahasa Jawa sangat banyak mulai dari bidang pendidikan, minuman, makanan, pemberitahuan atau media cetak.

Kita juga sering mendengar iklan radio bahasa Jawa apabila melakukan mudik lebaran pada hari raya idul fitri maupun idul Adha ketika berada di wilayah Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Karena siaran radio yang tertangkap kebanyakan merupakan radio bahasa Jawa.

Contoh Iklan Bahasa Jawa

Berikut adalah beberapa contoh kata-kata, kalimat, caption, tulisan iklan bahasa Jawa lengkap dengan gambar dan desain. Silahkan pahami struktur iklan bahasa Jawa berikut ini yang sebenarnya tidak jauh dengan iklan layanan masyarakat atau iklan niaga dan non niaga yang diubah bahasanya menjadi Jawa.

1. Iklan Bahasa Jawa Minuman

iklan pepsi bahasa jawa

Pepsi adalah produk minuman bersoda asal Amerika Serikat. Sama seperti coca cola, fanta atau sprit, Pepsi juga telah dipasarkan di seluruh Indonesia, apalagi pulau Jawa. Penyebarannya sudah sangat luas, bahkan telah ada iklan berbahasa Jawanya.

Teks iklan : Segerke duniamu lan uripmu ngombe Pepsi!
Artinya : Segarkan dunia dan hidupmu dengan minum Pepsi!

2. Iklan Bahasa Jawa Makanan

iklan mie sedaap bahasa jawa

Mie sedaap adalah salah satu produk mie instan buatan lokal yang sangat terkenal, terutama di kalangan mahasiswa kos-kosan. Mie sedap adalah saingan dari indomie dan sarimie. Untuk memikat hati masyarakat, Mie sedaap meluncurkan iklan berbahasa Jawa.

Teks iklan : Mie sedaap instan, enak rasane, soal rasa ilat rak iso ngapusi…
Artinya : Mie sedaap instan, enak rasanya, soal rasa lidah tidak bisa berbohong…

3. Iklan Bahasa Jawa Sabun dan Shampo

iklan pantene bahasa jawa

Salah satu merk shampo paling terkenal adalah pantene. Sama seperti lifebouy, treseme, nuvo, lux, lifebouy dan produk-produk sabun serta shampo mandi lainnya. Kali ini pantene membuat iklan bahasa Jawa yang menarik.

Teks iklan : Rambut pantene, rambut resik lan wangi.
Artinya : Rambut pantene, rambut bersih dan wangi.

4. Iklan Bahasa Jawa Obat-obatan

iklan antangin bahasa jawa

Antangin bintang toedjoe merupakan salah satu obat penghilang masuk angin yang sangat terkenal sejak zaman dahulu. Antangin dan tolak angin telah bersaing lama dan salah satu antangin mereka mendapatkan hati masyarakat adalah membuat iklan slogan bahasa Jawa.

Teks iklan : Antangin bintang toedjoe, bejo teko, angin lungo!
Artinya : Antangin bintang toedjoe, bahagia datang, angin hilang!

5. Iklan Kartu Bahasa Jawa

iklan xl bahasa jawa

XL, salah satu provider kartu SIM terbesar di Indonesia setelah Telkomsel, merupakan saingan berat IM3, Axis, Indosat, Three dan Smartfreen. XL membuat iklan memakai bahasa Jawa yang unik dan lucu sehingga membuat kita selalu ingat.

Teks iklan : Rego paling murah, sinyal apik lan lancar, nyambung teruuusss…!
Artinya : Harga paling murah, sinyal bagus dan lancar, nyambung teruuusss…!

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh iklan menggunakan bahasa Jawa. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi kalian yang ingin mencoba membuat desain gambar dan kata-kata iklan promosi dengan bahasa Jawa.

Baca :


Tinggalkan komentar