Iklan Kanan

5 Contoh Iklan Facebook Ads yang Menarik Konsumen

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Contoh iklan facebook ads yang menarik konsumen. Fb merupakan media sosial terbesar saat ini. Rata-rata jumlah pengguna Facebook bisa melebihi 1 Miliar orang per harinya. Hal tersebut membuat Facebook menjadi ladang marketing yang baik.

    contoh iklan facebook ads

    Menurut informasi, saat ini terdapat lebih dari 6 juta brand baik lokal Indonesia maupun internasional yang memasarkan produknya melalui iklan di fitur Facebook Ads. Baik perusahaan besar maupun perseorangan bisa membuat iklan di Facebook.

    Namun tidak semua campaign di Facebook dapat meningkatkan hasil penjualan. Ada kalanya justru kita rugi karena tidak membuar copywriting, menentukan target, menulis konten, membuat materi dan desain iklan yang tertarget.

    Bahkan karena banyaknya kisah gagal dari beriklan di Facebook kadang membuat kita merasa ragu untuk menginvestasikan uang yang kita peroleh untuk beriklan di Fb. Untuk itu kita harus mengetahui cara mengoptimalkan iklan di Facebook agar berbuah hasil yang manis.

    Iklan yang dioptimasi dapat memperkecil PPC (Pay Per Click) namun mendapat ROI (Return of Investment) yang maksimal. Pembahasan tentang cara mengiklankan produk, barang atau jasa di Facebook ads memang tidak ada habisnya.

    Di sini kami hanya akan memberi contoh beberapa iklan Facebook yang menarik perhatian pengguna, konsumen serta membahas apa sih yang membuat iklan tersebut dilihat dan diklik oleh para pengguna Fb?

    Komponen Iklan Facebook Ads yang Menarik

    Namun sebelum itu kita perlu mengetahui komponen iklan pada Facebook ads. Setidaknya terdapat 4 macam hal yang perlu diperhatikan pada saat membuat konten Facebook. Bagaimana desain yang menarik serta teks iklan yang informatif.

    1. Visual

    Sebagai seorang pemasar Facebook tentu kita perlu memahami bahwa lebih dari 50 persen pengguna Facebook merupakan remaja dan orang dewasa yang belum tua. Untuk itu kita perlu membuat konten yang secara visual baik bagi usia-usia tersebut.

    Bagi seorang UI/UX Designer tentu akan sangat mudah menentukan desain visual konten untuk Fb ads yang menarik, namun bagaimana dengan kita sebagai orang yang awam? Berikut ada beberapa tips yang bisa contoh.
    • Pertama, buat warna latar belakang yang sesuai dengan produk yang akan diiklankan. Biasanya mengambil dari warna latar belakang brand kita. Tidak hanya warna, kita juga bisa mengombinasikannya dengan gambar relavan namun tidak berlebihan agar space iklan tetap luas.
    • Kedua, gunakan font untuk desain yang universal. Untuk saat ini, Arial dan Helvetica merupakan dua jenis font yang paling banyak digunakan untuk keperluan periklanan.
    • Ketiga, Jangan gunakan terlalu banyak gambar atau logo. Cukup masukkan 1 logo brand dan dua gambar pendukung yang ukurannya tidak besar, kalau bisa gunakan gambar yang flat karena itu merupakan trend saat ini.

    2. Relavan

    Ingat, banyak orang merugi setelah beriklan di Facebook karena iklan yang mereka pasang di Facebook tidak ada kaitannya dengan produk barang dan jasa yang ditawarkan. Untuk itu, memahami relevansi produk dan visualisasi iklan merupakan hal yang sangat penting.

    Jangan sampai membuat judul iklan yang click bait (mengundang klik tidak sengaja) karena percuma saja meski banyak orang yang mengklik iklan Anda, namun tidak akan ada orang yang membeli barang dan jasa yang ditawarkan karena merasa tertipu oleh iklan yang Anda promosikan.

    3. Proporsi yang Mengundang

    Cara yang paling tepat untuk mengundang klik dari pembaca adalah dengan membuat judul yang menarik namun tidak click bait serta berikan keterangan singkat mengapa iklan yang kamu tawarkan di Facebook ads harus dilihat oleh orang.

    Misalnya jika kamu menjual hamburger maka bisa menambahkan dengan kalimat promosi, "diskon 20%" atau "cashback 15%" bagi pembeli, atau bisa juga mendapat tawaran-tawaran yang menarik bagi orang yang melakukan pembelian pertama.

    4. Panggilan Untuk Bertindak

    Terakhir, tips untuk beriklan di Facebook ads yang mengundang panggilan untuk melakukan tindakan adalah dengan membuat seseorang harus membuka iklan Anda pada saat itu juga. Contohnya adalah dengan menambahkan kalimat "beli sekarang, penawaran terbatas" atau juga "diskon 10%, berakhir 3 hari lagi" dan sebagainya.

