Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan yang Benar

Yukampus.com - Niat puasa ramadhan. Bagi umat muslim, bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu. Karena pada bulan ini, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan, ibadah puasa yang memiliki keutamaan dan manfaat luar biasa. Juga merupakan satu-satunya puasa yang diwajibkan oleh Allah SWT melalui al-Quran.

niat puasa ramadhan

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah: 183)

Maka dari itu, mari kita sambut bulan Ramadhan dengan penuh sukacita. Di mana pada kesempatan ini kita masih diberikan waktu untuk beribadah pada bulan Ramadhan dan meningkatkan pahala serta amalan kita untuk bekal di hari akhir nanti.

Baca : Amalan dan Doa Malam Lailatul Qadar

Salah satu syarat untuk melaksanakan puasa Ramadhan, selain harus beragama Islam dan baligh, adalah mengucapkan bacaan doa niat puasa bulan Ramadhan. Selama satu bulan, niat berpuasa Ramadhan memiliki bacaan doa yang sama.

Doa Niat Puasa Ramadhan

Berikut adalah bacaan doa puasa Ramadhan ditulis dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhona haadzihis sanati lillahi ta'ala.

Artinya :
"Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Untuk waktu pelaksanaan mengucapkan lafadz niat puasa, kita bisa melakukannya setelah selesai sholat tarawih (sebelum sholat witir) atau ketika menjelang waktu imsak. Namun diutamakan membaca ketika selesai sholat tarawih karena ditakutkan kita ketiduran dan tidak sempat bangun sampai imsak lewat.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Setelah selesai melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan, ketika adzan maghrib berkumandang, diwajibkan bagi kita untuk berbuka dengan mengucap doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa buka puasa dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia.

َللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya :
"Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Disunnahkan bagi kita berbuka dengan makanan yang manis-manis, seperti kurma atau kolak. Sebaiknya segerakan berbuka ketika adzan maghrib telah berkumandang dan kalau bisa, minum-minuman yang hangat terlebih dahulu agar perut tidak kaget.

Mari kita laksanakan ibadah pada bulan puasa Ramadhan dengan khusyu, hindari hal-hal yang dapat membatalkan pahala puasa agar kita tidak merugi. Karena bulan Ramadhan hanya datang sekali dalam setahun, selagi bisa, maksimalkan waktu yang ada untuk beramal dan beribadah.

Kesimpulan

Itulah bacaan Niat Puasa Ramadhan. Artikel ini dicari juga dengan kata kunci niat doa puasa ramadhan, doa niat berpuasa ramadhan, niat puasa di bulan ramadhan, doa niat puasa, doa berpuasa, niat puasa pertama, doa puasa ramadhan dan sebagainya.

Baca :
Show comments
Hide comments

0 Response to "Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel