Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Hardware dalam Sistem Komputer: Pengertian, Macam-Macam dan Fungsinya

Daftar Isi [show]

Yukampus.com - Hardware dalam sistem komputer. Dalam sebuah perangkat komputer, Anda akan mendapati tiga komponen utama pembangun sistem komputer, yakni hardware, software dan brainware.

pengertian macam-macam dan fungsi harware dalam sistem komputer

Dari ketiga komponen pembangun sistem komputer tersebut, hardware merupakan komponen yang bisa Anda lihat dan pegang. Sesuai namanya, hardware atau yang dalam bahasa Indonesia disebut perangkat keras merupakan komponen fisik pada komputer yang jumlahnya lebih dari satu. 

Lalu apa saja hardware dalam sistem komputer, dan apa fungsinya?

Fungsi Hardware dalam Komputer

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, untuk satu sistem komputer saja, Anda akan mendapati beberapa hardware. Di mana masing-masing hardware tersebut memiliki fungsi tersendiri.

Namun secara keseluruhan, fungsi dari hardware ini adalah untuk menjalankan perintah yang sudah diprogramkan. Komponen ini merupakan peralatan fisik yang digunakan untuk melakukan proses input, pemrosesan dan output.

Baca juga: kerja hosting dan paket hosting murah terbaru

Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi dari hardware.

1. Mengolah Data atau Informasi

Fungsi ini menunjukkan jika beberapa jenis hardware dapat digunakan untuk mengolah atau memproses data/informasi pada sistem komputer. Beberapa perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah data atau informasi antara lain adalah CPU, VGA, RAM dan lain sebagainya.

2. Menerima Input

Hardware juga berfungsi sebagai media untuk menerima input dari user. Setelah menampung input dari user, kemudian hardware akan memprosesnya menjadi informasi baru yang ditampilkan dalam bentuk output.

3. Memberi Output

Setelah data atau informasi dari user diolah, selanjutnya hardware akan menampilkan output dalam bentuk berbeda dari input. Hasil output inilah yang bisa dilihat oleh pengguna.

4. Menyimpan Informasi atau Data

Selain ditampilkan untuk pengguna, seluruh output dalam sistem komputer juga akan disimpan pada penyimpanan sekunder perangkat. Penyimpanan output data atau informasi juga bisa dilakukan pada perangkat lain yang tidak terhubung permanen dengan sistem komputer tersebut, atau yang lebih dikenal dengan penyimpanan eksternal.

Sehingga, bisa disimpulkan jika masing-masing komponen dalam sistem komputer saling terintegrasi untuk mengolah input data dan menampilkannya dalam bentuk output.

Macam-Macam Hardware dalam Sistem Komputer

Perangkat keras komputer ini dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Perangkat Input

Perangkat input yaitu hardware yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi, baik dalam bentuk teks, gambar, audio, video atau format lain. Berikut yang termasuk perangkat input komputer.

Mouse

Mouse adalah jenis hardware yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar PC. Perangkat ini juga akan memudahkan pengguna memilih menu yang ingin digunakan, serta memudahkan proses pembuatan karya desain grafis.

Keyboard

Bisa dikatakan jika keyboard adalah perangkat input utama yang paling banyak digunakan user. Keyboard sendiri merupakan hardware yang fungsinya untuk membantu pengguna memasukkan data dalam bentuk huruf, angka, atau simbol ke dalam sistem komputer.

Scanner

Scanner juga termasuk hardware yang berfungsi sebagai media input data atau informasi. Namun fungsi spesifiknya adalah untuk mengubah dokumen dari bentuk hard copy menjadi soft copy.

2. Perangkat Output

Yaitu jenis hardware yang fungsinya untuk menampilkan data atau informasi, serta dapat mencetak hasil input data. Yang mana data tersebut berasal dari hardware input dan telah melalui pemrosesan.

Baca juga: cara penulisan daftar pustaka

Lalu apa saja hardware dalam sistem komputer yang berfungsi sebagai perangkat output? Berikut beberapa diantaranya.

