Iklan Kanan

Kumpulan Doa atau Mantra Sehari-hari Agama Buddha

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Doa atau mantra sehari-hari agama buddha. Salam, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi beberapa doa atau mantra yang kerap dijadikan ucapan dalam ritual agama Buddha maupun untuk kehidupan sehari-hari.

    doa sehari hari agama buddha

    Seperti yang kita tahu bahwa Buddha merupakan salah satu dari enam agama yang diakui di Indonesia, bahkan agama yang dibawa oleh Sidharta Gautama ini menjadi agama yang paling tua di dunia jauh sebelum hindu, kristen dan islam.

    Dalam kehidupan sehari-hari, sangat banyak doa atau mantra yang diucapkan oleh pemeluk pemeluknya mulai dari doa makan, doa memohon kelancaran rezeki, doa agar selamat, doa mohon diberi jodoh, doa sebelum tidur dan masih banyak lagi.

    Sebelum kita masuk ke kumpulan contoh doa dalam agama buddha, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu cara melantunkan atau membaca doa menurut kepercayaan agama Buddha yang pemeluknya bannyak berada di wilayah Bali dan sekitarnya.

    Cara Melantunkan Doa Dalam Agama Buddha

    Tidak seperti agama-agama lainnya, Buddisme tidak memiliki doa yang utama sehingga doa-doa yang dipanjatkan berasal dari  kata-kata pribadi. Untuk berdoa, yang perlu dilakukan adalah memusatkan energi secara mental dan emosi.

    Bayangkan bahwa yang didoakan dalam keadaan bahagia dan damai, bayangkan pula diri kita sedang berada dalam keadaan yang bahagia dan damai, tidak lupa bayangkan juga seluruh makhluk hidup dalam keadaan bahagia dan damai.

    Kumpulan Doa Agama Buddha

    Berikut adalah kumpulan doa dan mantra sehari-hari dalam agama buddha yang lengkap. Silahkan disimak dan mohon dikoreksi apabila terdapat kesalahan penulisan, tutur kata atau transasi ke bahasa Indonesia.

    1. Doa Sebelum Tidur

    Terpujilah Sang Buddha, Guruku Yang Maha Sempurna. Pada hari ini saya sudah berbuat kebaikan, kupersembahkan semua jasa dan kebaikanku pada semua makhluk agar mereka semua berbahagia. Semoga sepanjang malam ini saya dapat tidur untuk beristirahat dengan nyaman. Sadhu. Sadhu. Sadhu

    2. Doa Bangun Tidur

    Terpujilah Sang Buddha Guruku Yang Maha Sempurna. Semoga pada hari ini aku menjadi anak yang lebih baik dibanding hari kemarin, agar ayah, ibu dan saudara-saudaraku berbahagia. Semoga Sang Buddha, Dhamma dan Sangha melindungiku di setiap langkah. Sadhu. Sadhu. Sadhu.

    3. Doa Sebelum Makan

    Terpujilah Sang Buddha, Dhamma, dan Sanggha. Sebelum saya makan, saya ingin berterima kasih kepada ayah dan ibu yang sudah menyiapkan makanan ini. Saya sepenuhnya menyadari bahwa saya makan bukanlah untuk membuat diri saya menjadi sempurna, bukan juga untuk membuat mabuk. Melainkan saya hanya ingin untuk kelangsungan hidup saja. Semoga makanan ini dapat menjadikan badan saya sehat dan dapat membuat kebaikan sebanyak-banyaknya bagi seluruh makhluk. Sadhu. Sadhu. Sadhu.

    4. Doa Setelah Makan

    Terpujilah Sang Buddha, Dhamma, dan Sanggha. Saya telah selesai memakan makanan ini, semoga makanan yang saya konsumsi dapat memberikan kekuatan bagi saya. Sehingga semoga saya dapat berbuat baik dengan sebanyak-banyaknya kepada setiap makhluk. Semoga semua makhluk hidup berbahagia selalu. Sadhu. Sadhu. Sadhu.

    5. Doa Sebelum Belajar

    Terpujilah Sang Buddha Guruku Yang Maha Agung. Semoga hari ini saya bisa belajar dengan baik, agar dapat menjadi anak yang pandai, dapat mencapai cita citaku dan berguna bagi nusa dan bangsa. Semoga Sang Buddha membimbingku. Sadhu. Sadhu. Sadhu.

    6. Doa Sesudah belajar

    Terpujilah Sang Buddha, Dhamma, dan Sanggha. Saya telah selesai menjalankan tugas saya sebagai pelajar, semoga ilmu yang saya pelajari dapat memberikan wawasan baru bagi saya, dapat bermanfaat bagi saya dan bangsa dan negara suatu saat nanti. Semoga saya dijauhkan dari sifat sombong dan besar kepala. Semoga semua makhluk dapat hidup berbahagia. Sadhu. Sadhu. Sadhu.

