Iklan Kanan

4 Contoh Iklan Advetorial, Pengertian, Sifat dan Jenis

Daftar Isi [hide]

    Yukampus.com - Contoh iklan advetorial, pengertian dan jenis. Advetorial berasal dari dua bahasa Inggris, yakni advertisement yang berarti periklanan dan editorial yang artinya pernyataan atau pendapat yang digunakan dalam dunia redaksi.

    contoh iklan advetorial

    Iklan advetorial merupakan jenis iklan yang bertujuan untuk memberitahu sebuah informasi, menawarkan barang dan jasa dengan menggunakan gaya bahasa jurnalistik. Tujuannya adalah untuk membentuk opini publik yang positif.

    Advetorial telah berkembang menjadi revolusi iklan masa kini. Karena dewasa ini, iklan tidak hanya fokus memberitahu sebuah info kepada pembaca, melainkan juga bagaimana caranya orang tertarik untuk melakukan tindakan setelahnya.

    Sifat Iklan Advetorial

    Iklan advetorial memiliki beberapa sifat, totalnya ada 8 hal yang menandakan bahwa iklan tersebut dikategorikan sebagai advetorial. Beberapa sifat iklan advetorial diantaranya adalah sebagai berikut.
    • Argumentatif: memiliki sifat membuktikan sesuatu dengan argumen dan opini yang jelas.
    • Eksplanatif: memiliki sifat menjelaskan, menguraikan produk, barang dan jasa secara langsung.
    • Eksploratif: memiliki sifat menjelaskan lebih dalam secara detail sebuah produk barang dan jasa.
    • Influentif: memiliki sifat mendorong agar khalayak melakukan sebuah tindakan setelahnya.
    • Informatif: memiliki sifat memberitahu informasi, memperkenalkan produk, tujuan dan fungsi produk, serta kelebihan produk.
    • Interpretif: memiliki sifat menginterpretasikan produk dengan cara memberi komentar, tanggapan atau ulasan.
    • Memuji: memiliki sifat meninggikan keunggulan produk, pujian, serta apresiasi terhadap produk supaya khalayak menjadi tertarik.
    • Persuatif: memiliki sifat membujuk agar khalayak mau melakukan seperti apa yang diharapkan penulis.

    Jenis Iklan Advetorial

    Ada banyak jenis dan macam-macam iklan advetorial, mulai dari produk, jasa, korporat atau perusahaan dan pemerintahan. Berikut adalah penjelasannya masing-masing.
    • Iklan advetorial produk: penulisannya menyajikan produk yang ditawarkan agar masyarakat tertarik membeli.
    • Iklan advetorial jasa: penulisannya menyajikan jasa yang ditawarkan kepada masyarakat.
    • Iklan advetorial korporat: penulisannya membahas tentang kegiatan, kebijakan dari sebuah perusahaan, instansi, organisasi, atau lembaga yang bersangkutan.
    • Iklan advetorial pemerintahan: penulisannya membahas mengenai kegiatan di suatu daerah, kabupaten, kota, provinsi, pulau. Atau bisa juga mengulas keunggulan sebuah daerah, kenapa harus dikunjungi, tempat wisata yang menarik, potensi yang menjanjikan, dan sebagainya.

    Contoh Iklan Advetorial

    Ada banyak sekali macam contoh iklan advetorial, berikut adalah beberapa gambar, poster, desain iklan advetorial beserta kata-kata, caption, kalimat, paragraf, teks iklan advetorial yang singkat, lengkap dan menarik.

    1. Contoh Iklan Advetorial Kompas

    contoh iklan advetorial kompas

    PT Kompas Gramedia Utama menawarkan kerjasama berupa pemasangan iklan advetorial. Iklan ditulis oleh jurnalis Kompas yang telah berpengalaman serta dapat dijamin kualitasnya. Gambar tersebut menunjukkan di mana letak iklan advetorial di koran kompas.

    2. Contoh Iklan Advetorial Produk Kecantikan

    contoh iklan advetorial produk kecantikan

    Banyak produk kecantikan abal-abal, bukan justru membuat wajah semakin cantik, malah menjadikan wajah berantakan, menimbulkan jerawat dan macam-macam penyakit kulit lainnya. Maka dari itu, salah satu mempromosikan produk kecantikan adalah dengan menambahkan ulasan atau review pengguna.

    3. Contoh Iklan Advetorial Jasa

    iklan advetorial jasa

    Ada banyak jasa yang bisa kita tawarkan, namun untuk memenangkan persaingan pasar dengan penawar-penawar jasa serupa, kita harus membuat strategi. Iklan advetorial adalah jenis iklan yang cocok untuk menarik minat pelanggan.

    4. Contoh Iklan Advetorial Bahasa Jawa


    Tidak melulu menggunakan bahasa Indonesia, iklan advetorial juga dapat dimodifikasi dengan menggunakan bahasa inggris, bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa batak, bahasa madura, bahasa jepang, jerman, amerika, dan lain sebagainya.

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan tentang contoh iklan advetorial, iklan yang digunakan pada media massa, cetak, elektronik, koran, internet, dan sebagainya. Jenis dan contoh advetorial, pengertian, strategi pemasaran terbaik, kompas, produk kecantikan, artikel, harga, pengertian advetorial menurut para ahli, dan sebagainya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments

    0 Response to "4 Contoh Iklan Advetorial, Pengertian, Sifat dan Jenis"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel