Niat Tata Cara Sholat Istikharah Minta Jodoh Sesuai Sunnah

Yukampus.com – Doa sholat istikharah jodoh. Shalat istikharah merupakan salat sunnah bagi seorang muslim beragama Islam untuk menentukan pilihan diantara dua atau lebih pilihan dan sedang bingung sehingga meminta petunjuk kepada Allah SWT.

Shalat istikharah sering dilakukan, terutama ketika menyangkut hal-hal besar seperti memilih jodoh, memilih tempat tinggal, memilih pekerjaan, dan sebagainya. Jawaban sholat istikharah dapat terjadi pada beberapa situasi termasuk yang kita tidak sadari.

Pada artikel ini saya akan membahas bagiamana cara sholat istikharah, doa sholat istikharah dan waktu sholat istikharah secara lengkap sesuai sunnah yang saya lansir dari berbagai media massa dan insyaallah terpercaya seperti situs NU, situs Doa-doa Islam dan sebagainya.

Tata Cara Sholat Istikharah

Sholat istkharah dilaksanakan dengan dua rakaat. Langkah-langkah untuk melasakanakan sholat istikharah adalah sebagai berikut:

  • Niat
  • Takbiratul ikhram
  • Pada rakaat pertama membaca al-fatihah dan al-kafirun (diutamakan)
  • Pada rakaat kedua membaca al-fatihah dan al-ikhlas (diutamakan)
  • Salam
  • Membaca dzikir setelah sholat istikharah

Untuk niat dan doa setelah sholat istikharah akan saya tulis pada sub bab selanjutnya berikut ini. Silahkan disimak dengan baik.

Doa Sholat Istikharah

Ada dua doa yang akan ditulis di sini, yakni doa niat dan doa setelah sholat istikharah yang ditulis dengan tulisan arab, latin, dan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia. Silahkan disimak.

1. Niat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi.

Artinya:
Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala

2. Doa Setelah Sholat Istikharah

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub. Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih. Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.”

Waktu Sholat Istikharah

Waktu terbaik melaksanakan sholat istikharah adalah pada malam hari setelah sholat isya tanpa harus tidur terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa lebih khusyu dalam beribadah dan memohon petunjuk kepada Allah SWT. Sholat istikharah dilakukan dengan dua rakaat untuk meminta petunjuk kepada Allah.

Kesimpulan

Itu dia Bacaan Doa Sholat Istikharah. Artikel ini juga dicari dengan kata kunci niat sholat istikharah latin, doa setelah sholat istikharha, dzikir sholat istikharah, doa sholat istikharah dan artinya, waktu terbaik sholat istikharah, jawaban sholat istikharah dan sebagainya.

Baca :


Tinggalkan komentar