Iklan Kanan

8 Contoh Iklan Niaga dan Non Niaga Beserta Gambar

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Contoh iklan niaga dan non niaga dan gambarnya. Iklan merupakan media promosi yang berfungsi untuk mengenalkan sebuah produk atau memberitahu informasi kepada pembaca, yakni masyarakat luas.

    contoh iklan niaga dan iklan non niaga

    Pada zaman dahulu, iklan banyak ditemui di pinggir jalan mulai dari berbentuk banner, flyer maupun di media cetak seperti iklan di koran, majalah, surat kabar. Iklan-iklan tersebut biasanya hanya ditujukan kepada orang-orang tertentu seperti khusus di suatu daerah atau pelanggan media cetak.

    Seiring perkembangan zaman, dunia periklanan mulai merambah ke digital. Diawali dari munculnya radio yang berfungsi untuk menginformasikan sesuatu, kemudian televisi yang dijadikan media elektronik untuk mempromosikan produk.

    Dengan munculnya internet, saat ini orang-orang juga banyak yang memasang iklan di website maupun media sosial seperti facebook ads, google ads, iklan di instagram, iklan di twitter dan lain sebagainya.

    Perbedaan Iklan Niaga dan Non Niaga

    Berdasar sifatnya, iklan terbagi menjadi dua, yakni iklan niaga dan non niaga. Niaga sendiri dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti kegiatan jual beli, memperoleh untung, memasarkan barang, menjual, atau menyewakan.

    Lalu, apa perbedaan iklan niaga dan non niaga? Pasti di sini banyak yang bertanya. Nah sebelum masuk ke contoh iklan niaga maupun non niaga, terlebih dahulu kita harus mengetahui perbedaan jenis keduanya.

    1. Pengertian Iklan Niaga

    Iklan niaga berarti iklan yang bertujuan untuk menwarkan produk, baik barang maupun jasa, baik yang diperjualbelikan atau disewakan. Iklan jenis ini ditujukan untuk memperoleh untung dari pendapatan hasil penjualan.

    Contoh dari iklan niaga antara lain iklan jual beli rumah, apartemen, mobil, motor, iklan penawaran jasa pijit, cuci motor, print desain undangan pernikahan, lowongan pekerjaan, dan masih banyak lagi contoh iklan penawaran lainnya.

    2. Pengertian Iklan Non Niaga

    Sedangkan iklan non niaga berarti iklan yang tidak ditujukan untuk menjual atau menyewakan barang, tidak untuk bertransaksi, melainkan hanya sekedar untuk memberi informasi kepada pembacanya.

    Iklan non niaga disebut juga dengan iklan layanan masyarakat. Fungsinya adalah untuk memengaruhi masyarakat, mengajak untuk berbuat atau menghindari sesuatu. Sebelumnya kita sudah menulis beberapa contoh iklan layanan masyarakat yang dapat Anda baca.

    Contoh Iklan Niaga Beserta Gambar

    Untuk membuat iklan niaga, pertama-tama kita harus membuat desain gambar yang bagus, kemudian menentukan tulisan kata-kata atau kalimat yang ingin dicantumkan pada gambar maupun kolom caption. Berikut beberapa contoh gambar desain iklan niaga.

    1. Iklan Niaga Produk Sabun

    Berikut adalah contoh iklan yang menawarkan produk sabun mandi. Bisa dilihat pada contoh bahwa iklan ini menjelaskan keunggulan produk yang mereka buat dibanding produk-produk sabun mandi lainnya.

    iklan niaga produk sabun

    2. Iklan Niaga Produk Smartphone

    Selanjutnya adalah iklan hp atau ponsel. Iklan ini menawarkan desain gambar yang elegan dan keren, namun tetap sederhana serta menarik. Karena target pasar iklan niaga ini adalah anak muda, maka pembuatan desain yang mewah ini adalah hal yang tepat.

    iklan niaga handphone

    3. Iklan Niaga Promosi Makanan

    Yang ketiga adalah iklan promosi makanan. Promosi dilakukan dengan menawarkan diskon, potongan harga, cashback, bonus atau garansi uang kembali pada event-event tertentu seperti peringatan hari nasional maupun libur sekolah.

    iklan niaga promosi makanan

    4. Iklan Niaga Makanan

    Yang terakhir adalah iklan niaga untuk menjual makanan. Sebenarnya iklan ini tidak jauh berbeda dengna iklan sebelumnya karena iklan yang ditawarkan sama-sama menginformasikan tentang diskon.

    iklan niaga makanan

    Contoh Iklan Non Niaga Beserta Gambar

    Dalam pembuatan iklan non niaga, yang paling penting bukanlah gambar, melainkan pesan yang terkandung di dalamnya. Kita harus memikirkan bagaimana caranya supaya tulisan yang dibaca dapat memengaruhi orang lain untuk berpartisipasi. Berikut adalah beberapa contoh iklan non niaga dengan gambarnya.

    1. Iklan Non Niaga Bahaya Narkoba

    Narkoba merupakan salah satu penyebab meningkatnya angka kematian di Indonesia, bahkan di dunia. Oleh karena itu, banyak organisasi dan lembaga yang menciptakan iklan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat supaya waspada dan menghindari narkoba.

    iklan non niaga bahaya narkoba

    2. Iklan Non Niaga Bahaya Merokok

    Rokok mengandung nikotin yang jelas-jelas membahayakan paru-paru dan jantung, terutama bagi ibu hamil yang apabila merokok tidak hanya membahayakan dirinya sendiri, melainkan janin yang terdapat di dalam kandungannya.

    iklan non niaga bahaya merokok

    3. Iklan Non Niaga Hemat Listrik

    Saat ini listrik di Indonesia paling besar diciptakan oleh energi batubara. Bahan bakar tersebut semakin lama semakin berkurang, terlebih lagi biaya operasional untuk membuatnya juga mahal. Maka dari itu, pemerintah gencar membuat iklan untuk menarik simpati masyarakat supaya menghemat energi.

    iklan non niaga hemat listrik

    4. Iklan Non Niaga Mencuci Tangan

    Kesadaran akan kebersihan di masyarakat Indonesia sangatlah rendah. Banyak orang yang lupa atau dengan sengaja tidak mencuci tangan ketika makan. Oleh karena itu Kementrian Kesehatan dan beberapa perusahaan sabun cuci tangan gencar mengiklankan hal ini.

    iklan non niaga mencuci tangan

    Kesimpulan

    Itulah beberapa contoh iklan niaga dan non niaga lengkap dengan gambarnya, pengertian, penjelasan, serta perbedaannya. Iklan penawaran, pemberitahuan, pengumuman, baris, iklan komersial, perusahaan, bahasa jawa, sunda, iklan dukacita, jasa komersial dan perbekalan dan masih banyak lagi.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "8 Contoh Iklan Niaga dan Non Niaga Beserta Gambar"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel