Cara Ampuh Mengatasi HP Xiaomi Redmi yang Lemot


Yukampus.com - Cara mengatasi Hp Xiaomi lemot. Setelah ditelusuri, ternyata di Google banyak sekali orang yang mencari dengan kata kunci Mengatasi Xiaomi Yang Lemot, cara supaya Xiaomi Redmi tidak lemot, salah satunya adalah untuk ponsel Redmi 4A.


Memang, tidak ada satu orang pun yang mau menggunakan Hp lemot. Pasti kita tidak mau hp kita lemot. Xiaomi digadang-gadang menjadi smartphone yang mengusung spesifikasi tinggi dan harga yang murah sehingga banyak yang mengincar handphone tersebut.

Namun bagi pengguna Xiaomi lawas seperti Redmi 3, Redmi 2, Redmi 1s, dll pasti saat ini merasakan ada perbedaan performa. Tentu ada penyebab mengapa smartphone kita yang dulu masih kuat menjalankan banyak aplikasi, sekarang malah tidak kuat untuk menjalankan aplikasi yang ringan. Berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Hp Xiaomi Lemot


  1. Update aplikasi-aplikasi dengan ukuran yang lebih besar yang membuat smartphone lama kita terbebani pada RAM dan penyimpanan internal. Terlalu banyak aplikasi yang diinstall juga bisa menyebabkan smartphone kita blank, crash, force close, bahkan mungkin bootloop.
  2. Smartphone kita sudah terlalu lama digunakan (misalnya lebih dari 5 tahun), tentu hal tersebut membuat performa hardware sedikit berkurang karena terlalu sering digunakan sampai panas.
  3. Processor yang digunakan di smartphone kita sudah tidak kuat untuk menjalankan MIUI versi terbaru. Karena pada MIUI versi terbaru banyak update yang mungkin akan membebani banyak RAM pada ponsel kita.
  4. Versi Android yang sudah usang. Misalnya pada awal kita beli smartphone masih menggunakan Android 5 atau 6, lalu kemudian versi Android tersebut kita update menjadi Android 7 atau 8.


Jangan lupa juga untuk membaca artikel tentang masalah-masalah yang bisa terjadi pada ponsel Xiaomi seperti :

  1. Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop
  2. Cara Mengatasi Xiaomi Cepat Panas
  3. Cara Mengatasi Xiaomi Stuck di Logo
  4. Cara Mengatasi Xiaomi Mati Total
  5. Cara Mengatasi Xiaomi Hang / Ngeblank


Nah setelah paham penyebab kenapa smartphone Xiaomi menjadi lambat, kita tidak perlu khawatir karena ada cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir bahkan menghilangkan serta mempercepat performa smartphone Xiaomi kita.

Cara Agar Xiaomi Tidak Lemot


1. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan


Semakin banyak aplikasi yang diinstall, semakin banyak pula aplikasi yang berjalan di latar belakang, terutama media sosial. Hapus aplikasi media sosial yang tidak diperlukan atau gunakan Aplikasi Media Sosial Versi Lite sebagai alternatif.

2. Hindari Menggunakan Live Wallpaper


Live wallpaper memang membuat homescreen pada smartphone kita menjadi lebih indah dan berwarna, namun hal tersebut justru akan membuat smartphone Xiaomi kita menjadi lebih lemot dan baterai cepat habis.

3. Atur Sinkronisasi


Atur sinkronisasi secara otomatis dalam jangka waktu yang lama jika diperlukan, misalnya sebulan atau dua bulan sekali. Jika tidak perlu, nonaktifkan saja karena selain membebani kuota internet, sinkronisasi Xiaomi juga bisa membebani RAM.

4. Hapus Widget Homecreen


Jangan terlalu banyak menggunakan widget di layar utama smartphone Xiaomi anda karena hal tersebut akan menyebabkan RAM bekerja lebih keras. Gunakan widget yang perlu saja seperti jam dan tanggal. Selain itu, anda bisa menghapus widget Whatsapp, BBM, Line, dan widget media sosial lain di layar utama.

5. Freeze Aplikasi Bloatware


Cara ini hanya dapat dilakukan pada smaartphone Xiaomi yang sudah dalam keadaan root. Aplikasi yang memiliki fitur freeze adalah link2SD yang dapat kamu download di Google Playstore.

Nah sekian artikel tentang Cara Mengatasi Hp Lemot Xiaomi. Cara ini sebenarnya dapat digunakan pada seluruh ponsel Android lain seperti Asus, Vivo, Oppo, Samsung, OnePlus, Huawei Honor, dan seluruh ponsel yang menggunakan sistem operasi Android.

Dan jika ada komentar, silahkan langsung ajukan pada kolom yang tersedia dibawah ini 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi HP Xiaomi Redmi yang Lemot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel