Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Rekaman CCTV yang Hilang Lewat PC

Daftar Isi [show]

Yukampus.com - Cara mengembalikan rekaman CCTV yang hilang. Pada masa sekarang perangkat kamera CCTV telah menjadi kebutuhan primer. Terutama untuk menjaga keamanan di lokasi yang ramai dikunjungi orang, maupun tempat berharga seperti rumah.

cara mengembalikan rekaman cctv yang hilang

Kamera CCTV juga berkembang sangat pesat, dulu mungkin perekaman video CCTV dilakukan secara analog, namun sekarang semuanya serba digital. Penyimpanan video rekaman CCTV juga dilakukan secara digital menggunakan MicroSD, HDD, atau SSD.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan CCTV MicroSD, sehingga membuatnya menjadi pilihan utama. Salah satu kekurangannya adalah kadang microSD tidak bisa menyimpan video CCTV, misalnya karena rusak, error system, korslet, dan sebagainya.

Hal tersebut membuat video CCTV tidak lagi dapat direkam dan disimpan, bahkan video lama yang tersimpan juga berkemungkinan hilang alias lenyap. Meski demikian masih ada satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan video rekaman CCTV yang hilang atau terhapus.

Cara Mengembalikan Video CCTV yang Terhapus

Cara yang kami maksud adalah dengan menggunakan aplikasi bernama PC Inspector File Recovery, aplikasi ini merupakan pelacak file terhapus di microSD. Aplikasi ini bisa berjalan pada sistem operasi Windows.

Adapun cara menggunakan PC Inspector File Recovery untuk memilihkan atau mengembalikan rekaman video CCTV yang terhapus adalah sebagai berikut.

  • Download aplikasi PC Inspector File Recovery.
  • Hubungkan harddisk, SSD, atau microSD ke komputer Anda.
  • Jalankan program PC Inspector File Recovery tersebut.
  • Di sana ada tiga menu pilihan yakni Recover Deleted Files, Find Lost Data, dan Find Lost Drive. Pilih Recover Deleted Files.
  • Jika ingin menemukan file rekaman CCTV yang terhapus biasanya tersimpan di Local Disk D, jika sudah klik tombol OK.
  • Tunggu proses scanning yang lamanya tergantung ukuran memori penyimpanan tersebut.
  • Setelah scan, akan terlihat file rekaman CCTV yang ingin dikembalikan, jika statusnya Good maka bisa dikembalikan lagi.
  • Pilih file yang ingin direstore, tekan klik kanan dan Save To, arahkan ke tempat yang Anda inginkan, bisa ke Local Disk D, desktop, atau yang lain.
  • Tunggu proses pemindahan file dan selesai.
  • File video rekaman CCTV yang hilang atau terhapus tersebut bisa diputar kembali.

Note:

Jika status pada video tersebut bukan Good, melainkan yang lain, artinya file video rekaman CCTV tersebut sudah tidak dapat dikembalikan lagi. Anda hanya bisa merelakannya karena apapun yang dilakukan tidak ada gunanya.

Kesimpulan

Sekian pembahasan mengenai cara mengembalikan rekaman cctv yang hilang, berapa lama cctv boleh menyimpan rakaman, cara menghapus video dari cctv, cara delete record cctv, cara mengetahui cctv berfungsi atau tidak, bagaimana cctv berfungsi, masalah cctv, kenapa cctv tidak muncul gambar, cara test kabel cctv.

Baca:

Show comments