Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Peluang dan Tantangan Bisnis Asuransi di Era Digital

Daftar Isi [show]

Yukampus.com - Peluang dan tantangan asuransi era digital. Di masa sekarang bisnis asuransi mau tidak mau harus beralih ke digital. Sebab sama seperti bisnis lainnya, bila tidak perlahan memasuki dunia digital, mereka akan kalah saing.

peluang asuransi di era digital

Di masa sekarang kita juga sudah melihat banyak perusahaan melakukan inovasi digital. Seperti asuransi Sinar Mas, Astra Buana, BCA Life, BNI Life, Tugu Pratama, Lifepal,  AXA Mandiri, Allianz, dan masih banyak lagi.

Tentu saja masing-masing harus menghadapi peluang serta tantangan yang bisa mereka dapatkan jika terjun ke dunia digital. Sehingga, mau tidak mau mereka juga harus siap dengan berbagai risiko dan keuntungan yang dapat muncul.

Apa saja peluang dan tantangan asuransi di era digital masa kini? Kami memiliki ulasannya secara lengkap dan Anda bisa langsung melihatnya pada pembahasan di bawah berikut ini, silahkan disimak uraiannya berikut ini.

Baca: Tips Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa Digital

Peluang Bisnis Asuransi di Era Digital

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, mari kita simak penjelasan lengkap mengenai peluang bisnis asuransi di era digital, mulai dari keuntungan, premi, manfaat kepada nasabah, dan sebagainya. Berikut pembahasan lengkapnya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Digital Ecosystem

Peluang yang bisa didapat dari asuransi di era digital yaitu untuk meningkatkan pemahaman tentang asuransi secara masif dan cepat. Sementara tantangannya yaitu kapabilitas teknologi serta kecepatan perusahaan asuransi dalam mengembangkan ekosistemnya.

Tidak hanya itu, tantangannya juga bagaimana kemampuan backend dalam memproses data berjumlah besar, namun value-nya kecil.

2. Digital Savvy Behaviour

Digital savvy behaviour bsia memberikan peluang bagi perusahaan asuransi untuk dapat memperkenalkan produk mereka dengan lebih mudah dan cepat. Tapi di sisi lain kecepatan perusahaan dalam mengembangkan produk dengan premi terjangkau juga menjadi tantangan mereka.

3. Data Avalilability

Sementara itu dari sisi data availability, penggunaan teknologi bisa membuat pengelolaan data untuk mendukung penciptaan produk menjadi lebih cepat. Kecepatannya sesuai dengan ekspektasi pasar.

Meski belum semua perusahaan asuransi memiliki kemampuan teknologi serta data yang cepat dan terdigitaliasasi.

Transpormasi Digital Perusahaan Asuransi

Setiap perusahaan asuransi harus melakukan transformasi digital. Hal ini berkaca dari berbagai contoh kasus di negara lain, semua proses bisnis perusahaan asuransi semuanya dilakukan secara digital.

Perusahaan asuransi Indonesia semuanya juga harus melangkah ke digitalisasi untuk menjadi platform asuransi online. Bukan hanya dalam pemasaran saja, melainkan juga pembuatan produk dan proses bisnisnya.

Seperti diketahui di masa sekarang sudah banyak perusahaan asuransi online berkembang di Indonesia yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mereka dikenal dengan insurance technology (insuretech) yang memudahkan masyarakat memperoleh akses ke produk suransi.

Kesimpulan
Mungkin itu saja pembahasan dari kami mengenai peluang asuransi era digital, asuransi online, insurtech indonesia, insurtech adalah, asuransi online terbaik, asuransi astra, asuransi jiwa terbaik, asuransi jiwa murah.

Baca:
Show comments