    7. Doa Thiam Hio Buddha

    a. Namaskara /pai kui pertama
    Ketika dahi menyentuh bumi ucapkan:
    Saya berlindung kepada Buddha/Namo Buddhaya.

    b. Namaskara / pai kui kedua
    Ketika dahi menyentuh bumi ucapkan:
    Saya berlindung kepada Dharma/Namo Dharmaya

    c. Namaskara / pai kui ketiga
    Ketika dahi menyentuh bumi ucapkan:
    Saya berlndung kepada Sangha/Namo Sanghaya
    Saya berlindung kepada Amitabha Buddha

    8. Doa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

    Sridevi (sudevi) dharani/san ni thien cou, sapta atitabuddha karasaniya dharani/chi fo mie cui cen yen. Namo Buddhaya, Namo Dharmaya, Namo Sanghaya, Namo Amitabha Buddhaya. (3x) Svaha.

    9. Doa Umum

    Om mani padme hum. Oṃ Amideva Hriiḥ. Om A Ra Pa Ca Na Dhih.

    Saya bersujud kepada permata dalam teratai untuk mengatasi semua kesulitan dan rintangan. Saya berlindung kepada Buddha, Dharma, and Sangha, sehingga Saya mencapai pencerahan. Dengan kumpulan kebajikan yang telah kulakukan, baik ketika mempraktikkan kebaikan hati dan kebajikan lainnya. Semoga saya dapat menggapai pencerahan demi kebaikan semua makhluk hidup.

    10. Doa Melancarkan Rejeki

    Dewa Chai shen Shen Cung Phu Sa yang menyertakan kemakmuran dan keberuntungan dan dimuliakan oleh para Dewa, dengan keyakinan ini keberuntungan dan kemakmuran beserta dengan diriku. Saya mohon keberuntungan, kemakmuran datang dari segala penjuru, terbukalah pintu rezeki dalam perjalanan hidupku. Semoga rezeki dari usaha dan pekerjaan yang saya kerjakan selalu diperlancar, diberikan kemudahan dan kesuksan.

    11. Gatha Sivali

    Sivali ca mahathero, devata narapujito, soraho paccayadimhi, mahalabham bhavantu me. Labhena uttamo hoti, soraho paccayadimhi, mahalabham sada sotthi bhavantu me.

    12. Doa meminta keselamatan (Mantra hati Avalokitesvara)

    Om mani padme hum. Om mani padme hum. Om mani padme hum.

    13. Doa Pribadi

    Semoga Saya selalu berada dalam lindungan Kwan She Im Po Sat, keselamatan beserta saya. Dewa Langit menjadi saksi (Thian Lo Shen), Dewa Bumi tempatku berpijak menjadi saksi (Di Lo Shen), Setiap orang tidak mau dirinya menderita (Ren li nani). Semua penderitaan menjauh dari diriku (Nan li ren), Semua malapetaka hancur menjadi debu (yi qie zai yung hua wei che). Namo Oh Mee Toh Fo.

    14. Doa Mohon Kebahagiaan

    Semoga saya selalu berada dalam keadaan baik, bahagia dan damai di hati. Semoga seluruh guru saya selalu ada dalam keadaan baik, tenang, bahagia dan damai. Semoga orang tua saya selalu dalam keadaan baik, bahagia dan damai sentosa.

    Semoga seluruh kerabat saya selalu dalam keadaan baik, bahagia, gembira dan damai. Semoga seluruh teman saya selalu dalam keadaan baik, terbebas dari masalah, bahagia dan damai. Semoga seluruh orang yang yang bersikap tidak peduli selalu dalam keadaan baik, selalu bahagia dan selalu dalam kedamaian.

    Semoga seluruh musuh saya selalu dalam keadaan baik, bahagia dan damai sejahtera. Semoga seluruh praktisi selalu dalam keadaan baik, bahagia dan damai dan setia. Semoga semua makhluk selalu dalam keadaan baik, bahagia dan damai sejahtera sentosa.

    Kesimpulan

    Itulah kumpulan doa mantra agama buddha dalam bahasa pali, untuk rejeki, keselamatan, doa buddha untuk mendapat jodoh, kumpulan mantra agama buddha, untuk semua makhluk berbahagia, parita buddha, namaskara, araham samma sambuddho, dsb.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "Kumpulan Doa atau Mantra Sehari-hari Agama Buddha"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel