4 Cara Mengecek Sensor Kamera di HP Xiaomi

Yukampus.com – Cara Mengecek Tipe Sensor Xiaomi. Hai para penggemar smartphone Xiaomi, kali ini Yukampus akan membahas salah satu hal terpenting yang harus dipertimbangkan ketika membeli ponsel Xiaomi.

Di Indonesia sendiri ada beberapa distributor Xiaomi, ada TAM yang menyediakan garansi resmi dan ada juga distributor lain yang hanya memberi garansi satu bulan saja. Tahukah anda bila Xiaomi yang bergaransi distributor ternyata tidak semuanya memiliki spesifikasi yang sama?

Apa Saja Jenis Sensor Kamera Xiaomi?

Salah satunya adalah bila pada ponsel Xiaomi bergaransi resmi atau TAM akan mendapat sensor kamera terbaik yaitu sensor kamera buatan Sony.

Beberapa pengguna Xiaomi memang menyebut bahwa mereka yang membeli smartphone Xiaomi bergaransi distributor namun mendapat sensor kamera dari Sony, maka pembeli tersebut adalah pembeli yang sangat beruntung.

Mengapa demikian? Karena sensor Sony dianggap lebih baik dari sensor kamera Samsung atau Omnivision yang juga dipasang di beberapa smartphone Xiaomi.

Ingat, meski Smartphone kita memiliki tipe yang sama dengan punya teman kita, bukan berarti sensor kamera yang kita dapatkan juga sama dengan sensor kamera Xiaomi milik teman kita.

Xiaomi memasang tiga jenis sensor kamera yaitu Sony yang dianggap sebagai kualitas tebaik, kemudian ada sensor kamera Samsung yang dianggap sebagai sensor nomer dua terbaik satelah Sony. Dan yang terakhir atau yang dianggap paling buruk adalah sensor kamera buatan Omnivision.

Bagaimana Cara Mengecek Jenis Sensor Kamera Xiaomi?

Lalu bagaimana cara kita bisa mengecek apakah sensor smartphone kita Sony, Samsung, atau Omnivision?

1. Masuk ke menu settings

Yang pertama ketika berada di menu home, maka kita harus
masuk ke menu setting. Kita bisa mengecek sensor kamera apa yang kita miliki
melalui setting, bukan melalui tempat lain.

2. Masuk ke menu about phone

Setelah masuk ke menu setting, geser scroll ke arah bawah dan temukan menu About Phone. Setelah masuk ke menu tersebut kita akan dihadapkan pada beberapa pilihan.

3. Masuk ke menu kernel version

Dari menu About Phone tersebut kita bisa geser atau scroll kebawah sedikit dan temukan menu Kernel Version. Pada menu Kernel Version terdapat beberapa angka dan huruf yang merupakan kode Kernel Version dari Smartphone kita. Klik kode Kernel tersebut sebanyak 5 kali secara cepat sehingga anda akan masuk otomatis ke menu ‘rahasia’ di ponsel Xiaomi.

4. Tipe sensor ditampilkan

pada menu tersebut ditampilkan beberapa versi dan tipe sensor apa yang digunakan pada smartphone kita. Pada gambar terlihat bahwa smartphone Xiaomi Redmi Note 4 saya memiliki sensor kamera dari Samsung karena ada kode S5K pada Front Kameradan Back Kamera.

Berikut beberapa jenis kode sensor yang ada pada smartphone Xiaomi :

  1. Omnivision : OV
  2. Samsung     : S5K
  3. Sony            : IMX

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Untuk mengecek sensor jenis apa yang digunakan pada smartphone kita tidak perlu melakukan root atau yang lainnya.

Cukup dengan masuk ke setting, kemudian pilh about phone dan klik sebanyak 5 kali pada kernel version, kita sudah bisa masuk dan melihat beberapa sensor yang digunakan di Smartphone kita.

Baca: Download Google Camera untuk Xiaomi Tanpa Root

Kesimpulan

Sekian pembahasan tentang cara mengetahui sensor kamera Xiaomi. Tutorial ini bisa diterapkan di semua tipe handphone Xiaomi seperti Xiaomi Remdi, Xiaomi Mi, dan juga Xiaomi Redmi Note.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bila ada pertanyaan atau kesalahan anda bisa menginformasikannya melalui kolom komentar yang telah tersedia di kolom berikut ini.

Baca :


Tinggalkan komentar