Monitor

Setiap perangkat komputer rasanya wajib memiliki monitor sebagai media output utama. Umumnya, hasil output yang ditampilkan melalui monitor yaitu berupa dokumen atau data.

Printer

Pinter merupakan salah satu perangkat keras yang bisa digunakan untuk mencetak dokumen. Dengan kata lain, dokumen dalam bentuk softcopy dapat diubah menjadi hard copy dengan memanfaatkan printer.

Poryektor LCD

Hardware yang berfungsi untuk memudahkan user dalam menampilkan gambar, data atau video ke layar LCD dari komputer yang terhubung. Dengan menggunakan perangkat keras ini, Anda bisa melakukan presentasi dengan lebih jelas dan profesional.

Perangkat Proses

Jenis hardware lainnya yaitu perangkat proses. Hardware proses ini berfungsi untuk mengolah data dan menjalankan proses pada suatu sistem komputer. Berikut beberapa hardware yang termasuk dalam process device.

CPU

CPU merupakan perangkat keras yang bisa dikatakan sebagai otaknya komputer. Hardware inilah yang akan mengontrol seluruh proses kerja dalam suatu sistem komputer. Mulai dari instruksi, pengelolaan hingga bagaimana hardware menampilkan output yang diinginkan, semuanya akan diproses melalui CPU.

VGA

VGA merupakan perangkat keras yang fungsinya untuk mengolah atau memproses data grafis yang nantinya akan ditampilkan pada layar monitor komputer. VGA juga merupakan perangkat keras yang akan mempengaruhi kualitas tampilan pada monitor komputer Anda.

RAM

RAM yaitu jenis hardware yang fungsinya untuk menentukan kecepatan akses pada suatu sistem komputer. Dengan kata lain, semakin besar kapasitas RAM dalam perangkat komputer, maka kecepatan aksesnya akan semakin gesit.

Perangkat untuk Penyimpanan

Perangkat penyimpanan atau yang lebih familiar disebut storage device merupakan salah satu jenis perangkat keras yang fungsinya untuk menyimpan data-data/dokumen pada komputer.

Apa saja hardware dalam sistem komputer yang berfungsi untuk penyimpanan data? Berikut beberapa diantaranya.

1. Hard Disk

Hard disk adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan berbagai data maupun informasi pada komputer dengan kapasitas relatif besar. Bentuk dari perangkat keras ini seperti portable.

2. Flash Disk

Yaitu media penyimpanan data dari komputer yang dilengkapi dengan USB sebagai konektornya. Konektor inilah yang berfungsi untuk menghubungkan flash disk ke komputer atau media lain yang akan digunakan. 

Perangkat keras ini juga sering dimanfaatkan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer/media lain.

3. Optical Disk

Optical disk yaitu media penyimpanan data yang dapat ditulis atau dibaca oleh cahaya leser. Bentuk umum dari optical disk antara lain adalah DVD/Digital Versatile Disc atau CD/Compact Disk.

4. Perangkat Tambahan

Perangkat tambahan berfungsi untuk membantu sistem komputer menjalankan perintah yang diberikan user. Perangkat tambahan ini juga sering disebut dengan periferal, dan berguna untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.

Salah satu contoh perangkat tambahan yang banyak dijumpai saat ini adalah modem. Perangkat ini berfungsi sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya.

Kesimpulan

Hardware atau perangkat keras merupakan komponen dalam komputer yang berbentuk fisik dan berfungsi untuk melakukan proses input, processing serta output.

Dalam satu rangkaian sistem komputer, terdapat beberapa hardware yang memiliki fungsi berbeda satu sama lain. Apa saja hardware dalam sistem komputer? Sebut saja mouse sebagai perangkat input, monitor sebagai perangkat output, CPU sebagai perangkat proses, harddisk sebagai perangkat penyimpanan dan modem sebagai perangkat tambahan.

Masing-masing perangkat keras tersebut saling terintegrasi sehingga dapat melakukan perintah yang diberikan oleh user secara maksimal. Begitu juga dengan software dan brainware, yang saling terintegrasi, sehingga mampu menghasilkan produk elektronik dengan berbagai fitur menarik seperti saat ini.

Baca:

Show comments