    Jenis Format Iklan Facebook Ads

    Sekarang kita perlu memahami peletakan tempat iklan di Facebook. Untuk saat ini, Fb menempatkan iklan pada dua posisi strategis, yakni pada kolom kanan dan pada news feed pengguna. Satu tambahan format iklan Fb ads adalah iklan pada aplikasi mobile (Android dan iOS).

    1. Kolom Iklan Kanan

    iklan kolom kanan facebook

    Kolom iklan kanan hanya ditampilkan pada Facebook versi desktop apabila diakses melalui browser semacam Mozilla Firefox dan Google Chrome. Iklan ini merupakan jenis sticky sidebar artinya tetap akan berada pada tempat yang sama meskipun di-scroll ke bawah.

    2. News Feed

    iklan news feed facebook

    Iklan ini muncul pada tampilan mobile dan desktop. Jenis iklan pada Facebook ini muncul di sela-sela postingan atau artikel teman Facebook kita. Pada satu halaman yang sama bisa saja muncul banyak iklan Facebook jenis news feed.

    Contoh Iklan Facebook Ads

    Sekarang, kita akan mengulik beberapa jenis iklan Facebook yang kami temukan secara random di news feed. Kita pelajari bersama kenapa iklan di Facebook tersebut mengundang banyak like, menarik dan mengundang pembaca untuk mengekliknya.

    1. Iklan Facebook Alibaba

    contoh iklan facebook ads alibaba

    Apa yang membuatnya menarik? Iklan tersebut menggunakan perpaduan warna yang relavan namun tidak berlebihan, yakni mengambil warna dasar dari brand Alibaba Cloud (kuning) dan memadukannya dengan warna netral yakni putih.

    Selain itu pada iklan tersebut juga diselipkan gambar yang menarik secara visual dan menjelaskan mengenai Alibaba. Iklan tersebut juga memiliki proporsi yang mengundang dan panggilan untuk bertindak pada kalimat Free Trial.

    2. Iklan Facebook Digipreneurs

    contoh iklan facebook ads digipreneurs

    Apa yang membuatnya menarik? Target pengiklan adalah konsumen dalam negeri sehingga memang sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia. Gambar pada iklan memberi kesan mengundang karena terdapat sticker diskon 75 persen.

    Pada bagian copywriting, iklan tersebut menjelaskan apa yang ditawarkan dan keuntungan yang akan didapat dengan diskon 75%. Selain itu, kita juga dapat mencontoh jenis iklan Facebook ini yang menambahkan lebih dari satu gambar pendukung.

    3. Iklan Facebook Meet Lucky

    contoh iklan facebook ads meet lucky

    Apa yang membuatnya menarik? Jika Anda mengiklankan marketplace, maka tidak ada visualisasi yang lebih baik selain gambar produk yang real. Seperti yang Facebook Ads yang dicontohkan oleh Meet Lucky ini.

    Anda juga dapat menambahkan icon atau sticker pada bagian caption sehingga lebih berwarna dan tidak hanya berisi teks hitam saja. Ini akan sangat membantu mengingat trend penggunaan Facebook gratis masih cukup banyak pada saat ini.

    4. Iklan Facebook Standard Chartered

    contoh iklan facebook ads standard chartered

    Apa yang membuatnya menarik? Desain yang simpel, teks yang berukuran besar dan menjelaskan apa yang ditawarkan pada iklan tersebut membuat iklan dari Standard Chartered Indonesia ini layak kita contoh sebagai referensi.

    Kita bisa melihat perpaduan warna pada desain gambar yakni biru muda dan putih yang merupakan warna netral, artinya tidak terlalu mencolok sehingga nyaman dilihat mata. Selain itu, penambahan model juga dapat mempercantik iklan.

    5. Iklan Facebook Toonly

    contoh iklan facebook ads toonly

    Apa yang membuatnya menarik? Terakhir adalah ikaln Toonly yang sangat menarik dengan desainflat kekinian ditambah caption berisi penjelasan produk apa yang ditawarkan. Target iklan ini adalah pengguna Facebook secara global sehingga harus menggunakan bahasa Inggris.

    Pada bagian caption juga dijelaskan bahwa terdapat tawaran promo diskon 75% yang akan segera berakhir yang membuat pengguna Facebook pasti penasaran dan mengeklik iklan tersebut. Khusus pelanggan Toonly, penawaran ini tidak boleh dilewatkan sehingga akan mendorong CTR (Click Tough Rate).

    Kesimpulan

    Sekian penjelasan contoh facebook ads yang menarik bagi masyarakat, benar-benar bekerja, iklan properti di facebook, kalimat iklan di facebook, yang menghasilkan, rahasia sukses, agar laku, iklan fb ads untuk bisnis, cara membuat, tutorial, dsb.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "5 Contoh Iklan Facebook Ads yang Menarik Konsumen"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel