Cara Ganti ROM Xiaomi Abal-Abal (Distributor) ke ROM Global


Yukampus.com - Cara mengganti ROM abal-abal distributor ke ROM global stable Xiaomi. Ketika pertama kali membeli Hp Xiaomi garansi distributor (bukan garansi resmi TAM), hal pertama yang harus kita ketahui adalah jenis ROM MIUI yang terpasang di Hp kita. Sebelumnya telah kita bahas Perbedaan ROM Distributor dan ROM Global.

Kekurangan ROM Distibutor Xiaomi Dibanding ROM Resmi


Berbeda dengan ROM resmi, ROM distributor merupakan ROM yang sudah dimodifikasi dan kemudian dipasang di Hp Xiaomi dengan tujuan tertentu. Biasanya jika kita membeli Hp Xiaomi bukan dari distributor resminya, maka kita akan mendapat Hp Xiaomi dengan ROM palsu. Biasanya ROM seperti ini tidak memiliki bahasa Indonesia dan banyak menggunakan bahasa China.

Kenapa Distributor Menggunakan ROM Abal-Abal?


Ada beberapa alasan mengapa Distributor menggunakan ROM abal-abal, yaitu :
  1. Hp tergolong baru dan belum memiliki ROM global stable, yaitu ROM yang punya Bahasa Indonesia dan Google Playstore.
  2. Distributor tidak banyak refund karena MIUI selalu update per minggu dari ROM developer atau sebulan sekali pada ROM stable.
  3. Sebagian Xiaomi masih terkunci jaringan 4g-nya.
  4. Menyisipkan iklan, bloatware, adware, atau spyware yang mungkin digunakan untuk memata-matai aktivitasmu.


Bagaimana Cara Ganti Rom China ke Global?


Berikut contohnya untuk ganti ROM Distributor ke ROM Global Redmi 4X, Redmi Note 4, atau Redmi 4A.

1. Ganti ROM Abal-Abal menggunakan System Update dan Recovery Update


Cara pertama yang paling aman adalah menggunakan fitur system update dan recovery update yang dapat kamu lihat tutorialnya di halaman berikut :


Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi sebagai berikut


Kemudian proses ini akan menghapus seluruh data yang ada di Internal Storage, pastikan kamu telah membackup data terlebih dahulu. Jika gagal, maka akan ada notifikasi Can’t Verify Update.

2. Ganti ROM Abal-Abal ke Global Stable dengan Mode EDL


Jika pada langkah pertama kamu gagal melakukannya, kemudian kamu juga tidak bisa menggunakan Fastboot karena Hp Xiaomi masih locked bootloader, maka kamu harus mencoba langkah kedua, yaitu menggunakan Mode Fastboot EDL, kamu bisa melihat tutorialnya pada halaman berikut :


3. Ganti ROM abal-abal ke ROM redmi dengan Test Point


Pada Xiaomi terbaru seperti Xiaomi Redmi Note 5, Mi 6, Redmi 5 Plus, Mi Max 2, Mi S2, atau Mi Black Shark, sistem keamanannya telah ditingkatkan. Hal ini bertujuan agar distributor tidak bisa mengganti ROM asli tanpa izin dari Xiaomi melalui unlock bootloader. Nah tapi bagaimana jadinya kalau ROM kamu saat ini adalah ROM abal-abal?

Test point sebenarnya adalah metode masuk mode EDL saat Hp mengalami Hardbrick. Langkahnya kamu dapat masuk ke halaman berikut : Cara Masuk Mode EDL dengan Test Point

kemudian kamu bisa melihat letak test point semua tipe Xiaomi di sini : Letak Testpoint Xiaomi Lengkap

Setelah masuk, kamu bisa menginstall ROM baru Xiaomi menggunakan 4 cara flashing, yaitu dapat dibaca pada link dibawah ini


Nah itu dia tiga cara ampuh untuk mengganti Xiaomi ROM distributor atau abal-abal menjadi Xiaomi ROM resmi global stable. Cara tersebut juga dapat digunakan atau diterapkan pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro, Redmi 2 Prime, Redmi 4 Prime,dan seluruh ponsel Xiaomi lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ganti ROM Xiaomi Abal-Abal (Distributor) ke ROM Global"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel