Bacaan Doa Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah yang Benar

Yukampus.com – Niat puasa arafah dan tarwiyah. Sebelum hari raya idul adha atau hari raya kurban pada tanggal 10 dzulhijjah, umat muslim bisa mengerjakan puasa sunnah selama dua hari, yakni puasa tawriyah yang dikerjakan pada tanggal 8 dzulhijjah dan puasa arafah yang dikerjakan pada tanggal 9 dzulhijjah.

Puasa arafah dikerjakan pada waktu wukuf dalam ibadah haji di Arab Saudi. Keutamaan dari puasa arafah ini adalah dapat menghapus dosa yang telah dilakukan selama setahun sebelum dan sesudahnya. Kemudian juga dapat menjadi pengganti bagi umat muslim yang tidak berkesempatan mengerjakan ibadah haji.

Sedangkan puasa tarwiyah dikerjakan satu hari sebelumnya, yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah dan memiliki keutamaan yang sama istimewanya dengan puasa arafah. Kedua puasa ini merupakan ibadah puasa yang hanya dilakukan satu hari salam setahun.

Baca: Niat Sholat Idul Adha Imam dan Makmum

Meski keduanya merupakan ibadah puasa yang berkaitan, namun dalam pembacaan niatnya ada sedikit perbedaan. Membaca niat puasa tarwiyah atau arafah disesuaikan dengan nama puasa sunnahnya bisa seetlah sholat isya pada malamnya atau menjelang imsak sebelum sholat subuh.

Bagaimana jika mengerjakan puasa arafah tanpa tarwiyah atau sebaliknya? Karena keduanya berbeda maka boleh-boleh saja, yang penting niat dari dalam hati kita adalah untuk beribadah. Semua tergantung pada kondisi tubuh kita apakah kuat atau tidak.

Niat Puasa Sunnah Arafah

niat puasa arafah

Berikut adalah bacaan niat puasa arafah dalam bahasa Arab, latin beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Arafah lillâhi ta’aala.

Artinya:
“Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Niat Puasa Sunnah Tarwiyah

niat puasa tarwiyah

Berikut adalah bacaan niat puasa tarwiyah untuk laki-laki dan perempuan, anak-anak dan orang dewasa atau orang tua.

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

Nawaitu sauma tarwiyah sunnatan lillahi ta’aala

Artinya:
“Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.”

Kesimpulan

Itulah bacaan niat puasa arafah dan tarwiyah untuk laki-laki dan perempuan, orang tua, dewasa dan anak-anak. Doa niat puasa arafah dalam bahasa arab, latin beserta artinya atau terjemahan Indonesia. Puasa pada tanggal 8 dan 9 dzulhijjah saat ibadah haji.

Baca :


Tinggalkan komentar