Cara Mengatasi HP Xiaomi Redmi Cepat Panas

Yukampus.com – Cara mengatasi hp Xiaomi cepat panas. Setelah ditelusuri, ternyata di Google banyak orang yang mencari tutorial untuk mengatasi Hp Xiaomi Cepat Panas, mudah panas hingga lemot dan akhirnya hang atau bootloop.

Sebelumnya kita juga sudah membahas Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop. Sebelum kita masuk ke tutorial, kita perlu mengetahui apa saja penyebab HP Xiaomi cepat panas.

Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas

Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan ponsel Xiaomi kita panas tiba-tiba. Berikut beberapa alasan tersebut.

1. Menggunakan Processor Mediatek

Xiaomi memang tidak seperti Asus yang katanya mudah panas seperti setrikaan, namun tidak semua ponsel Xiaomi memiliki hardware yang tahan panas selama berjam-jam.

Snapdragon membuat Xiaomi lebih dingin dalam waktu yang lama, namun yang menggunakan Mediatek tidak mendapatkan hal tersebut. Mediatek diklaim banyak orang lebih cepat membuat Xiaomi panas dibanding Snapdragon.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Diinstall

Banyak yang mengira bahwa tidak apa-apa menginstall banyak aplikasi di ponsel Android atau Xiaomi, asalkan tidak sedang dibuka, maka aplikasi yang diinstall tidak memberatkan sistem dan membuat ponsel cepat panas.

Hal tersebut salah karena meskipun tidak sedang dibuka, aplikasi yang diinstall, terutama Media Sosial seperti Facebook, BBM, Line, Instagram, dan Whatsapp selalu berjalan di latar belakang dan hal tersebut lah yang membuat ponsel terus bekerja.

3. Penggunaan Terlalu Sering

Memang ponsel Xiaomi memiliki spesifikasi yang tinggi, salah satunya adalah Xiaomi Redmi Note 4 yang saya gunakan memiliki processor Snapdragon 625 dengan RAM 3 GB yang membuat hp tersebut kuat dipakai untuk penggunaan apapun.

Namun tidak berarti Xiaomi bisa terus digunakan, tetap ada batas dimana kita harus mengistirahatkan ponsel Xiaomi kita agar dari panas bisa menjadi dingin. Jangan lupa untuk membaca beberapa tutorial berikut :

  1. Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop
  2. Cara Mengatasi Xiaomi Stuck di Logo
  3. Cara Mengatasi Xiaomi Mati Total
  4. Cara Mengatasi Xiaomi Lemot
  5. Cara Mengatasi Xiaomi Hang / Ngeblank

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab ponsel Xiaomi cepat panas, sekarang kita bisa masuk ke tutorial cara mengatasi panas Xiaomi agar menjadi dingin.

Tips Agar Xiaomi Tidak Cepat Panas

1. ROM / Firmware

ROM yang kita gunakan juga mempengaruhi kinerja sistem. Xiaomi secara default menggunakan sistem operasi MIUI yang terus diupdate setiap seminggu sekali untuk MIUI Developer dan sebulan sekali untuk MIUI Global. Update terus versi MIUI karena di setiap update terdapat pembaharuan.

2. Settings

Xiaomi mempunyai aplikasi bawaan bernama Health. Didalamnya terdapat fitur untuk membersihkan cache, mengecek keamanan ponsel Xiami dari virus, serta mempercepat kinerja ponsel Xiaomi dan meningkatkan daya tahan baterai Xiaomi.

Buka aplikasi Health secara rutin dan lakukan pemeriksaan secara berkala agar ponsel Xiaomi anda tidak cepat panas.

3. Aplikasi

Beberapa aplikasi berjalan di latar belakang yang membuat smartphone Xiaomi menjadi lebih panas dari biasanya. Penggunaan aplikasi yang berlebihan juga menyebabkan RAM bekerja lebih keras yang akhirnya menyebabkan Xiaomi lebih cepat panas.

Cara mengatasinya adalah hapus dan uninstall aplikasi yang tidak penting atau menggunakan Aplikasi Versi Lite Android.

Kesimpulan

Nah itulah Cara Mengatasi Xiaomi Yang Cepat Panas. Cara mengatasi Xiaomi mudah panas tersebut dapat diterapkan pada seluruh ponsel Xiaomi seperti Xiaomi Redmi 4A, Redmi 5A, Redmi 5 Plus, Redmi Note 4, Redmi 4X, dan seluruh ponsel Xiaomi lainnya.

Baca :


Tinggalkan komentar