Iklan Kanan

Niat dan Tata Cara Sholat Hajat Khusus Rezeki Sesuai Sunnah

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Tata cara niat sholat hajat khusus rezeki. Sholat hajat merupakan salah satu sholat sunnah dalam agama Islam. Ibadah sholat ini dikerjakan jika kita ingin meminta atau memohon sesuatu kepada Allah SWT seperti memohon rezeki, minta jodoh, harta, kekayaan, jabatan, pangkat dan sebagainya.

    tata cara niat sholat hajat

    Sholat hajat paling sering dikerjakan umat muslim yang ingin memohon dilancarkan atau ditambahkan rezekinya. Bagi yang sudah bekerja, bisa melaksanakan sholat hajat untuk menambah rezeki dan bagi yang belum bekerja, bisa melaksanakan sholat hajat agar diberi pekerjaan.

    Ada ketentuan mengenai bacaan doa niat sholat hajat, waktu pelaksanaan, jumlah rakaat, tata cara dan bacaan dzikir setelah sholat. Pada artikel ini kita akan membahasnya secara lengkap.

    Tata Cara Sholat Hajat

    Sholat hajat dikerjakan sebanyak minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Sholat ini dapat dikerjakan 2, 4, 6, 8, 10, atau 12 rakaat dengan salam setiap 2 rakaat. Namun sebaiknya mengerjakan sholat untuk meminta rezeki ini sebanyak 4 rakaat karena akan lebih afdol.

    Waktu untuk mengerjakan sholat dapat dilakukan kapan saja, tidak ada ketentuan kapan boleh atau tidaknya dikerjakan. Asalkan tidak mengerjakan pada waktu-waktu yang dilarang untuk sholat seperti ketika matahari terbit, tepat di ujung kepala, berwarna kekuningan.

    Untuk pelaksanaan sholat hajat 2 rakaat sama seperti pelaksanaan sholat sunnah pada umumnya, yakni sebagai berikut:
    • Membaca niat
    • Membaca takbiratul ikhram
    • Membaca doa iftitah
    • Membaca surat al-fatihah dan satu surat pendek
    • Melakukan ruku'
    • Melakukan i'tidal
    • Melakukan dua kali sujud
    • Melakukan duduk diantara dua sujud
    • Membaca doa tahiyat awal dan akhir
    • Mengucapkan salam

    Niat Sholat Hajat

    Berikut adalah doa yang dibaca pada saat melafadzkan bacaan niat sholat hajat untuk memohon rezeki kepada Allah SWT. Lafadz niat sholat hajat bahasa Arab, latin dan terjemahannya adalah sebagai berikut:

    أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

    Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

    Artinya:
    “Aku niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

    Doa Setelah Sholat Hajat

    Setelah selesai melaksanakan sholat hajat, bacalah doa dzikir berikut ini. Selain bertujuan untuk menambah amal pahala, doa dzikir ini juga bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar apa yang kita inginkan dapat dikabulkan, termasuk urusan rezeki.

    لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْ

    Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil’arsyil-‘adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa’ima magfiratika wal -‘ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada’ lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

    Artinya:
    "Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang."

    Kesimpulan

    Itulah tata cara atau tuntunan mengerjakan sholat hajat lengkap beserta bacaan niat dan dzikir setelah sholat hajat khusus untuk memohon rezeki kepada Allah SWT. Semoga dengan mengerjakan sholat hajat, Allah melimpahkan tambahan rezekinya kepada kita. Amin.

    Baca:
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "Niat dan Tata Cara Sholat Hajat Khusus Rezeki Sesuai Sunnah"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel