Bacaan Doa Pulang Sekolah dan Sesudah Belajar untuk Anak

Yukampus.com – Bacaan doa sesudah belajar dan doa pulang sekolah. Sebenarnya banyak sekali doa ketika selesai belajar di sekolah dan pulang sekolah. Ketika kecil, terutama yang bersekolah di SD/MI pasti sering membaca surat Al’Asr setiap selesai kegiatan belajar mengajar.

Namun selain itu, ternyata masih banyak doa selain surat Al’Asr yang dapat dibaca atau dijadikan doa untuk pulang sekolah. Tujuannya sama-sama untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT melindungi kita dari marabahaya selama perjalanan pulang.

Karena Allah adalah Tuhan yang maha melindungi. Hanya kepada-Nya kita berhak memohon pertolongan dan hanya kepada-Nya kita berhak memasrahkan setiap peristiwa yang mungkin terjadi di masa depan yang belum kita ketahui.

Doa Pulang Sekolah

doa pulang sekolah

Berikut adalah bacaan doa ketika pulang sekolah untuk anak PAUD, TK, SD/MI baik yang Muhammadiyah maupun NU yang diambil dari surat Al-Asr ayat 1-3.

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ . وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ .

Wal’ashr innal insaana lafii khusr, Illaalladziina aamanuu wa’amilush shaalihaati watawaasaw bilhaqqi watawaasaw bishshabr

Artinya:
Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.

Doa Sesudah Belajar

Selain doa di atas, berikut ada beberapa doa lain yang dapat dibaca ketika selesai belajar untuk mengakiri pelajaran. Doa yang juga dapat dibaca untuk mengucap syukur kepada Allah SWT atas ilmu yang diperoleh di sekolah atau tempat belajar.

1. Doa Sesudah Belajar Singkat

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.

2. Doa Sesudah Belajar Allahumma Arinal

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma arinal aaqqa haqqan, warzuqnat tibaa’ahu. Wa arinal baathila baa-thilan warzuqnaj tinaabahu.

Artinya :
Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.

3. Doa Sesudah Belajar Untuk Anak TK

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Artinya:
Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

4. Doa Sesudah Belajar Ngaji

رَبِّ أَوْزِعْنِيْ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ. وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ .وَأَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Robbi auzi’nii an asykuro ni’matal latii an’amta ‘alayya wa ‘alla waalidayya wa an’ a’mala shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibaadikash shoolihiin

Artinya:
Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.

5. Doa Sesudah Belajar anak PAUD

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik..

Artinya :
Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Kesimpulan

Itulah bacaan doa pulang sekolah yang dibaca setelah selesai belajar di sekolah. Baik untuk anak PAUD, TK, SD/MI, ajaran Nahdlatul Ulama atau Muhammadiyah, pesantren maupun yang lain. Doa selesai belajar yang juga dapat dibaca setelah selesai mengaji.

Baca :


Tinggalkan komentar